Deretan Seni Pertunjukan Tradisional Indonesia, Ada Yang Sudah Mendunia

kesenian sunda

Pakaian keseharian adalah pakaian yang digunakan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kebudayaan paling mudah dikenali dari Suku Melayu dan masih bertahan hingga sekarang adalah bahasa yang digunakan. Bahasa melayu merupakan bahasa pengantar dalam kegiatan keagamaan dan perdagangan di nusantara sejak abad ke-7.

Dari hasil mencurahkan imajinasi dan emosinya ini manusia kaan menciptakan sebuah seni yang bisa berharga. Untuk individu fungsi seni lebih sebagai alat untuk pemenuhan kebutuhan mereka. Palang pintu diawali dengan pantun, serta musik marawis atau tanjidor. Yang membuat menarik tradisi ini adalah pertandingan pencak silat antara penerima tamu dan tamu. oleh pantun-pantun Betawi, dan diiringi oleh musik marawis, gambang kromong, atau tanjidor.

Tahun 1950 an seorang kareografer bernama Raden Tjetjep Somantri menciptakan gerakan Tari Merak. Beliau mengimplentasikan kehidupan burung Merak dalam gerakan tari ini. Utamanya tingkah merak jantan yang mengembangkan bulu ekornya ketika ingin memikat merak betina.

Yang menarik adalah atraksi pencak silat yang diperagakan dengan menggunakan senjata tajam. Bentuk dari boneka ini untuk Ondel-ondel pria mengenakan topeng merah dengan kumis dan cambang serta pakaian berwarna gelap. Ondel-ondel menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari Jakarta atau Betawi. Tari Zapin, merupakan makna adab sopan santuan, sikap hormat dan memuliakan orang lain. Tari Tandak, merupakan tari pergaulan yang sangat digemari di daerah Riau.

Nah, itu tadi ulasan mengenai fungsi seni dan macam-macamnya yang jarang diketahui. Melalui seni, seseorang dapat belajar tentang nilai-nilai dan ilmu pengetahuan \ yang lebih menyenangkan juga. Manusia adalah makhluk dalam mempunyai keinginan untuk membahagiakan diri sendiri dan menyanggupi kebutuhan diri sendiri. Selain itu manusia juga kerap mencurahkan emosi dan juga perasaannya melalui sebuah seni yang menggambarkan keadaanya, atau menggambarkan imajinasinya.

Dalam perkembangannya, bahasa melayu tumbuh dan termodifikasi sesuai dengan karakterisktik tempat asalnya. Yang terdapat pada gambar sebenarnya bukan tari sampiung, minim sekali wancana yang saya dapat untuk mendapatkan photo tari sampiung.

Sehingga orang Sunda diharapkan selalu menjaga mentalitas psikis dan juga kesehatan fisiknya. Untuk mempertegas kesan penampilan masyarakat dari kalangan menengah ke atas, afin de pria juga dianjurkan buat memakai aksesoris berupa arloji dengan rantai keemasan dalam nantinya digantungkan di saku.

Tari ini menggambarkan cara-cara berhias diri seorang gadis yang baru menginjak zaman akhil baliq, agar jauh cantik dan menarik. Tari Golek ini berasal untuk daerah Yogyakarta Jawa Barat yang pertama dipentaskan dalam Surakarta pada upacara perkawinan KGPH. Tari Topeng Dinaan ini menyebar di Kabupaten Cirebon, Indramayu dan Majalengka, Jawa Barat. Dipertunjukkan sesudah pementasan Wayang Kulit di upacara Babarit.

Seiring dengan zaman tari ini terus dikembangkan sehingga mengandung beberapa karakter yang berbeda. Akhir-akhir ini warna yang sering digunakan adalah putih dan merah. Tarian ini diambil dari cerita rakyat tentang Sunan Gunung Jati yang saat itu sedang menguasai kota Cirebon, hingga suatu saat diserang oleh Pangeran Welang. Pada saat itu Sunan Gunung Jati tidak bisa menandingi kekuatan Pangeran Welang dan terancam kalah.

About Willion

Check Also

17 Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat, Gambar Dan Penjelasannya

Dengan demikian jenis baju yang digunakan tentu punya berbagai nilai estetika. Sembrono muasalnya, tari ini …