Dayak Kuping Jenjang

suku budaya

Terlihat dilokasi Desa Kuala Selat maka lingkungan graha tidak terjamin kesehatanya. Sedang ditemukan warga KAT buat berobat ke dukun, olehkarena itu ketidakmampuan secara ekonomi.

Kesehatan merupakan kuasa untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk atau warganya sehingga muncul menjadi optimal. Dalam penetapan didesa Kuala selat ditemui Pustu, Bidan masing – masing hanya 1 orang.

Dukun sunat sudah dikenal dalam masyarakat desa Talang Sumur, mereka menyebutnya orang tukang untuk penyunatan anak laki – laki dan bidan untuk penyunatan terhadap perempuan. Agama, religi atau pandangan suatu hal yang merayu Universal yang selalu terdapat dalam setiap masyarakat dimanapun. Berbagai bentuk agama, agama atau kebudayaan dapat kalian jumpai pada seluruh masyarakat yang kadang memiliki pertarungan dan cara-cara tersendiri dalam bentuk pelaksanaan ritualnya.

Saat ini untuk pengelompakan suku pula biar juga sudah susah diinginkan kerena semua sudah berbaur menjadi satu. Selain tiga balai keramat tersebut, pula ada tempat ibadah Umat Dayak yaitu Balai Basarah. Ada juga Rumah Retang, Rumah Adat Dayak, Wisma Banjar, serta rumah kebiasaan lainya dari suku makbul di Indonesia dan tempat pementasan seni. Taman Miniatur Budaya sendiri juga punya kegiatan khusus setiap tahunnya yaitu upacara ritual eliminasi kampung yang rutin dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. Dalam upacara ritual penghapusan kampung juga lengkap beserta sesajen yang sesuai dengan permintaan leluhur, seperti sapi, babi, ayam, dll.

Teknologi dan kecakapan pengetahuan merupakan alat atau media yang digunakan di pranata pendidikan pada turunan anak-anaknya. Untuk Suku Samudra yang ada di Tanah air Kuala Selat tidak ada spesialisasi apapun kecuali hanya kepang menganyam, pembuatan jaring dan lain-lainnya.

Karena tidak memahami makna sekolah, ibu-ibu dan bapak-bapak pada umumnya ada yang masih buta aksara. Tumpuan Sekolah Dasar di Tanah air tersebut sudah memenuhi tujuan warganya.

Relevansi dengan pedagang-pedagang asing pada jaman dulunya membuat Nusantara kaya akan keberagaman dalam setiap daerahnya. Hal ini dikarenakanbatas wilayah laut Indonesiamenjadi pedagang-pedagang asing tentunya punya corak budaya yang tidak sama dan kemudian terjadi proses akulturasi antara kebudayaan Indonesia dengan budaya asing.

Banyaknya budaya yang dimiliki Negara tercinta kita ini, datang diakui dunia yang berdokumentasikan di UNESCO. Bahkan, tidak sedikit warga negara asing tertarik dengan kebudayaan Indonesia, sampai rela mengeluarkan dana mahal untuk tinggal dan belajar budaya yang tersebut dikagumi. Selain itu suku bangsa yang satu itu sangat identik dengan keyakinan Islam di dalamnya. Penuh dari percakapan yang dijalani oleh orang awam nun mana mereka sering kesempatan menyamakan antara suku Minang dengan orang Padang. Alamnya yang subur dan banyak sekali mempermudah suku ini pada menghasilkan kebutuhan sehari-hari.

“Kita memiliki potensi yang gede, karena kita tahu semesta ini memiliki 714 suku dengan adat dan tradisi yang berbeda-beda. Pendidikan adalah aspek yang sangat penting dan pemerintah telah memestikan pada usia sekolah buat sekolah, sehingga pendidikan untuk berbagai lapisan masyarakat. Namun di Desa Kuala Antara masih terdapat anak usia sekolah tidak sekolah, sebab membantu orang tuanya menelaah ikan dan yang sudah biasa sekolah pun tidak ditamatkan.

About Willion

Check Also

Edo Kondologit Nilai Acara ‘Merajut Nusantara’ Sukses Persatukan Ragam Suku

Ikatan pada perkawinan di suku kebiasaan Biak akan ditandai secara membayar simbol-simbol mas kawin keluarga …