Daripada Parno Tanda ‘Anjay’ Bakal Merusak Moral Bangsa, Mari Kita Serius Belajar Bahasa

suku budaya

RADARSEMARANG. ID, WILAYAH Negara Indonesia terdiri atas kumpulan ribuan pulau mulai dari Sabang sampai Merauke. Karena itulah, Indonesia memiliki kekayaan akal budi, adat istiadat, suku golongan dan lainnya. Dengan variasi itulah, bangsa Indonesia jadi salah satu bangsa yang dikagumi banyak wisatawan, cantik dari dalam maupun luar negeri. Para wisatawan dengan datang ingin melihat serta juga mengenal keberagaman dengan ada di dalam bangsa Indonesia.

Misal untuk kekayaan puak bangsa, Indonesia memiliki ratusan nama suku bahkan ribuan jika dirinci hingga subsukunya. Kemajuan teknologi dan kemudahan di bidang transportasi mendorong peningkatan mobilitas penduduk. Pengaruh dari mobilitas penduduk diantaranya adalah mempercepat perubahan rekaan suku di suatu area. Perubahan komposisi suku tersebut kerap menjadi potensial kontroversi sosial, ekonomi, maupun politik.

Di West Papua memiliki 276 suku dan 300-an lebih bahasa sudahkah kalian melestarikan budaya kita di setiap tujuh wilayah adat yang ada di Papua? Untuk menjawab pertanyaan ini tergantung dari setiap member masing-masing.

Marbel Budaya Nusantara – membantu anak-anak belajar mengenal pikiran Indonesia mencakup pakaian etiket, rumah adat, senjata kawasan, alat musik daerah, tarian daerah serta makanan kawasan. Indonesia merupakan negara dengan mempunyai beragam suku, budaya serta adat istiadat. Kebudayaan daerah tercermin dalam bermacam-macam aspek kehidupan masyarakat dalam seluruh daerah di Indonesia.

Menurut saya untuk menjawab pertanyaan tersebut belum direalisasikan secara nyata, karena pendidikan adat dari orang-orang tua terhadap anak-anaknya bukan efektif. Sehingga pengaruh zaman digitalisasi semakin dominan kesudahannya kita lupa akan pikiran kita masing-masing. Opini aku ini lebih membahas Di bagaimana pentingnya budaya di setiap kehidupan kita & beberapa mahasiswa papua nun mengenakan busana tradisional sekalian apa tanggapan publik. One of our culture is how to implementation iteslf with our life style. Indonesia adalah negeri yang kaya “gemah ripah loh jinawi”. Kekayaan itu tak sebatas pada hasil alam saja, tetapi juga di ragam suku, bahasa, keyakinan, kepercayaan, dan adat istiadat.

Bahkan, tidak sekutil para turis manca Semesta belajar, seperti belajar menari tarian daerah, menyanyi lagu–lagu daerah, memainkan alat musik daerah dan lain-lain. Nusantara dikenal sebagai negara dengan memiliki bermacam rupa suku kerabat, mulai suku dayak hingga suku anak dalam.

Terlebih sejak tahun 1998, Indonesia mulai melaksanakan prosedur demokrasi dan desentralisasi. Perhitungan nasionalisme yaitu persamaan dari semua budaya dan kelompok etnis dalam kewarganegaraan unik bangsa. Maka nilai nasionalisme ini sangat penting guna diajarkan ke anak bersekolah dasar agar mereka baku menghormati dan mencintai satu sama lain dengan temannya.

About Willion

Check Also

Edo Kondologit Nilai Acara ‘Merajut Nusantara’ Sukses Persatukan Ragam Suku

Ikatan pada perkawinan di suku kebiasaan Biak akan ditandai secara membayar simbol-simbol mas kawin keluarga …