Covid

Wayang

Demikian juga saat masuknya Islam, ketika pertunjukan yang menampilkan “Tuhan” / “Dewa” dalam wujud wong dilarang, munculah boneka wayang yang terbuat dari kulit sapi, di mana saat pertunjukan yang ditonton hanyalah bayangannya saja. Untuk menyebarkan Agama islam, berkembang juga wayang Sadat yang memperkenalkan nilai-nilai Agama islam. Meski ditampilkan secara virtual, kali ini ada tragedi dan juga tantangan menyusun pertunjukan wayang.

Dari cuilan kisah wayang pula, Agus berbuat deformasi wayang purwa secara wayang beber yang dipadukan menjadi wayang baru pada lukisan Wayang Jewer. “Saya sengaja menampilkan figur wayang yang ‘dijewer-jewer’ sehingga pelajaran yang muncul menjadi beda, ” ujar Agus yang ditemui saat pembukaan pertunjukan pada Sabtu (14/7). Siti Fauziah berpendapat, pentas seni Wayang Kulit tersebut dirancang bukan hanya sekedar tontonan.

Namun juga merupakan tontonan dan hiburan yang sesak tuntunan yang diharapkan bisa diterapkan oleh masyarakat secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. “Wayang memiliki karakteristik dan mencerminkan sejarah dan pikiran Indonesia yang sangat kental dan beraneka ragam. Wayang merupakan representasi yang kompatibel untuk mengenalkan Indonesia menurut orang asing”, ujar dia.

Sebuah ritus pertunjukan wayang diadakan untuk merayakan kedatangannya di daratan itu. Ia datang membawa aksara Jawa, yang di legenda disebut terbagi oleh sebab itu empat dan dilempar ke empat penjuru angin. Istilah untuk boneka, wayang, berawal dari kata Bahasa Nusantara untuk bayang-bayang. Seni wayang kulit menggunakan figur nun terbuat dari kulit kerbau, dianggap sebagai bentuk anak-anakan yang paling tua; referensi paling awal untuk ini berasal dari tahun 800-an. Dalam setiap pementasannya, Ciling selalu mengajak anak-anak yang menonton untuk berinteraksi langsung dengan tokoh-tokoh wayang dengan sedang dimainkan.

Pertunjukan wayang virtual berbahasa Inggris itu lalu mendapatkanpenghargaanMURI. Menurut Afendy dengan menyenangi wayang & sering mendapatkan piwulang berona ajaran-ajaran moral maka kepribadian orang diharapkan semakin terlatih menjadi baik.

Wayang kulit biasa identik beserta wayang yang terbuat daripada kulit. Tetapi pria tersebut menirukan gaya wayang risa yang digerakkan oleh tokoh. Bahkan jika menyebut wayang suket, sekarang sudah terkepung dengan pertunjukan wayangnya Slamet Gundono lulusan STSI Pedalangan yang kini menetap pada Solo. Wayang Suket slamet Gundono, awalnya bermediakan wayang yang terbuat dari suket, tetapi Slamet Gundono kian mengandalkan unsur teatrikal dan kekuatan berceritera. Dalam pertunjukan wayang suketnya, Slamet Gundono menggunakan beberapa alat musik yang teridiri dari gamelan, alat petik, tiup & beberapa alat musik kebiasaan lainnya.

KABUPATEN, JP Radar Kediri- Wayang langka nan legendaris, Mbah Gandrung, kembali pentas. Pagelaran wayang asli Desa Pagung, Kecamatan Semen itu memainkan lakon Dewi Sekartaji ketika tampil di rumah salah satu warga desa kemarin awal. Pentas yang tergolong luar biasa itu terkait dengan prosesi ruwatan salah seorang bani yang baru sembuh dibanding sakit. Pertunjukan wayang kulit yang menampilkan dalang Nyai Soenarjo itu berlangsung terlintas Minggu dini hari, beserta lakon “Wahyu Katentreman”.

Hal itulah yang membuat anak-anak tertarik dan antusias mengikuti sebab merasa menjadi bagian dalam lakon tersebut. Sesekali dia menenggak teh hangat yang tersimpan di bekas botol air mineral untuk meredakan dinginnya malam. Pandawa tersedia, Punakawan ada, pokoknya penuh, ” ucapnya dengan Kaidah Jawa seraya mengangkat tokoh wayang Bima. Meski sebagai warisan masa lalu, lukisan serba wayang dalam pameran bertajuk Buka Tutup tersebut dinilai masih relevan guna dinikmati dalam rasa dengan baru. Kedua perupa itu memang mengambil inspirasi dibanding catatan sejarah kebudayaan nun ditampilkan dalam format kekinian, cara baru, dan prasarana baru.

About Willion

Check Also

Mengenal Kesenian Wayang Golek Halaman 1

Dalang dahulu dinilai sebagai profesi yang terkemuka, karena orang yang jadi dalang biasanya adalah orang2 …