Candi Borobudur

Candi

Ruangan Sesajen Welly Handoko/Travelingyuk Pada bangunan Candi Waji ada 3 ekses candi di atasnya nun masing-masing mempunyai bilik / ruangan yang berisi tambur untuk peribadatan Umat Hindu. Semua bilik itu memasukan dengan pintu kayu beserta ornamen kain kuning dalam atas atap candi dengan menambah estetika bangunan. Olehkarena itu tidak ada petunjuk arah yang jelas mengenai zona Candi Waji, Teman Traveler bisa bertanya ke kelompok sekitar atau cukup menggagas aplikasi petunjuk arah saja di telepon genggam. Wisata ini memang dibangun dalam lokasi yang konon dipercaya dulunya menjadi sentra tempat berdoa lintas agama tatkala masa Kerajaan Majapahit.

Rakai Panangkaran pula yang membangun Candi Kalasan, persembahan untuk Putri Tara. Namun saat seluruh bangunan suci itu penuh, Rakai Panangkaran sudah wafat. Memasuki area kompleks percandian ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Disini tersedia resto, tempat kebiasaan, tempat istirahat, lapangan, taman, kios souvenir, dan lain-lain.

Misalnya tonggak dari bambu atau kayu, dan penutup atap dibanding ijuk. Bangunan itu tak permanen, mungkin hanya maujud rumah panggung yang ditutup dinding kayu atau terkuak, ” jelas Agus. Luar biasa mungkin di kompleks ini terdapat bangunan-bangunan yang berasal dari bahan yang tak tahan lama. Sebab Batu bertulis Kawali I menyebut Adipati Wastu Kancana pernah mengucilkan di sana.

Padahal, di Kawali tidak ditemukan gua untuk bertapa seperti dalam Gunung Penanggungan. Kalau dibandingkan, bentuk bangunan era Sunda Kuno justru mirip gedung era akhir Majapahit. Khususnya jika membandingkan beberapa konstruksi suci dari masa dengan relatif sama.

Di sana, bukan dijumpai batu-batu yang menampilkan bekas bagian tubuh / atap candi. Menurut Agus, candi di daerah Pananjung, Pangandaran itu mungkin dulunya batur terbuka.

Diujung jalannya akan terlihat lokasi yang bersebelahan dengan Candi Prambanan. Untuk menunjukkan lokasi candi Bubrah dibanding Jogja mengambil arah ke Solo dan sebelum pinggiran Jogja-Klaten, lebih tepatnya dalam lampu lalu lintas terakhir ambil arah kiri. Buat mengelilingi kompleks Candi Borobudur dibutuhkan waktu yang tak sedikit, karena candi ini memang terletak di padang yang sangat luas dan penuh dengan detail dengan menarik.

About Willion

Check Also

Menanggap Penyebaran Corona, Candi Prambanan, Borobudur, Dan Ratu Boko Ditutup

Diperkirakan gedung candi itu rusak atau hilang, akibat perbuatan wong atau faktor alam. Dipastikan bangunan …