Budaya Aceh

kesenian daerah

Raja Sunan Gunung Jati akhirnya menyuruh kawan kerajaan dari suku Bugis untuk menyamar sebagai seorang penari untuk mengawasi Kerajaan Padjajaran. Cara penyamaran terkait di gambarkan dan dilestarikan melalui tari tradisional ronggeng Bugis yang diiringi dengan gendang, kelenang, krecek serta gong kecil. Musik pada Indonesia sangat beragam dikarenakan oleh suku-suku di Philippines yang bermacam-macam, sehingga boleh dikatakan seluruh 17. 508 pulaunya memiliki budaya serta seninya sendiri. Indonesia mempunyai ribuan jenis musik, kadang-kadang diikuti dengan tarian serta pentas. Musik tradisional yg paling banyak digemari ialah gamelan, angklung dan keroncong, sementara musik modern ialah pop dan dangdut.

Dibanding dengan masyarakat Jawa pada umumnya, Suku Jawa di Surabaya memiliki ciri khas diantaranya memiliki temperamen yang sedikit lebih keras dan egaliter, hal ini dapat dilihat dari logat Bahasa yg terbuka dan kadang terkesan kasar. Salah satu penyebabnya adalah jauhnya Surabaya dri keraton yang dipandang menjadi pusat budaya Jawa. Oleh demikian Surabaya merupakan kota multi etnis yang kaya akan budaya. Penduduk pendatang hidup bersama serta membaur dengan penduduk asli membentuk pluralisme budaya yang lalu menjadi ciri khas kota Surabaya. Inilah yang membedakan kota Surabaya dengan kota-kota di Indonesia.

Mayoritas penduduk Jawa Timur ialah suku Jawa, namun demikian, etnisitas di Jawa Timur lebih heterogen. Suku Madura mendiami di Pulau Madura, dan daerah Tapal Kuda, terutama di daerah pesisir utara, dan selatan. Pada sejumlah kawasan Tapal Kuda, suku Madura bahkan adalah mayoritas.

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi provinsi dan jua seluruh bangsa, tetapi kode Jawa dan bahasa Madura adalah bahasa yang amet sering digunakan. Bahasa Dalam negri hanya digunakan untuk kontak antar-etnis dan keperluan sah. Konflik terbesar adalah pertentangan antara masyarakat bagian utara Tapanuli dengan selatan Tapanuli, mengenai identitas Batak lalu Mandailing. Bagian utara menuntut identitas Batak untuk sebagain besar penduduk Tapanuli, malah juga wilayah-wilayah di luarnya.

Hampir di seluruh kota di Jawa Timur terdapat minoritas suku Madura, umumnya mereka bekerja pada sektor informal. Provinsi terkait didiami oleh kelompok etnis yang beragam, seperti suku Jawa, suku Madura, serta orang Tionghoa-Indonesia. Sebagian tidak kecil masyarakat di Jawa Timur menganut agama Islam, sekitar 96% dari total populasi.

Tari tradisional Bugis ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan Sunan Gunung Jati yang berkedudukan sebagai Raja Cirebon. Ketika itu, terjadi ketegangan antara Kerajaan Cirebon dengan Kerajaan Padjajaran yang merupakan Kerajaan Islam.

Ludruk merupakan salah satu kesenian Jawa Timuran cukup terkenal, yakni seni panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki-laki. Bertentangan dengan ketoprak yang menceritakan kehidupan istana, ludruk menceritakan kehidupan sehari-hari rakyat jelata, yang sering kali dibumbui dengan humor, dan kritik sosial, dan umumnya dibuka dengan Tari Remo, serta parikan. Saat ini kelompok ludruk tradisional dapat dijumpai di daerah Surabaya, Mojokerto, dan Jombang; meski keberadaannya semakin dikalahkan dengan modernisasi. Seni MusikSejumlah alat tonkunst juga menjadi bagian di dalam pelaksanaan upacara ritual serta upacara adat dalam kebudayaan orang-orang Batak Toba. Dua jenis ansambel musik, gondang sabangunan dan gondang hasapi merupakan alat musik tradisional yang paling sering dimainkan.

Tarian ini ditarikan oleh orang laki-laki namun memakai aksesoris, kostum serta dandanan layaknya wanita. Pra penari ini juga jadi menari dan menunjukkan gaya bahasa tubuh seperti perangai seorang wanita.

Bahkan ciri khas ini sangat kental mewarnai kehidupan pergaulan sehari-hari. Sikap pergaulan yang sungguh-sungguh egaliter, terbuka, berterus terang, kritik dan mengkritik adalah sikap hidup yang meraih ditemui sehari-hari. Bahkan kesenian tradisonal dan makanan khasnya mencerminkan pluralisme budaya Surabaya dan sekitarnya. Tari tradisional ini berasal dari kota Cirebon dimana tarian terkait bersifat komedi dan bertujuan untuk menghibur para penikmat seni.

Sedangkan bagian selatan menarik identitas Batak, dengan bertumpu pada unsur-unsur budaya lalu sumber-sumber dari Barat. Penolakan masyarakat Mandailing yang gak ingin disebut sebagai periode dari etnis Batak, sempat mencuat ke permukaan pada Kasus Syarikat Tapanuli ( ), Kasus Pekuburan Sungai Mati, dan Kasus Pembentukan Propinsi Tapanuli ( ). Berbagai kawasan di Dalam negri memiliki suku asli ataupun suku pribumi yang menghuni tanah leluhurnya sejak dulu kala. Akan tetapi hal ini karena arus perpindahan penduduk dalam didorong budaya merantau, / program transmigrasi yang digalakkan pemerintah, banyak tempat pada Indonesia dihuni oleh suku bangsa pendatang yang perlu di luar kawasan tradisional sukunya.

About Willion

Check Also

12 Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah Yang Sangat Populer

Tari Barong Blora adalah salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Blora. …