Berita Ter-Gres Tari Tradisional

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian ini di dalam awalnya memang merupakan persiapan fisik sebelum mengayau yakni berburu kepala musuh yang dilakukan zaman dulu. Tandak sepen adalah tarian dengan didalamnya memiliki unsur pencak silat dan kental beserta kebudayaan Melayu baik dibanding kostum, pengiring dan juga gerakan didalamnya. Tari sepen ini umumnya akan ditampilkan pada acara penyambutan tamu besar yang sedang berkunjung.

Tari Jaipong merupakan tarian khas daerah Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Karawang. Jaipong merupakan tarian nun gerakannya menggabungkan unsur silat, dan ketika saat ditarikan biasanya diiringi oleh musik Jaipongan terdiri dari kemung, kecapi, gendang dan rebab. Setiap tarian daerah mempunyai khas masing-masing, bukan hanya untuk hiburan saja akan tetapi terdapat pesan moral nun disampaikanya. Sebagai generasi penerus, melestarikan tarian daerah merupakan suatu kewajiban agar tarian daerah tidak tergerus jaman. Kinyah uut danum ialah tarian yang mempertunjukkan keberanian serta teknik bela diri yang dilakukan pada tatkala berperang.

Dari mulai rumah adat, pakaian kebiasaan dan juga beberapa tarian daerah seperti dibawah itu. Tarian ini juga telah mengalami banyak perkembangan sehingga dibagi menjadi 2 macam yakni polopalo tradisional dan juga tari polopalo segar yang keduanya berbeda dibanding segi jumlah penari.

Ini merupakan sebuah kesenian perpaduan unsur tari, musik serta menyanyi yang bercerita tentang kehidupan kerajaan. Tarian akan dilakukan oleh 14 orang penari yang punya peran masing. Kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Selatan merupakan perpaduan dari beberapa kebudayaan yang telah sejak lama terbentuk jadi juga menghasilkan beberapa peninggalan sejarah kebendaan.

Hal yang mengejutkan terjadi terkait reaksi dibanding masyarakat Madura yang agamais. Mereka menolak adanya topeng Madura tersebut dengan tanda karena didalamnya terdapat Instrumen musik tradisional Gamelan. Tandak Kecak termasuk kedalam jenis tarian adat Bali nun sudah sangat terkenal dan sudah menjadi salah satu sandiwara yang sangat khas, dengan diburu oleh para Wisatawan. Tarian ini dibuat sama seseorang yang bernama Wayan Limbak dan Walter Spies, tarian ini menceritakan sebuah Legenda Ramayana dan mayoritas penarinya adalah seorang laki – laki.

Ya memang tarian ini biasanya dipertunjukkan untuk menyambut tamu kehormatan seperti para pejabat setempat atau para pejabat semesta yang berkunjung ke Jambi. Dalam pada itu, kesanggupan tari-tarian dalam Topeng Banjet cukup digemari, khususnya dalam Karawang, di mana kurang lebih pola gerak Bajidoran diambil dari tarian dalam Topeng Banjet ini. Beberapa gerak-gerak dasar tari Jaipongan kecuali dari Ketuk Tilu, Ibing Bajidor serta Topeng Banjet adalah Tayuban dan Pencak Silat.

Seringkali diundang oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk terlihat di negara tetangga, memproduksi tari tradisional Indonesia mendunia. Hal ini diakui sambil Vika yang pernah diminta kesempatan menari di Spanyol dan New Zealand. Apalagi, mereka baru tahu kalo Aceh dan Bali terletak di Indonesia.

Tari Hapong dari Daerah Nusa Tenggara TimurProvinsi dengan bersebelahan dengan NTB ini tak mau kalah. Provinsi NTT memiliki banyak tarian klasik nan menarik ialah Tari Gareng Lameng. Tarian tersebut merupakan tarian nun biasa dipertunjukkan saat kalender khitanan. Selain sebagai rekreasi tarian itu juga merupakan doa ucapan syukur untuk orang yang dikhitan. Daerah Jambi memiliki tarian penyambutan yang terkenal yaitu Tari Sekapur Sirih.

Tari Topeng, merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu mulia. Pemecahan rekor yang dilakukan di dimaksudkan agar pengunjung mall sejak awal mengenal budaya nusantara. juga menjemput kepada masyarakat untuk tidak perlu malu atau syak untuk menonton tarian wilayah.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …