Berita Paling Baru Tari Tradisional

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian ini dimainkan oleh kurang lebih pasangan dengan gerakan tangan yang lebih mencolok, dimamis dan kencang. Tari Remo sebenarnya digunakan untuk menyambut tamu agung atau tamu yang berasal dari kota jauh. Tari nun sempat memukau para turis di acara festival Komodo 2017 ini merupakan tarian yang berasal dari bangsa Manggarai. Tarian unik nun menegangkan wajib dilestarikan oleh masyarakat karena akan menjadi aset berharga untuk Nusantara.

Tarian ini, biasanya ditarikan sama 8 orang wanita serta 1 penyanyi. Syair-syairnya dengan dilantunkan berupa ayat-ayat Islam atau dakwahan. Gerakan di tarian ini, hampir sama dengan tari saman, bedanya mereka menarikan secara hidup.

Dari start rumah adat, pakaian adat dan juga beberapa tarian daerah seperti dibawah tersebut. Tarian ini juga sudah mengalami banyak perkembangan oleh karena itu dibagi menjadi 2 macam yakni polopalo tradisional serta juga tari polopalo segar yang keduanya berbeda dari segi jumlah penari.

Tari Merak merupakan tari tradisional Indonesia yang sedang populer di daratan Jawa. Tarian ini dimainkan berduaan oleh dua orang cewek yang menggunakan kostum diantaranya bulu-bulu khas burung merak dan gerakan yang bervariasi. Tari berpasangan yang berawal dari Jawa Timur itu bernama tari Remo.

Hal yang mengejutkan terjadi terkait reaksi dibanding masyarakat Madura yang agamais. Mereka menolak adanya topeng Madura tersebut dengan kausa karena didalamnya terdapat Alat musik tradisional Gamelan. Tandak Kecak termasuk kedalam macam tarian adat Bali nun sudah sangat terkenal & sudah menjadi satu diantara pertunjukan yang sangat khas, yang diburu oleh para Wisatawan. Tarian ini dibuat sama seseorang yang bernama Wayan Limbak dan Walter Spies, tarian ini menceritakan satu buah Legenda Ramayana dan mayoritas penarinya adalah seorang laki – laki.

Ya memang tarian ini biasanya dipertunjukkan untuk menyambut tamu tata susila seperti para pejabat tempatan atau para pejabat negara yang berkunjung ke Jambi. Dalam pada itu, kesanggupan tari-tarian dalam Topeng Banjet cukup digemari, khususnya pada Karawang, di mana kurang lebih pola gerak Bajidoran diambil dari tarian dalam Topeng Banjet ini. Beberapa gerak-gerak dasar tari Jaipongan selain dari Ketuk Tilu, Ibing Bajidor serta Topeng Banjet adalah Tayuban dan Pencak Silat.

, adalah sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung. Tart Topeng, merupakan satu buah tari tradisional Betawi di menyambut tamu agung. Tari Bedhaya merupakan tarian tertentu Yogyakarta dengan biasanya ditampilkan oleh penari perempuan. Tarian ini menampilkan gerakan pelan dengan bertempo lambat, dengan diiringi musik gamelan lengkap.

Tari Hapong dari Daerah Nusa Tenggara TimurProvinsi dengan bersebelahan dengan NTB tersebut tak mau kalah. Provinsi NTT memiliki banyak tarian klasik nan menarik ialah Tari Gareng Lameng. Tarian tersebut merupakan tarian dengan biasa dipertunjukkan saat kalender khitanan. Selain sebagai hiburan tarian itu juga ialah doa ucapan syukur guna orang yang dikhitan. Provinsi Jambi memiliki tarian penyambutan yang terkenal yaitu Tari Sekapur Sirih.

Jumlah dibanding penari yang mempentaskan Tari Kecak dapat berjumlah puluhan hingga lebih. Kata Kupi memiliki arti yaitu salah satu jenis tanah sendat yang dipakai oleh getah perca wanita di Zaman dulu untuk wadah mengambil larutan. Tarian ini diciptakan & dikembangkan oleh Emalia Djatikusumah, biasanya tarian ini dipentaskan disaat melaksanakan upacara Seren Tahun. Tarian ini umumnya terdiri dari sekitar 7 orang penari wanita.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …