Berita Kesenian Tradisional Hari Ini

kesenian tradisional

Dengan begitu, Tari Caping Ngancak sudah pasti ditarikan secara bersama-sama oleh sejumlah penari, menggunakan topi Caping sebagai ciri khas dari penampilan seorang petani. Filosofi tersebut, didapat dari istilah Glipang sendiri yang berasal dari bahasa arab, “Gholiban” dan memiliki arti kebiasaan.

IKON BARU. Kesenian tradisional Tak Buta’an didorogng untuk menjadi ikon Kabupaten Jember oleh dinas pariwisata dan kebudayaan. Para penari tidak henti menunjukkan ekspresi senyum sebagai simbol keakraban dalam sebuah hubungan sosial. Selanjutnya, pada Juli 2019 Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan gelaran internasional, yakni Thengul International Folklore Festival. Dalam helatan itu, diundang pula delegasi kesenian asing dari empat negara, yakni Polandia, Bulgaria, Mexico, dan Thailand.

Istilah tersebut lebih menunjukan sikap ketidaksukaan seorang Sari Truno kepada kebiasaan Belanda yang suka semena-mena dan memandang rendah pribumi. Kesenian Tari Angguk ini dilestarikan di sebuah desa bernama Desa Kolam, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang. Hal itu terlihat dengan ditemukannya nilai seni atas bangunan-bangunan kuno nusantara peninggalan zaman Hindu-Budha. Dan juga seni klasik juga bisa dilihat di bangunan-bangunan kuno di Romawi dan Yunani.

Pertunjukan Lenong dimainkan di atas panggung yang berlatarkan tema cerita yang akan ditampilkan. Pemain Lenong yang laki-laki disebut Panjak, sedangkan yang perempuan disebut Ronggeng. Jumlah pemain dalam pertunjukan Lenong tidak terbatas, tergantung peran yang dibutuhkan. Situs pojokseni. com adalah website dengan platform blog untuk media publikasi, promosi, dan info menarik seputar dunia kesenian.

Gerakan lemah lembut menjadi ciri khas Tari Serimpi yang ditampilkan dengan iringan suara gamelan Jawa. Kesenian tradisional khas Jawa Tengah sangat bervariasi, salah satunya Tari Serimpi. Tari klasik ini berasal dari Surakarta yang dibawa dari Kesultanan Mataram. Kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang pertama adalah Ketoprak yang merupakan pentas sandiwara dari Kota Surakarta. Untuk “Ngancak” sendiri merupakan suatu istilah untuk kata bersama-sama.

Dari segi hubungan antara pemain dan penonton, mamanda mirip dengan lenong. Kuda lumping menjadi tarian yang digunakan untuk mengingat masa kerajaan terdahulu. Kesenian Indonesia merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dalam jiwa manusia. Dahulu, Kuda Lumping digunakan sebagai ritual magis untuk upacara tertentu. Tapi kini, kesenian Kuda Lumping bisa ditampilkan sebagai pertunjukan hiburan semata.

Untuk melestarikan kesenian Indonesia tersebut, sudah seharusnya kita sebagai penerus bangsa Indonesia menggalakkan kembali kegiatan yang berkaitan dengan seni. Di tengah pertunjukan, akan ada babak yang tidak berkaitan dengan cerita utama. Sedangkan cerita yang disuguhkan adalah cerita yang diambil dari legenda, hikayat, fantasi tentang kehidupan di masyarakat sekarang. Seni teater atau pementasan tradisional ini berasal dari Kalimantan Selatan.

Tahun 2019 lalu misalnya, sebanyak 250 penari yang terdiri dari pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa di Bojonegoro mementaskan Tari Thengul bersamaan dengan momentum Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara. Kesenian ini memiliki tokoh utama, yaitu Ki Lengser yang memakai baju kampret berwarna hitam serta berdangdan dengan janggut, rambut, dan kumis putih. Blantek dimainkan oleh sejumlah penari laki-laki dan perempuan dengan dialog-dialog yang lucu.

Atraksi-atraksi pemainnya banyak diisi dengan pertunjukkan silat dan lawak. Seorang penari perempuan memakai pakaian sehari-hari dimasukkan ke dalam kurungan sebesar kurungan ayam. Dongeng ini menceritakan tentang kecerdikan seekor kancil yang berhasil lepas dari ancaman buaya yang ingin memangsanya. Namun karena kecerdikan kancil ini, akhirnya buaya hanya di jadikan sebagai sarana untuk si kancil menyeberang sungai. Ciri khas dongeng ini adalah terdapat dua tokoh binatang yaitu kancil yang cerdik dan buaya yang serakah di pinggir sungai.

Jatilan yang diperankan oleh kelompok penari gemblak yang menunggangi kuda kudaan. Itu menjadi perbandingan kontras dengan kekuatan warog yang ada dibalik topeng badut merah yang menjadi symbol untuk ki ageng kutub. Diakhir pertunjukan lukah gilo akan dijinakkan oleh seorang pawang dan biasanya semua peserta yang berusaha menjinakkan lukah gilo akan kerasukan. Atraksi bamboo gila akan berakhir dengan jatuhnya para pemain di arena pertunjukan. Kekuatan mistis bamboo gila tidak akan hilang begitu saja sebelum diberi makan api melalui kertas yang dibakar.

About Willion

Check Also

√ Pengertian Seni Tradisional, Ciri, Jenis, Cabang Dan Fungsinya

Dalam setiap harinya sebagaiselaku, ala, menurut, sadar maupun tidak paham apapun yang kita perbuat dan …