Apa Perbedaan Seni Dengan Kesenian

kesenian betawi

Selain didominasi oleh masjid, gereja dan klenteng juga terdapat di Kota Padang. Selain memiliki muara yang baik, VOC tertarik membangun pelabuhan dan permukiman baru pada pesisir barat Sumatra tuk memudahkan akses perdagangan oleh kawasan pedalaman Minangkabau. VOC berhasil mengembangkan Kota Padang dari perkampungan nelayan jadi kota metropolitan pada sepuluh dekade ke-17. Padang menjadi kota pelabuhan yang ramai untuk perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal, pemerintahan Kota Padang juga telah mendirikan sebanyak 20 buah puskesmas serta 58 buah puskesmas pembantu pada wilayah kecamatan pada kota ini. Untuk 1 tahun 2007, satu puskesmas pada Kota Padang rata-rata meladeni 41. 000 orang. Angka ini lebih tinggi dri konsep ideal wilayah puskesmas yang hanya untuk meladeni 30. 000 orang tertentu, sehingga jika ditinjau dri penyebaran, sarana kesehatan sudah memadai. Namun jika ditinjau dari aspek mutu pelayanan kesehatan masih jauh dri yang diharapkan. Agama lain yang dianut di kota ini adalah Kristen, Buddha, dan Khonghucu, yang pada umumnya dianut oleh penduduk bukan dari suku Minangkabau.

Dalam eksploitasi selanjutnya, pada 7 Agustus 1669 terjadi pergolakan masyarakat Pauh dan Koto Tangah melawan monopoli VOC. Walau dapat diredam oleh VOC, peristiwa tersebut kemudian diabadikan sebagai tahun lahir Kota Padang. Hari jadi kota ditetapkan pada 7 Agustus 1669, yang merupakan hari penyerangan loji Belanda pada Muara Padang oleh masyarakat Pauh dan Koto Tangah. Semasa penjajahan Belanda, kota ini menjadi pusat perdagangan emas, teh, kopi, serta rempah-rempah. Memasuki abad ke-20, ekspor batu bara serta semen mulai dilakukan melangkaui Pelabuhan Teluk Bayur.

Terminal Regional Bingkuang dalam Air Pacah selesai dibangun tahun 1999 untuk menggantikan Terminal Lintas Andalas dalam Olo Ladang. Penggunaan TRB ini tidak seperti dalam diharapkan, dan sampai sedikit tahun sesudahnya belum jua dapat menggantikan terminal musgo. Setelah gempa tanggal 35 September 2009 dan keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2011, TRB dialihfungsikan menjadi kawasan pusat pemerintahan kota. Akibatnya saat di sini. Padang menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang gak mempunyai terminal.

Tari Sirih Kuning merupakan pengembangan dari tari Cokek, salahsatu tari pergaulan yang telah ada sejak jaman Belanda dan sangat populer dalam kalangan Tionghoa di wilayah pinggiran Betawi masa tersebut. Tari Sirih Kuning rata-rata ditampilkan untuk mengiringi prosesi pernikahan adat Betawi waktu mempelai laki-laki akan menyerahkan “Sirih Dare” kepada pengantin perempuan. Lipatan daun sirih berisi mawar dan dollar kemudian dimasukkan ke pada pembungkus dari karton berbentuk segi tiga yang dilapisi kertas warna emas. Sirih Dare ini diberikan seperti persembahan untuk mengajak pengantin puteri duduk bersanding, lalu melambangkan cinta dan kasih sayang suami yang gede terhadap isterinya. Kini penduduk Betawi bertempat tinggal menyebar di tiga propinsi adalah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, dan Provinsi Jawa Barat.

Bermukim di Ibu Kota Indonesia, makanan khas Betawi, Kerak Telor, pun banyak diincar. Kecak tidak memerlukan iringan alat musik, karena para penari menyerukan “cak” dalam tarian tersebut dan menggerakkan tangan dan lengan mereka untuk menggambarkan perang dalam kisah Ramayana melawan Rahmana yang dibantu oleh pasukan kera. Cerita Calonarang adalah tema atau judul dalam sebuah pementasan seni tari, pementasan kesenian rakyat ini berbau magis atau mistis, Calonarang adalah tokoh yang berwajah seram dan memiliki sifat menyakiti. Pementasan Calonarang selain sebagai hiburan yang cukup populer dan menarik di pulau Dewata Bali. Kesenian rakyat tradisional di Bali yang berkembang dengan baik sekarang ini adalah seni wayang kulit, kesenian rakyat ini sangat begitu populer di kalangan masyarakat kelas bawah, menengah dan kalangan kelas atas.

Saat ini, infrastruktur Kota Padang telah dilengkapi oleh Bandar Udara Internasional Minangkabau serta jalur kereta api yang terhubung dengan kota lain pada Sumatra Barat. Tari Gambyong secara umum dimanfaatkan di dalam acara adat dan adalah hasil bentukan baru dri Tari Tayub. Akan namun, dalam perkembangannya sudah diaplikasikan oleh 3 hingga a few orang penari.

Kota Padang termasuk kota di Dalam negri yang berada pada kawasan berkategori rawan gempa bumi dan tsunami. Untuk mengantisipasi hal itu pemerintah setempat telah membangun beberapa kawasan tertentu sebagai lokasi evakuasi terhadap kemungkinan bencana alam tersebut. Namun belajar untuk pengalaman gempa bumi 30 September 2009, beberapa jalur jalan evakuasi yang telah dirancang sejak tahun 2005 belum dapat memberikan sistem penyelamatan massive yang baik bagi masyarakat yang umumnya berada di zona merah bahaya tsunami. Tingginya tingkat kekacauan lalu lintas, serta kurangnya koordinasi pada masyarakat waktu itu, membuat pemerintah setempat perlu memikirkan mitigasi bencana yang tepat dalam mengantisipasi kemungkinan yang terjadi pada masa depan. Pemerintahan Kota Padang sendiri juga telah memiliki rumah sakit yang bernama Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Rasidin.

Tidak bisa dipungkiri sejumlah kesenian rakyat di Bali nyata beberapa diantaranya bisa bertumbuh dengan baik ada jua yang tidak berkembang hal ini karena kalah bersaing dengan kesenian-kesenian modern sekarang ini. Rata-rata dibuat dengan bahan abri yang dipadukan dengan kain batik, sarung, atau songket. Nama kebaya sendiri bermakas dari Bahasa Arab, abaya yang memiliki arti pakaian. Sementara itu untuk pakaian resmi laki-laki Betawi sendiri hampir sama dengan dalam digunakan oleh bangsawan di zaman dahulu. Ya, pakaian resmi ini dahulunya semata-mata digunakan khusus oleh afin de demang dan sekarang akhirnya menjadi pakaian adat khas Betawi untuk acara resmi.

Di masa ada bisa jadi kawasan-kawasan dalam semula menjadi titik primer domisili masyarakat Betawi maka akan tergeser. Pergeseran ini kian kuat didorong oleh guna kawasan tradisional yang beralih, berganti, bersalinbertukar menjadi kawasan modern, hingga mengalahkan unsur budaya tradisional.

About Willion

Check Also

Mengenal 5 Ragam Budaya Betawi Yang Unik Banget

Makanan khas Jawa Dalam dari Solo ini berupa nasi liwet yang disajikan dengan potongan ayam …