Apa Kesenian Suku Melayu

kesenian sunda

Pakaian yang digunakan untuk tari topeng adalah kain batik Cirebon bergaya Losari. Musik pengiring menggunakan tetaluan, barlen, ombak banyu, rumyang, pamindo, bendrong, dan gonjing pangebat. Mungkin diartikel selanjutkan saya akan bahas tentang alat musik tradisional dari Cirebon. Bagi lelaki, baju kurung biasa dipasangkan dengan celana panjang yang disebut seluar. Baju ini mula di perkenalkan di Teluk Belanga, Singapura dan tersebar besar sebagai ciri khasJohorkhususnya dalam abad ke-19.

Jumlah penari pun dibebaskan, uniknya tarian ini lebih banyak ditarikan oleh laki-laki. Tidak banyak sejarah dari tari merak, penari hanya menari dan melenggak lenggok sembari mengibaskan sayapnya bak seekor burung merak. Tidak heran bila semua orang yang melihat terkagum-kagum dengan tarian ini.

Tari Genjek di Bali merupakan tari pergaulan, sangat universal, sangat menyesuaikan dengan suasana dan perkembangan terkini, tidak terpaku pada gerakan atau olah vokal yang baku, mereka bebas berkreasi. Dibandingkan jenis pakaian adat Riau yang lain, pakaian keseharian terbilang sangat sederhana. Tari Keurseus pun dibagi menjadi 3 jenis yaitu tari gawil, kawiran dan lenyepan.

Ia pun dikatakan sejenis pakaian lelaki yang dikatakan telah direka olehSultan Abu Bakarpada 1 tahun 1866 untuk meraikan perpindahan ibu negeri Johor dri Teluk Belanga di Singapura keJohor Bahru. Terdapat 2 jenis baju kurung, ialah Baju Kurung Teluk Belanga dan Baju Kurung Cekak Musang. Dan untuk unfortunately kakinya menggunakan sandal selop yang memiliki warna persis dengan baju kebayanya. Pakaian untuk wanita berupa kebaya dengan warna polos yg dipadukan dengan kain kebat untuk bawahannya.

Pakaian adat untuk kalangan menengah terlihat lebih modis, rapi, dan elegan walaupun tidak terlalu semarak. Tak ada aksesoris mencolok yang dipadukan dengan pakaian adat Sunda khusus wanita ini. Namun, untuk alas kakinya biasanya menggunakan sandal jepit keteplek.

Selanjutnya, ada pakaian adat Sunda untuk kalangan menengah ke atas. Jika dibandingkan dengan pakaian ada untuk kalangan rakyat biasa, tentu saja terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara keduanya.

Tapi dalam 3 jenis itu, masing-masing jenis memiliki karakteristik masing-masing. Semua orang sudah tau Jaipong berasal dari Sunda, diciptakan oleh Gugum Gumbira. Tarian ini sangat dilestarikan oleh orang-orang yang mencintai budayanya, sampai-sampai dibuka komunitas penari Jaipong. Gerakan tarian terkadang seperti sedang berkelahi atau perang, tergantung temanya.

Tarian Aplang ini merupakan tarian tradisional yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara. Tari Merak merupakan tarian tradisional yang berasal dari daerah Pasundan Jawa Barat. Tata cara dan geraknya diambil dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri.

Tari wayang memiliki tingkatan atau jenis karakter yang berbeda misalnya karakter tari pria dan wanita. Karakter tari wanita terdiri dari Putri Lungguh untuk tokoh Subadra dan Arimbi serta ladak untuk tokoh Srikandi. Tanjidor merupakan musik kesenian khas Betawi yang sebenarnya dahulu dipersembahkan untuk orang-orang Belanda. Kesenian rakyat ini, berkembang cukup baik sering dalam ajang tahunan Pesta Kesenian Bali, bahkan oleh untuk menjaga kesenian rakyat tradisional ini, sempat diselenggarakan tari Genjek kolosal di objek wisata Taman Ujung Karangasem.

About Willion

Check Also

5 Kesenian Khas Indonesia Dari Berbagai Kota Halaman All

Ketua Angguk Buiza Ayudio, Syahputra mengungkapkan bahwa kesenian yang spesial dikarenakan di dalam musiknya mengandung …