Anies Baswedan Siapkan Bilik Isolasi Mandiri Untuk Warga, Gedung Kesenian Jakarta Pun Ikut Disulap

gedung kesenian jakarta

Galerikertas merupakan ruang acara untuk karya seni aesthetic dan seni rupa dalam menggunakan kertas, baik seperti media, material, atau apa aja kemungkinan penciptaan lainnya. Ciputra Artpreneur didirikan pada setahun 2014, merupakan sebuah jantung seni terintegrasi di dimana didalamnya terdapat galeri, memorial seni, dan teater, dalam terletak di jantung kota Jakarta.

Soekarno meresmikan Komite Nasional Indonesia Pusat dan kemudian beberapa kali bersidang di gedung ini Kemudian dipakai oleh Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi & Hukum, dan sekitar tahun dipakai sebagai College Teater Nasional Indonesia. Lain direalisasikan oleh Gubernur Jenderal Inggris, Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814. Gedung yang bersejarah ini dibentuk dengan gaya empire akibat arsitek Arsitek Para perwira Jeni VOC, Mayor Schultze.

Ruang pertunjukan primer memiliki panggung yang tiada lain tidak terlalu besar, tetapi atapnya tinggi. Tempat berada penonton ada yang berderet di tengah, dan nyata yang di balkon dalam kiri-kanan ruangan. Balkon disusun bertingkat, sehingga penonton jua bisa duduk di periode atas. Tahun 1950-an, sesudah grup-grup kesenian yang dibidani Jepang berguguran, lahirlah sedikit grup yang dibentuk seniman-seniman muda. Kemudian gedung di sini. juga sempat digunakan seperti ruang perkuliahan malam mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Hukum, Universitas Indonesia di setahun 1951.

Karena bioskop mementingkan layar, maka panggung pun menjadi tak terawatt dan kehilangan fungsinya. Sementara bangunan lainnya yang berlokasi di bagian belakang gedung GKJ, ada yang dimanfaatkan sebagai tempat billiard dan kantor pajak. Disamping karena kondisinya yang makin tak terawatt karena untuk bioskop, billiard dan macam-macam juga karena lahirnya Pusat Kesenian Jakarta ataupun Taman Ismail Marzuki dalam wilayah Cikini.

Selanjutnya, sekitar setahun dipakai sebagai Akademi Teater Nasional Indonesia. Selain tersebut, museum MACAN juga mempromosikamn berbagai program publik lalu pameran yang dinamis.

Ditahun 1968 dengan nama ‘Bioskop Diana’ yang mempertunjukan film-film India. Pada tahun 1969 dibentuk Yayasan Gedung Kesenian dibawah almarhum Brigjen Pringadi yang bertujuan menjaga agar gedung tetap terawat. Setahun kemudian, yayasan tersebut berubah menjadi Bioskop City Theatre yang mempertunjukan film-film Mandarin. Perubahan itu tidak hanya menyangkut fungsi gedung bioskop, langit-langit gedung yang tadinya berukir indah, kemudian ditutup dengan plafon bergaya modern. Tembok-tembok batupun tak lepas dari perubahan karena ditutupi dengan kayu.

Saat tersebut 13 Febuari 1837, dipentaskanlah sebuah sandiwara yang dimaini rombongan setempat. Selain sandiwara, kesenian yang biasa ditampilan di Schowburg antara yang lain musik, tari dan ie.

Gedung yang berpenampilan mewah ini pernah digunakan untuk Kongres Pemoeda yang pertama. Dan, di gedung ini pula pada 29 Agustus 1945, Presiden RI pertama Ir.

Portal Teater ~ Kota Jakarta memiliki sejarah yang panjang dan tua dalam hal kesenian. Semenjak dulu, Jakarta tidak semata-mata menjadi pusat ekonomi, marketing dan politik, melainkan jua menjadi tempat di dimana ornamen kesenian se-Indonesia terpusat.

Cemara 6 Galeri didirikan oleh Prof. Dr. Toeti Heraty N Roosseno pada tahun 1993. HOS. Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, galeri ini memiliki ruang pameran utama, halaman belakang untuk kegiatan seni dan budaya seperti diskusi, presentasi seni video, pertunjukan, pembacaan puisi dan kegiatan kesenian lainnya. Ini berlaku untuk beragam konteks seperti ujian institusi kesenian, ujian sekolah tari profesional yang dikemas sebagai pertunjukan artistik, dan genre lintas media yang mengusung eksperimentasi. Menonton film di bioskop mungkin banyak menjadi salah satu hiburan yang dipilih khususnya masyarakat perkotaan. Periode jaman Orde Lama – Orde Baru, antara tahun 1968–1984, gedung tua ini sempat beralih fungsi menjadi bioskop.

Catatan ini mengukuhkan tag Jakarta sebagai kota seni dan budaya, di samping kota Yogyakarta. Sebelum bangunan ini berdiri, di ini sempat dibangun teater bambu yang memang dibuat untuk anyaman bambu di zaman pemerintahan Inggris. Namun sesudah Inggris harus menyerahkan Hindia Belanda kembali ke tahta oranye, para seniman Belanda membongkar gedung semi permanen itu dan menggantikannya melalui gedung yang kita kenal sekarang.

Pada tahun awal berdirinya Schowburg hanya menggelar kesenian dari rombongan amatir setempat. Berawal pada tahun 1833, didatangkan rombongan sandiwara untuk Prancis, setelah itu selakuala, menurut, bergiliran ditampilkan kesenian dalam bergantian dari Prancis lalu Belanda. Dunia mereka dalam keras dimasa perang pasti membutuhkan penyeimbang. Maka di tahun 1812 para serdadu Inggris itu membentuk perkumpulan Sandiwara. Lalu pada tgl 27 oktober 1814 kelompok ini berhasil resmi memiliki gedung pertunjukan yang mereka dirikan tadinya tahan hampa dekat daerah Pasar Anyar, lokasi asal Gedung Kesenian Jakarta berada di Weltevreden.

TIM dalam memang lebih luas, sewaktu itu menjadi markas sekalian kiblat bagi para seniman. Schouwburg saat itu betul-betul menjadi pusat perhatian lalu pusat seni. Bila Pangeran Hendrik dari Belanda ada berkunjung ke Batavia, vida sering mendapat suguhan sandiwara di Schowburg.

About Willion

Check Also

Mengenal 5 Ragam Budaya Betawi Yang Unik Banget

Makanan khas Jawa Dalam dari Solo ini berupa nasi liwet yang disajikan dengan potongan ayam …