Alat Musik Tradisional Provinsi Jakarta

kesenian betawi

Beberapa varietas sering mempunyai tangkai di bagian bawah agar rebab dapat bertumpu di tanah, dan oleh demikian disebut rebab tangkai di daerah tertentu, tetapi terdapat versi yang dipetik seperti kabuli rebab (kadang-kadang disebut sebagai robab / rubab). Gong merupakan suatu alat musik pukul, instrumen yang terbuat dari perunggu atau logam lain, berbentuk bundar dan besar misalnya kuali. Sebagai waditra berpenclon yang sangat besar, gongo mempunyai garis tengah 69 cm s/d 105 centimeter.

Indonesia dikenal sebagai Negeri kepulauan yang kaya jadi sumber daya alam, gaya budaya, agama, bahasa, serta potensi untuk dikembangkan, salah satunya adalah kekayaan tonkunst tradisional. Indonesia memiliki tonkunst yang tidak dimiliki orang bumi lainnya, musiknya exklusiv, memiliki kelebihan, enak dimaini, bersahabat dengan alam serta diakui dunia. Saat terkait, gerakan kembali kepada yg tradisional menjadi tren, terutama untuk urusan pakaian.

Dalam beberapa instansi pemerintah sudah menggalakkan untuk menggunakan pakaian adat di salah satu hari kerja. Selain itu, disamping motif baku milik keraton, para produsen batik juga kian kreatif dan berani dalam memberikan warna serta corak pada kain. Awd daerah memiliki karakteristik theme tersendiri yang dipengaruhi dengan kondisi geografis dan budaya setempat. Kanigaran merujuk dalam dandanan khusus pengantin dri keluarga kerajaan di Kesultanan Ngayogyakarta yang disebut paes ageng kanigaran. Riasan terkait dipersilakan untuk dipakai dengan masyarakat umum pada pasta pemerintahan Sultan HB IX. Kanigaran sarat akan arti filosofis dan banyak diminati calon pengantin, khususnya untuk yang berdarah jawa.

Makyong adalah salah 1 jenis kesenian melayu yg menggabungkan unsur-unsur ritual, tari, nyanyi, dan musik di dalam pementasannya. Keberadaan kesenian kaum seperti seni-seni tradisional pada Bali, menjadi aset bernilai yang mendukung perkembangan pariwisata di pulau Dewata Bali.

Dalam kesenian Betawi instrumen gong juga tergabung di dalam Gambang Rancag, mengiringi tari Topeng Gong, dan lainnya. Dipukul dengan alat pemukul yang empuk bunyinya sungguh-sungguh rendah dan bergelombang suara, digantung dengan mempergunakan tali. Waditra tersebut berfungsi menjadi tanda akhir kalimat lagu atau sebagai tanda dalam bentuk-bentuk gending. Gambang ialah alat musik tradisional yg terdiri dari 18 bilah bambu yang dimainkan oleh cara dipukul.

Setelah VOC menjadikan Batavia sebagai pusat kegiatan niaganya, Belanda memerlukan banyak tenaga kerja untuk membuka lahan pertanian dan membangun roda perekonomian kota ini. Ketika itu VOC banyak membeli budak dari penguasa Bali, karena ketika itu di Bali tena berlangsung praktik perbudakan. Itulah penyebab masih tersisanya kosakata dan tata bahasa Bali dalam bahasa Betawi sekarang. Kemajuan perdagangan Batavia memikat berbagai suku bangsa dri penjuru Nusantara hingga Tiongkok, Arab dan India tuk bekerja di kota terkait. Pengaruh suku bangsa pendatang asing tampak jelas di dalam busana pengantin Betawi yg banyak dipengaruhi unsur Arabic dan Tiongkok.

Bilahan gambang yang berjumlah 18 buah, biasa terbuat dari kayu suangking, huru batu, manggarawan atau kayu jenis lain yang empuk bunyinya bila dipukul. Itu untuk pria, kalau untuk wanita Betawi berdarah bangsawan, pakaian adatnua sama kayak pakaian yang dipakai None. Sederhana tapi lebih mewah karena ditambah dengan pemakaian perhiasan. Selain dipakai untuk acara pernikahan, jenis baju kurung ini juga dipakai sebagai baju atasan khas wanita Betawi. Untuk baju adat Betawi dibedakan menjadi dua macam, yakni pakaian adat Betawi untuk wanita dan untuk pria.

Tarian ini dimainkan oleh eleven sampai 12 orang penari dan setiap mereka bermain Rapai. Sambil bermain Rapai dan menyanyikan lagu, mereka melakukan berbagai gerakan tubuh yaitu tangan, kepala, serta lain-lain. Gerakan para penari hampir sama dengan tarian Saman tetapi menggunakan Rapai.

Namun kadang-kadang gamelan hadir sebagai pertunjukan musik sendiri yang komplit dengan sinden sebagai pelantun tembangnya. Rapai adalah macam tamborin yang biasanya dimanfaatkan untuk mengiringi sebuah lagu atau tarian. Permainan Rapai telah dikembangkan dan diiringi dengan lagu-lagu dan seluruh macam lenggak-lenggok yang indah. Ini merupakan dobrakan penampilan sebuah tarian baru yg disebut “Rapai Geleng”.

Berbagai merek tempat di Jakarta pun menyisakan petunjuk sejarah tentang datangnya berbagai suku bangsa ke Batavia, Kampung Melayu, Kampung Bali, Kampung Jubé, Kampung Jawa, Kampung Makassar dan Kampung Bugis. Griya Bugis di bagian utara Jalan Mangga Dua pada daerah kampung Bugis yg dimulai pada tahun 1690.

Musik Tradisional juga ialah musik yang berkembang sebagaiselaku, ala, menurut, tradisional di kalangan suku-suku tertentu, berasal dari seluruh daerah tak terkecuali pada Indonesia. Lahir dan meningkat di suatu daerah terpilih dan diwariskan secara turun temurun dari suatu keturunan ke generasi berikutnya. Keberadaannya menggunakan bahasa, gaya serta tradisi khas daerah setempat.

About Willion

Check Also

Deretan Seni Pertunjukan Tradisional Indonesia, Ada Yang Sudah Mendunia

Pakaian keseharian adalah pakaian yang digunakan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kebudayaan paling mudah dikenali dari …