9 Kesenian Tradisional Khas Sumatera Utara, Dri Alat Musik Hingga Tarian

kesenian bali

Berganti ke jenis alat töne petik, Hapetan atau Hasapi merupakan salah satu kesenian tradisional khas Sumatera Utara yang bentuknya dianggap amat mirip dengan alat töne Kecapi. Alat musik dalam berasal dari daerah Tapanuli ini dikategorikan dalam model alat musik dawai lalu sering kali dimainkan akibat masyarakat dari suku Batak Toba. Biasanya berlangsung di suatu hari atau satu malam sebelum acara akad nikah.

Melalui serangkaian adat, calon pengantin wanita didudukan di atas pelaminan. Rangkaian acara ber-inai diawali oleh acara tersendiri yakni khatam Al-Qur’an yang dilaksanakan dengan keluarga-keluarga terdekat. Selanjutnya, calon pengantin wanita akan memenuhi upacara di-Tepung Tawari.

Selanjutnya, calon pengantin wanita akan diberi daun inai yang telah ditumbuk halus pada kuku-kuku jari tangan dan kakinya. Malam ber-inai lazim dimeriahkan dengan iringan bunyi-bunyian misalnya gendang dan nyanyian lagu-lagu Melayu lama, ataupun diadakan tari gambus. Nafiri adalah alat musik tradisional yg berasal dari propinsi Riau di pulau Sumatera yg bentuknya mirip dengan terompet.

Kita dapat melihat games alat musik ini dengan dengan pertunjukkan makyong yg merupakan sebuah bentuk kesenian tradisional yang saat terkait masih dimainkan dan diwariskan di propinsi Riau. Selain sebagai alat musik, nafiri juga digunakan sebagai alat komunikasi masyarakat melayu.

Terutama untuk memberitahukan tentang adanya bencana, dan berita atas kematian. Nah untuk mendukung kamu memahami tentang budaya Sumatera Utara, berikut CekAja rangkum informasi kesenian tradisional khas Sumatera Utara yg dikategorikan berdasarkan alat tonkunst, lagu daerah, serta tari tradisional.

Proses pembaruan Pulung dilakukan dalam sebuah ritus adat yang khusus digelar untuk itu, yakni Aruh Pantun. Aruh Pantun dilaksanakan pada malam-malam gelap tanggal 21, 23, 25, 27, dan 29) di bulan Rabiul Awal atau Zulhijah. Para Pamadihinan yang menekuni pekerjaan ini secara profesional dapat hidup mapan. Permintaan untuk tampil di depan publik relatif tinggi frekwensinya dan honor yang mereka terima dari para penanggap cukup besar, yakni antara 500 ribu sampai 1 juta rupiah. Beberapa orang di antaranya bahkan mendapat rezeki nomplok yang cukup besar karena ada sejumlah perusahaan kaset, VCD, dan DVD di kota Banjarmasin yang tertarik untuk menerbitkan rekaman Madihin mereka.

Provinsi Aceh terdiri dari being unfaithful suku asli, yaitu Aceh, Tamiang, Alas, Aneuk Jamie, Naeuk Laot, Semeulu, lalu Sinabang. Seorang pembawa lagu bahkan bebas secara spontan menciptakan lagu sendiri ataupun mengenalkan lagu baru ini, yang menuntut kemahiran sahabat lainnya untuk mengikutinya melalui suara vokal yang serasi termasuk kekompakan vokal pengiring. Tema lagu yang dibawakan biasanya berisi nasehat, rayuan, kritik, motivasi, pujian malah sindiran yang sangat komunikatif.

Emosi keagamaan masih jelas tampak pada kehidupan seluruh suku bangsa yang berada di Kalimantan Selatan. Hal ini seperti memanjat atau melempar durian muda, meracun ikan di sungai ataupun alue, berkelahi sesama jamaah dewasa dalam kawasan seuneubôk, mengambil hasil tanaman jamaah lain semisal buah rambutan, durian, mangga, dll.

Practice Tepuk Tepung Tawar ialah suatu upacara adat budaya Melayu peninggalan para cisura terdahulu. Pemberian “tepung tawar” kepada calon mempelai pada umumnya diiringi dengan doa serta harapan dipimpin oleh yg dituakan; dilakukan oleh orangtua, sesepuh dan tokoh-tokoh adat yang dihormati.

Hasil penjualan kaset, VCD, dan DVD tersebut ternyata sangatlah besar. Urang Banjar mengembangkan sistem budaya, sistem sosial dan material budaya yang berkaitan dengan relegi, melalui berbagai proses adaptasi, akulturasi, dan asimilasi. Ikatan kekerabatan mulai longgar dibanding dengan masa yang lalu, orientasi kehidupan kekerabatan lebih mengarah kepada intelektual dan keagamaan.

About Willion

Check Also

12 Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah Yang Sangat Populer

Tari Barong Blora adalah salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Blora. …