50 Tarian Daerah Tradisional Nusantara Beserta Daerah Asalnya

Tari daerah tradisional indonesia

Penari bersenjatakan cambuk bertindak sebagai penyerang & lainnya bertahan menggunakan dadap. Tarian ini dimainkan selama masa musim panen ucapan syukur ] dan ritual tahun baru, upacara pembukaan lahan atau upacara konvensional utama lainnya, dan diadakan untuk menyambut tamu diperlukan. Tari Kipas Pakarena adalah tarian tradisional dari daerah Gowa, Sulawesi Selatan.

Terlepas dari gerakannya yang beda dan energik, tarian tersebut tentu kaya akan arti dan nilai di dalamnya. Tari Cakalele merupakan tandak tradisional khas Maluku, tarian ini dimainkan kurang lebih oleh 30 orang penari baik pria maupun cewek. Tari Cakalele memakai baju khas perang zaman dulu dan diiringi musik beduk, suling, dan kerang besar yang ditiup. Tari Janger adalah tarian yang bermula dari Bali, jumlah penari dalam tarian ini tersedia 10 orang berpasangan berisi dari 5 pria serta 5 wanita. 5 laki-laki disebut dengan kecak, serta 5 wanita disebut beserta janger.

Tari Dinggu biasanya ditampilkan oleh para penari laki-laki maupun wanita dengan berpakaian layaknya para Petani di dalam zaman dahulu. Tarian ini sangat dikenal di masyarakat Tolaki di Sulawesi Tenggara dan sering ditampilkan pada berbagai acara seperti pesta panen raya, penyambutan, perayaan hari besar, festival budaya dan lain-lain. jenis tari dapat dibedakan menjadi dua yakni tari tradisional & tari modern.

Seperti pertunjukan teater ataupun opera, penari menari dengan suara musik dan nyanyian. Tarian Topeng Betawi kian bersifat teatrikal dan komunikatif melalui gerakan. 34 Tari tradisional asal Indonesia kemudian adalah Tari Cakalele yang berasal dari Maluku.

Dari kedua pola tarian menurut garapan tersebut memiliki berbagai macam jenis dan bentuk. Untuk memberikan kejelasan terhadap peralatan tersebut, di bawah ini secara terperinci kami sampaikan daftar tari tradisional dengan ada di Indonesia nun sangat beragam. Tari Magasa adalah salah satu tarian tradisional masyarakat Suku Arfak di Papua Barat.

Tarian ini dibawakan oleh penari wanita dalam pakaian konvensional dan tarian dengan trik khas mereka dan mempertunjukkan penggemar sebagai atribut tarian mereka. Tari Kipas Pakarena adalah salah satu tarian tradisional paling terkenal pada Sulawesi Selatan, terutama dalam daerah Gowa. Tarian ini sering ditampilkan dalam bermacam-macam acara yang bersifat kebiasaan atau hiburan, bahkan Tari Kipas Pakarena juga adalah salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan, terutama di daerah Gowa.

Tarian ini biasanya dibawakan secara masal oleh para penari pria dan penari perempuan. Mereka menari dengan baku bergandengan tangan dan mendirikan barisan memanjang layaknya ular, sehingga banyak yang menyebut tarian ini sebagai Tandak Ular.

Dulu dikatakan jika tarian ini menceritakan tentang sekelompok gadis yang sangat senang berdendang diiringi dengan lagu daerah serta musik gambus. Gambar tarian daerah yang menggunakan properti lebih dari adalah tari andun daripada Bengkulu yakni jenis tari pergaulan yang ditampilkan adam serta wanita.

Dulu tarian ini adalah tradisi warga Bengkulu yang ditampilkan dalam acara adat khususnya pesta panen raya. Tarian ini dilakukan 7 orang penari wanita dengan iringan musik tradisional khas Aceh dinamakan serune kalee.

Tarian ini biasanya ditampilkan di berbagai kalender seremonial adat di sana. Tari Kataga adalah tarian tradisional sejenis tarian perang yang khas dari Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Tarian ini biasanya dimainkan oleh para penari laki-laki dengan berkostum adat serta dilengkapi senjata seperti sabel dan perisai. Tari Kataga ini merupakan salah homo tarian tradisional yang cukup terkenal di NTT, khususnya Sumba Barat yang merupakan tempat asalnya.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …