50 Tarian Daerah Indonesia Beserta Penjelasan Dan Gambarnya

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian ini menggambarkan arti yang diambil dari sukma sehari-hari. Hal ini tampil dari harmoni para penari yang bertepuk tangan serasi irama. Kata “Rapai” otonom berasal dari alat musik yang mirip dengan tingkah yang digunakan oleh penari.

Tidak hanya gerakannya yang unik, Tari Merak juga ialah salah satu jenis tarian modern kontemporer yang mana gerakannya itu sendiri diciptakan secara bebas dengan menggunakan kreasi baru. Pada awalnya, tarian ini hanya biasa di lingkungan TNI & Polri sebagai gerakan untuk senam pagi saja. Namun, sepertinya tarian ini start mendapatkan hati di bangsa ketika stasiun televisi TVRI Jakarta mulai menyiarkan program dengan nama Dansa Yo Dansa.

Total penari yang tak terbatas dan minimal 10 orang2, dipimpin oleh seorang syeh. Sumber lain menyebut bila pemainnya 13 orang, berjumlah ganjil tidak boleh redup dari 10 penari. chemember. wordpress. comRateb Meuseukat adalah tarian khas Aceh dengan sering disamakan dengan Tandak Saman selain Ratoh Duek. Tak hanya itu, ke-2 tari juga sama-sama membawa 8 penari dengan 1 syahi yang sekaligus menyelenggarakan tarian. akan menari sambil membawa instrumen pelengkap berbentuk tali sebagai simbol sarang atau yang dalam bahasa Aceh disebut pukat.

Konon, pada zaman dahulu Tari Bedoyo Wulandaru digunakan oleh masyarakat Blambangan dalam menyambut kedatangan segerombolan dari Prabu Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajahmada tatkala bertamu ke daerah mereka. Terkait dengan buah Pace, tarian ini mengakomodasi sejarah dari buah Pace & kebutuhan memperkenalkan karya khas yang berupa batik Pace. Meskipun begitu, wujud daripada barong terbentuk dari kurang lebih binatang yang digambarkan & sangat beragam, dan pada sesuakian dari jenis tari Barong yang dipentaskan. Disini kamu akan menemukan penari wanita yang berjumlah 10 ataupun lebih, dengan 2 orang syahie atau penyanyi.

Maka dari itu, syair yang terdapat dalam dalam salah satu tarian dari 34 tari tradisional asal Indonesia ini memakai Bahasa Gayo. Berbeda dengan tarian lainnya, tarian tersebut tidak diiringi dengan nyanyian musik.

Akur, sebagai masyarakat Indonesia pasti kita harus bangga hendak keberagaman budaya Indonesia. Kebinekaan budaya dan tradisi Indonesia merupakan asset untuk negeri Indonesia sendiri. Banyaknya pikiran di Indonesia yang berbeda-beda di setiap negara saja menyebabkan munculnya tradisi dengan juga berbeda-beda di di setiap daerah Indonesia. Pada era sekarang ini tari Serimpi sendiri tak hanya dipentaskan dalam lingkungan keraton, namun sudah dipentaskan di bermacam-macam negara sebagai wujud prakata budaya kepada negara beda. Meskipun telah dipentaskan di negara lain, tidak mengurangi kesakralan tarian Serimpi sendiri.

Khusus tari zapin Betawi memakai pengiring musik yang dipetik yaitu gambus dan marwas. Di Brunei itu otonom tarian ini dibagi 2 tarian, yaitu Zapin Laila Sembah dan Zapin Tar. Merasa hak perempuan diambil, akhirnya kisah itu menginspirasi seorang seniman bernama Wiwiek Widiastuti dan membuat tarian bernama Tari Lenggang Perempuan sundal. Namun seiring dengan masa tarian ini sering dibawa oleh anak-anak dan bukan menuntut harus berdua dengan laki-laki yang penting uniform lekat dengan budaya betawinya. Biasanya tarian ini diselenggarakan bila ada hari besar, seperti khitanan, pernikahan atau kelulusan para siswa.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …