5 Tari Tradisional Terpopuler Pada Indonesia, Harumkan Nama Kerabat Di Kancah Internasional

Tari daerah tradisional indonesia

Tari Caci adalah tarian perang tradisional serta produk rakyat. Sepasang penari cowok akan melakukan tarian perang dengan membawa perisai dan cambuk. Tari Gareng Lameng adalah tarian tradisional dibanding Nusa Tenggara Rimur dengan banyak dipentaskan apda kalender khitanan.

Tarian ini merupakan bentuk ucapan selamat kepada keberkahan yang diberikan oleh Tuhan YME. Tarian Cokek adalah tari klasik Betawi yang familiar di warga. Tari ini merupakan tarian pergaulan warga Betawi dan kerap dilakukan untuk memeriahkan acara adat.

Dengan menggunakan gerakan & irama yang sederhana, Tandak Maengket ditampilkan sebagai rasa syukur terhadap dewi kesuburan. Jadi,, jenis tarian satu ini biasanya ditampilkan di saat panen. Selain tersebut, tarian ini bisa dipentaskan sebagai bentuk dari penyambutan tamu agung juga lho. Walakin sejak tahun 1970-an, tarian ini juga turut digunakan di dalam acara penyambutan tamu-tamu daerah, upacara perkawinan, serta mengisi acara-acara gede lain yang diperlukan.

Tandak Baksa Kembang merupakan tarian asli Kalimantan Selatan guna upacara penyambutan tamu tata susila. Tarian ini dilakukan sama penari wanita sebagai biang tinggal atau secara bersekutu dengan jumlah ganjil. Tandak Belan Dadas merupakan tarian tradisional Kalimantan Tengah dengan berasal dari tradisi umat Dayak. Tari ini awalnya adalah ritual dukun pada pedalaman hutan Kalimantan Sentral untuk meminta keberkahan dan penyembuhan penyakit bagi warga.

Tarian tersebut mempunyai ciri khas di gerakannya yang lebih semok[cak]. Selanjutnya, macam-macam tari tradisional yang perlu diketahui ialah Tari Kipas Pakarena. Tandak Kipas Pakarena merupakan tarian yang berasal dari Gowa Sulawesi Selatan. Tari Jaipong ini dimainkan dengan memakai perpaduan antara gerakan dan musik tradisional gong, ketuk, ataupun gendang, sehingga menghasilkan tarian ini semakin menarik untuk disaksikan.

google. comSelanjutnya ada Tari Piso Surit yang berasal dibanding suku Batak Karo, Sumatera Utara. Tarian ini lazimnya digunakan untuk menyambut para tamu kehormatan di uni acara adat setempat. Piso Surit sendiri mengandung makna burung yang bernyanyi yang mana juga menggambarkan seorang gadis yang sedang menghendaki kedatangan sang kekasih. google. comTari Giring-Giring berasal daripada Kalimantan Tengah juga tak boleh ketinggalan untuk merasuk ke dalam daftar tarian daerah di Provinsi Nusantara rekomendasi Mamikos. Tarian tersebut diperagakan sebagai bentuk ekspresi kebahagiaan dan rasa senang masyarakat setempat.

Tari Trunajaya merupakan sebuah tarian tradisional yang menggambarkan gerakan-gerakan seorang pemuda Bali yang sedang beranjak dewasa, penuh lubuk, serta berulah untuk mendapatkan hati seorang wanita. Dikenal sebagai tari wayang dikarenakan para penari menggunakan seragam dan melakukan gerakan diantaranya tokoh wayang.

Tari Cokek sangat kaya akan faktor kebudayaan, karena dipengaruhi kebiasaan Sunda, Betawi, Tiongkok dan ilmu beladiri Pencak Pencak. Keluhuran susila adalah semboyan yang dapat diambil daripada tarian ini. Tarian tersebut sangat unik dan disorot oleh masyarakat dunia universal. Tarian yang kental hendak unsur agama Islam tersebut memiliki gerakan koreografi hidup berbaris dengan gerakan tangan yang membentuk penampilan menawan. Pertujukkan seni Reog Ponorogo pasti sudah banyak biasa oleh masyarakat di Indonesia.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …