5 Tari Tradisional Terpopuler Di Indonesia, Harumkan Nama Kerabat Di Kancah Internasional

Tari daerah tradisional indonesia

Dikatakan sebagai gerak ekspresif karena gerak dari tari-tarian tersebut merupakan gerak yang indah dengan dapat menggetarkan perasaan manusia. Pada umumnya, gerak nun terdapat pada tari-tarian tersebut bukanlah gerak realistis nun dilakukan oleh manusia pada kehidupan sehari-harinya.

Tarian ini mencerminkan bentuk ucapan selamat bagi keberkahan yang diberikan sama Tuhan YME. Tarian Cokek adalah tari klasik Betawi yang familiar di bangsa. Tari ini merupakan tarian pergaulan warga Betawi & kerap dilakukan untuk meramaikan acara adat.

Dengan menggunakan gerakan dan irama yang sederhana, Tandak Maengket ditampilkan sebagai mengecap syukur terhadap dewi kesuburan. Jadi,, jenis tarian wahid ini biasanya ditampilkan di saat panen. Selain tersebut, tarian ini bisa dipentaskan sebagai bentuk dari penyambutan tamu agung juga lho. Tetapi sejak tahun 1970-an, tarian ini juga turut digunakan dalam acara penyambutan tamu-tamu daerah, upacara perkawinan, serta mengisi acara-acara besar lain yang diperlukan.

Tarian ini dilakukan sambil beberapa pria dan wanita sebagai pendukung. Maluku punya wilayah dengan bentangan alam yang sangat indah, terutama alam bawah lautnya nun sangat mempesona.

Tarian Reog Ponorogo dimainkan oleh 6-8 orang cowok dan 6-8 orang perempuan yang masing-masing memiliki urusan. Tari Keurseus adalah tarian tradisional yang biasanya dilakukan oleh para pejabat dar Jawa Barat. Awalnya, kecil tari Keurseus diajarkan pada Wirahmasari yang kemudian biasa masyarakat dengan nama Keurseus. Seni tari Bedhaya Ketawang adalah tarian khas Jawa tengah yang menceritakan turunnya wanita dari langit. Pada masa kerajaan, tarian ini hanya dipertontonkan untuk kalender resmi dan hiburan warga.

google search. comSelanjutnya ada Tari Piso Surit yang berasal dibanding suku Batak Karo, Sumatera Utara. Tarian ini biasanya digunakan untuk menyambut para tamu kehormatan di unik acara adat setempat. Piso Surit sendiri mengandung maksud burung yang bernyanyi nun mana juga menggambarkan seorang gadis yang sedang menantikan kedatangan sang kekasih. google. comTari Giring-Giring berasal dibanding Kalimantan Tengah juga tak boleh ketinggalan untuk merasuk ke dalam daftar tarian daerah di Provinsi Nusantara rekomendasi Mamikos. Tarian tersebut diperagakan sebagai bentuk karakter kebahagiaan dan rasa senang masyarakat setempat.

Tari Trunajaya merupakan sebuah tarian konvensional yang menggambarkan gerakan-gerakan seorang pemuda Bali yang padahal beranjak dewasa, penuh perasaan, serta berulah untuk mendapatkan hati seorang wanita. Disebut sebagai tari wayang dikarenakan para penari menggunakan seragam dan melakukan gerakan sebagaimana tokoh wayang.

Tari Cokek sangat kaya akan point kebudayaan, karena dipengaruhi tradisi Sunda, Betawi, Tiongkok dan ilmu beladiri Pencak Silat. Keluhuran susila adalah markah yang dapat diambil dari tarian ini. Tarian itu sangat unik dan disorot oleh masyarakat dunia jagat rat. Tarian yang kental akan unsur agama Islam tersebut memiliki gerakan koreografi hidup berbaris dengan gerakan tangan yang membentuk penampilan menawan. Pertujukkan seni Reog Ponorogo pasti sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Nusantara.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …