5 Tari Tradisional Beserta Wilayah Asalnya, Kunci Jawaban Mencari Ilmu Dari Rumah Tvri Sd Kelas 1

Tari daerah tradisional indonesia

Dilakukan oleh dua orang penari yang satu jadi tokoh kebaikan atau pelaku utama, yang satunya lagi mendapat tokoh keburukan atau antagonis. Penjamuan raja ini nih yang bikin unik tarian tradisional yang satu ini dikarenakan raja akan menikmati jamuan yang diberikan dalam bentuk kue yang jumlahnya 2 kasera. Tari Saman merupakan tarian yang amat menarik karena gerakan & ada semacam efek visual dari gerakan para penari tersebut sangat istimewa dan menghibur. Tari Glipang berawal dari Jawa Timur, tari ini memang cukup terkenal di daerah Jawa Timuran, penari dalam tari Glipang ini bisa dimainkan sama pria atau wanita.

Dalam Bahasa Minangkabau, Tari Piring disebut beserta Tari Piriang. Penari berbuat atraksi piring dengan melaksanakan gerakan cepat dan tertib sambil menggenggam piring tanpa terlepas.

Dalam tarian tersebut Ratu Kidul dianggap memiliki hubungan yang kental sehingga konon katanya, ketika tarian ini dipentaskan beliau akan ikut menari. Saat tersebut tari jengger sudah berpindah nama menjadi Tari Gandrung Lombok.

Tentu saja jumlahnya tidak sedikit dan tersedia suatu daerah yang tariannya tidak hanya satu macam tari tradisinoal, melainkan punya lebih dari satu spesies tarian. Merupakan negara nun kaya akan nilai-nilai budaya salah-satunya adalah tarian. Sama sebab itu kita mesti bisa menjaga dan melestarikannya agar senantiasa eksis.

Selain tari kawasan merupakan kebudayaan yang ikonik dan khas bagi masing-masing daerah. Hal inilah yang menyebabkan tari ini menjadi sangat lembut dan memukau. Konon katanya, tarian itu selain merupakan tarian dengan digunakan untuk menggambarkan penari dari langit juga acap diidentikkan dengan Ratu Kidul sekaligus dikenal dengan Roro Kidul.

Nah yang menari ini merupakan mereka yang rindu dengan kesuburan alamnya untuk lekas ditanami tumbuhan, gerakan tariannyapun diiringi dengan menggunakan rebab, gong, dan juga lantunan musik yang indah. Tarian tradisional ini termasuk di jenis tari sakral, kenapa bisa begitu? Karena sebelum melakukan tarian Kuda Lumping itu banyak sekali ritual yang harus dilakukan, umumnya juga diisi adegan kesampukan dari sang penari itu. Kedua sifat yang berbeda ini di perankan sama kedua penari sambil mengiringi musik dan gerakan tandak.

Tarian ini biasa dilakukan untuk menyambut tamu makannya kerap disebut sebagai tari selamat datang, saat tari ini diselenggarakan, penari akan menaburkan bunga pada para tamu yang baru datang. Tarian ini biasanya diperankan sama kaum wanita dan laki-laki, diselenggarakan ketika musim panen padi tiba, tarian tersebut khusus untuk menggambarkan sensasi dan aktivitas yang berlangsung di masyarakat. tari Bekhusek ini menceritakan tentang kisah seorang putri yang padahal bermain.

Tandak Tor-Tor merupakan salah wahid tari tradisional yang berawal dari SUMUT atau Sumatera Utara. Yang membuat tari ini menarik adalah beserta digunakannya patung yang dimasukkan roh, lalu patung yang berisi roh tersebut hendak menari nari sendiri. Akan tetapi saat ini tarian Margapati cukup sering juga diadakan untuk peringatan beberapa daftar. Tarian Maengket ini dapat juga dilakukan hanya laki-laki saja atau wanita sekadar, bisa juga pria & wanita campur. Tujuan tari Maengket dari daerah Minahasa ini adalah sebagai vokal rasa syukur atas diberikannya panen yang melimpah di tempat masyarakat tersebut.

Semoga tulisan ini bisa berperan untuk kamu semua, sekian yang dapat saya sampaikan mengenai tarian daerah terimakasih 😀. Nah itulah nama-nama tarian tradisional di Indonesabeserta dengan nama-nama daerah usul tarian tersebut. Dari vokal yang tertera diatas tentunya kita bisa menyimpulkan kalau Indonesia. Beragam kebudayaan tradisional Indonesia yang kaya pasti menjadi suatu keharusan buat dipelajari.

Tidak sama dari tarian pameran yang lain, tari pendet asal Bali sebagai bentuk persembahan masyarakat dengan membersihkan kuil guna upacara tertentu. Namun tarian ini sekarang juga kerap diadakan untuk peringatan bebrapa acara. Tari Gandrung merupakan tarian tradisional yang bermula dari Banyuwangi. Arti dari Gandrung sendiri ini yakni lambang dan sebutan buat Dewi Sri yang elukannya sangat cantik. Dari namanya saja sudah tari Topeng, pasting menggunakan topeng dan biasanya diperankan oleh 3 orang penari dewasa.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …