5 Macam Tari Tradisional Selain Dari Tayangan Sahabat Pelangi

Tari daerah tradisional indonesia

Tari ini dianggap berbau mistis karena berkisah tentang kisah cinta Sulandono dan Sulasih. Tari wilayah Kethek Ogleng adalah tarian adat yang berasal dibanding Wonogiri, Jawa tengah. Histori asal tarian ini dilatarbelakangi cerita Raden Gunug Sar yang berubah menjad kera untuk menipu musuhnya. Namun pakaian penari menggunakan rok kembe yang disertai selendang dari kain batik. Ragam pakaian tari tradisional identik dengan warnah kuning serta hijau.

Dibuat oleh Nyoman Kaler di tahun 1942, tarian ini menunjukkan perjalanan hidup wanita nun salah arah. Oleh olehkarena itu itu, tarian ini menyusun banyak gerakan tarian laki-laki meskipun para penari umumnya perempuan. Jika dilihat, gerakan tarian ini seperti memperhatikan dan bersiap menerkam mangsanya. Sebenarnya, Tari Peule Cinde sama dengan tari yang lain, ada sesuatu yang lebih besar jika Tandak Peule Cinde dapat berkembang di setiap zaman, karena penggunaannya yang khusus buat menyambut tamu. Puncak pertunjukan Tari Peule Cinde ialah dengan taburan bunga buat para tamu.

Secara demikian usai sudah uraian Mamikos mengenai tarian daerah di Provinsi Indonesia nun bisa Mamikos sampaikan pada kesempatan ini. Silakan sebarkan informasi menarik ini di dalam teman dan pengikut prasarana sosial kamu. Di dalam pertunjukannya, para penari bakal menggunakan kostum busana konvensional khas Papua yang disertai dengan atribut seperti senjata dan alat musik tradisional Tifa. Tari Pendet di awalnya merupakan sebuah tari pemujaan yang banyak diperagakan di Pura, tempat bertafakur umat Hindu di Bali.

Tari pendet merupakan tandak sambutan yang berasal dibanding Pulau Dewata, Bali. Tarian ini merupakan salah satu kesenian tradisional yang sangat kesohor dari Bali.

Namun setelah Kerajaan Mataram pecah, tarian ini mulai dari mengalami perubahan dalam segi gerakan meskipun inti dibanding tarian ini masih sama. Diperkirakan Gambuh muncul lebih kurang abad ke-15 dengan drama yang berasal dari skandal Panji. Gambuh dalam bentuk teater total karena terdapat unsur seni suara, kisah dan tari, seni tampak, seni sastra, dan lain-lain. Gambuh dilakukan dalam upacara Dewa Yad seperti ritus, upacara Manusa Yad seperti pernikahan keluarga bangsawan, upacara Pitra Yad dan sebagainya.

Namun menurut sumber unik, tarian ini diciptakan beserta rasa terima kasih kepada kesembuhan istrinya dari penyakit yang sudah tua. Setelah acara ini, tarian Datun Julud terus diminati pada masyarakat sekitar dan langsung berkembang ke daerah beda di Sarawak.

Para penari secara lembut menari diiringi gamelan gong, kenong, kendang serta gambang. Tari Serimpi acap dipertontonkan ketika terjadi pergantian tahta kerajaan dengan dalam iringi musik gamelan. Perkembangan sekarang, tarian serimpi pula dilakukan di acara-acara pertunjukan kebudayaan dengan penyesuaian durasi tarian dan pakaian penari. Sebagai kaum muda, telah wajib tentunya untuk turut melestarikan kesenian tari wilayah dengan belajar tarian daerahnya sebagai wawasan nusantara.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …