5 Kesenian Tradisional Dri Banten

kesenian bali

Jari-jari kiri menekan senar sesuai dengan nada yang diinginkan, secara bersamaan tangan kanan menggesek senar dengan busur. Ada 2 jenis kangkanung yang dibedakan berdasarkan bahan dasarnya, yaitu kangkanung perunggu dan kangkanung kayu.

Dalam ilmu seni musik modern, japen dikategorikan dalam keluarga alat musik chordophone. Untuk memainkan alat musik rebab, dilengkapi alat penggesek berupa busur yang terbuat dari kayu dan rambut kuda. Dimainkan dalam posisi berdiri, tangan kanan pemain memegang busur, sedangkan tangan kirinya memegang leher rebab.

Sebuah tarian Belian dari suku Dayak Benuaq untuk mengusir hantu-hantu yang menjaga pohon-pohon dalam besar dan tinggi biar tidak mengganggu manusia ataupun orang yang menebang pohon tersebut. Perbedaan yang mencolok anatara Tari Hudoq Kita’ dan Tari Hudoq nyata pada kostum, topeng, propaganda tarinya dan iringan musiknya. Kostum penari Hudoq Kita’ menggunakan baju lengan panjang dari kain biasa lalu memakai kain sarung, sedangkan topengnya berbentuk wajah orang biasa yang banyak dihiasi dengan ukiran khas Dayak Kenyah. Tari Hudoq ialah salah satu tari dalam berkembang dalam kehidupan penduduk suku Dayak Bahau dan Modang.

Jika Jineng adalah area menyimpan gabah, Lumbung merupakan nama rumah adat suku Bali yang digunakan buat menyimpan bahan makanan primer seperti jagung, beras, lalu lain sebagainya. Pura Family adalah bagian rumah Bali yang digunakan untuk menunaikan ibadah dan berdoa. Banyak nilai-nilai agama Hindu yang tercermin dalam arsitektur rumah adat suku Bali ini. Udeng adalah sebutan untuk ikat kepala atau penutup kepala khas Bali. Selain tersebut, udeng juga dikenakan sewaktu datang ke Pura buat melakukan upacara adat keagamaan.

budaya-indonesia. orgGarantung adalah alat musik sejenis gong yang banyak digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah. Meskipun dengan bentuk yang hampir sama, bunyi yang dihasilkan garantung berbeda dengan bunyi yang dihasilkan oleh gong pada umumnya.

Soto khas suku Banjar ini juga punya rasa unik dan berbeda dengan soto yang biasa kamu makan. Soto berkuah kuning bening ini kaya akan rasa rempah-rempah khusunya kayu manis.

Tarian ini erat hubungannya dengan upacara keagamaan, dan dimaksudkan untuk memperoleh kekuatan dalam mengatasi gangguan hama perusak tanaman serta mengharapkan diberikan kesuburan dengan hasil panen yang banyak. Selain dalam kegiatan upacara, serupai juga biasa dimainkan saat santai untuk mengisi waktu senggang. Dalam memainkannya, alat musik ini sedikit mirip dengan harmonika dalam hal teknik meniup dan menarik udara dengan teratur. Saat dimainkan, petikan senar japen akan menghasilkan suara yang akrab dengan kebudayaan Tionghoa.

Saat ini, musik Tanjidor menjadi kesenian tradisional Betawi masih terus hadir lalu terjaga meskipun awalnya pertunjukkan ini hanya diperuntukkan buat kalangan Belanda. Tanjidor ialah musik kesenian khas Betawi yang sebenarnya dahulu dipersembahkan untuk orang-orang Belanda. Di sini. sebenarnya merupakan bentuk teater tetapi dengan unsur lalu cerita yang diangkat untuk kehidupan sehari-hari masyarakat Betawi atau masyarakat setempat. Modalnya Baraga’ Bagantar adalah formalitas belian untuk merawat bayi dengan memohon bantuan untuk Nayun Gantar. Sekarang formalitas ini sudah digubah akhirnya menjadi sebuah tarian oleh suku Dayak Benuaq.

Kangkanung perunggu umumnya diperoleh dari luar Kalimantan, sedangkan kangkanung kayu merupakan hasil karya masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah. Alat musik garantung dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul kayu. Tidak ada hal khusus dari bahan atau ukuran alat pemukulnya, yang penting kayu yang digunakan kuat untuk memukul garantung. Pada ujung pemukul juga tidak dilapisi dengan kain, karet, atau bahan lainnya.

About Willion

Check Also

Deretan Seni Pertunjukan Tradisional Indonesia, Ada Yang Sudah Mendunia

Pakaian keseharian adalah pakaian yang digunakan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kebudayaan paling mudah dikenali dari …