5 Jenis Tari Tradisional Selain Dibanding Tayangan Sahabat Pelangi

Tari daerah tradisional indonesia

Tari ini dianggap berbau mistis karena berkisah tentang kisah cinta Sulandono dan Sulasih. Tari kawasan Kethek Ogleng adalah tarian adat yang berasal dari Wonogiri, Jawa tengah. Silsilah asal tarian ini dilatarbelakangi cerita Raden Gunug Sar yang berubah menjad kera untuk menipu musuhnya. Sedangkan pakaian penari menggunakan rok kembe yang disertai sampur dari kain batik. Corak pakaian tari tradisional identik dengan warnah kuning serta hijau.

Dibuat sambil Nyoman Kaler di tahun 1942, tarian ini menunjukkan perjalanan hidup wanita yang salah arah. Oleh sebab itu, tarian ini menghadirkan banyak gerakan tarian cowok meskipun para penari umumnya perempuan. Jika dilihat, sepak terjang tarian ini seperti memperhatikan dan bersiap menerkam mangsanya. Sebenarnya, Tari Peule Cinde sama dengan tari dengan lain, ada sesuatu dengan lebih besar jika Tari Peule Cinde dapat maju di setiap zaman, olehkarena itu penggunaannya yang khusus untuk menyambut tamu. Puncak pertunjukan Tari Peule Cinde yakni dengan taburan bunga guna para tamu.

Tarian Batu Nganga adalah tarian dengan memiliki latar belakang akan halnya cerita rakyat. Dikatakan bahwa kisah itu menceritakan mengenai cinta orang-orang terhadap putri raja yang memasuki karang dan permohonan mereka biar sang putri bisa menongol dari batu. Tarian perang merupakan tarian yang dijalani oleh seseorang, dua orang, atau sekelompok orang secara maksud menggambarkan semangat dan cara bertarung menggunakan tangan kosong atau senjata konvensional. Tarian ini ditampilkan dengan tujuan untuk menghibur titisan kerajaan dan menghadirkan kemunculan tamu-tamu hebat dari negeri2 tetangga. Pada saat tersebut fungsi tariannya tidak rumpang berbeda, yaitu untuk menyambut tamu pra-nasional atau mengunjungi penduduk.

Tari pendet merupakan tandak sambutan yang berasal daripada Pulau Dewata, Bali. Tarian ini merupakan salah satu keindahan tradisional yang sangat kesohor dari Bali.

Tarian remo merupakan tarian untuk menyambut tamu di Jember, dengan ditampilkan oleh satu ataupun lebih. Tari Topeng Kuncaran merupakan salah satu tarian yang menceritakan balas mangkal seorang raja karena cintanya ditolak. Tarian topeng itu juga merupakan salah homo jenis tarian topeng yang berbeda dari tarian topeng dari daerah Jakarta.

Namun menurut sumber unik, tarian ini diciptakan beserta rasa terima kasih atas kesembuhan istrinya dari penyakit yang sudah tua. Sehabis acara ini, tarian Datun Julud terus diminati pada masyarakat sekitar dan langsung berkembang ke daerah beda di Sarawak.

Tari pendet sering ditampilkan di acara kebudayaan atau penyambutan tamyu besar. Tarian ini dibawahkan oleh sekelompok penari yang berjumlah ganjil. Keunikan tarian ini terletak pada tanggapan yang berasal dari sepak terjang tangan para penari. Berbeda dengan gerakan tari unik dengan penarinya yang turun bebas, tari saman dibawakan oleh penarinya yang hidup.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …