34+ Tarian Kawasan Tradisional Di Indonesia Beserta Provinsi Asalnya

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian tersebut termasuk jenis tari persahabatan Gorontalo yang umumnya dilakukan 2 hingga 4 orang2 pria dengan gerakan dinamis dan lincah. Tari magasa adalah tarian yang berasal dari masyarakat suku Arfak, Papua Barat.

Tari Lenggang Surabaya itu merupakan adaptasi dari penjelasan kesenian sebelumnya yaitu Tandak Tanda’an atau Ledek Tayub dan juga Sandur Madura. Tari Kataga biasanya terdiri dari 8 orang pria yang mengenakan kostum khas adat Sumba, yang dilengkapi dengan senjata tajam sebagaimana pedang dan perisai. Penampakan mereka terlihat lebih mulia dengan ikat yang melingkar dikepala. Gerakan tari berasa lebih meriah dengan adanya lonceng kecil yang dipasang di badan penari, kecuali itu alat musik kemung yang dimainkan dengan lekas menambah suasana perang nun lebih tajam.

Kaitannya dengan tari tradisional itu ada banyak tarian nun berasal dari daerah dengan berbeda beda. Begitulah seni tradisi, tidak terkecuali tarian daerah di Indonesia.

Tari Pendet merupakan kesenian tari nun berasal dari pulau Bali. Tari pendet adalah suatu pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan tuntunan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, gede maupun gadis.

Ketika dipentaskan, penari umumnya hendak menggunakan alat musik itu sebagai properti. Salah homo jenis tarian yang kerap masuk dalam kliping tarian daerah adalah tari kiriman dari Gorontalo. Kata kiriman diambil dari bahasa daerah Daya Dayango yang berarti menggerakan semua anggota tubuh sambil berjalan.

Tari Balumpa ialah tarian tradisional yang berawal dari Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tarian ini merupakan tarian selamat datang yang ditampilkan oleh penari wanita kegiatan untuk menyambut para tamu agung yang datang ke Kota Wakatobi. Tari Tandak merupakan tarian tradisional yang berasal dari Daerah Riau. Tarian tandak ini termasuk tarian pergaulan yang umumnya dilaksanakan oleh para penari lembut pria dan wanita. Dari banyaknya seni tari di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai keunikan dan kerukunan jenis gerakan tari dan pakaian yang mewakili daerahnya masing-masing.

Tari pasambahan adalah salah satu dari macam tarian daerah yang berasal dari Sumatera Barat. Seperti namanya, tarian ini merupakan ungkapan selamat datang ketika menyimpulkan tamu tidak hanya guna pejabat namun juga untuk pesta pernikahan adat. Itu merupakan tarian adat Gorontalo yang biasanya dibawakan karet remaja dengan diiringi pesawat musik tradisional provinsi Gorontalo juga yakni jenis idofon yang bunyinya berasal dari bagian badan sendiri.

Dengan bergabungnya tanda, maka lingkaran yang terkabul juga akan semakin raksasa. Tari babangsai adalah tarian tradisional Kalimantan Selatan dengan merupakan salah satu tandak ritual suku Dayak Pongsu yang dilakukan di balai adat Pegunungan Meratus. Tarian ini hampir serupa dengan tari kanjar namun tandak babangsai dilakukan oleh cewek. Tarian ini biasanya punya gerakan berputar mengitari poros yakni altar untuk meletakkan sesaji.

Dari tata daerah, tari sigeh pengunten ini diresmikan sebagai tarian Lampung ketika akan menerima tamu penting. Koreografi tarian daerah ini menggunakan faktor dari banyak tari konvensional Lampung ketika ditampilkan. Foto tarian daerah dan asalnya diatas adalah tari manasai yang berasal dari Kalimantan Tengah yang juga disebut sebagai tari selamat datang. Tarian dilakukan oleh pria dan wanita dengan kaum selang seling membentuk lingkungan. Ini merupakan tarian interaktif yang sekaligus juga menghasut penonton untuk ikut menari bersama.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …