34 Tarian Daerah Di Daerah Indonesia, Asal Daerah + Gambar Lengkap!

Tari daerah tradisional indonesia

Kostum yang digunakan dalam tarian ini berbeda-beda, yaitu kostum yang gaya Surabayan, gaya malangan, jombangan, remo putri, dan sawunggaling. Kostum yang digunakan dalam tarian itu adalah baju dari beludru, beserta aksesorisnya. Menurut histori, tarian ini muncul pada saat dibangunnya ibu kota Balambangan. Menurut sejarah, tarian ini diambil dari pengembaraan Prabu Kelana Sewandana nun sedang mencari seorang kecintaan hatinya. Dalam lafal sunda tari ini bernama tari keurseus, sehingga tari nun diajarkan di Wirahmasari ini kemudian dikenal di kurung masyarakat dengan nama tari keurseus.

Tarian ini ialah hasil kreatifitas dari penyatuan beberapa elemen seni kebiasaan, seperti wayang golek, silat silat, kethuk tilu, serta topeng banjet. blogkulo. comTari Golek Menak merupakan macam tari klasik Yogyakarta dengan dibuat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Sekian dari artikel diatas, semoga menjadikan satu inspirasi bagi kita untuk selalu melestarikan budaya dan kesenian yang dimiliki oleh Indonesia. Pulau papua saja termasuk pulau yang diminati oleh para wisatawan indah masyarakat lokal maupun sambil masyarakat luar negeri. Sesuatu itu karena disebabkan unsur tanah Papua masih alami dan asri sehingga banyak orang luar yang minat untuk berkunjung serta akan menjelajahi indahnya pulau tersebut. Pada zaman kerajaan Tuan Amay dengan Putri Owotango dalam acara pernikahannya, disitulah pertama kali tari Kapital menjadi pertunjukan yang dipentaskan untuk mengisi acara pernikahannya. Tari Maengket, juga dikenal dengan tari ritual karena dipakai dan juga sering dipentaskan saat acara keagamaan.

penggarapan tari Golek Menak terbit dari ide sultan sehabis melihat pertunjukkan Wayang Golek Menak yang ditampilkan sama seorang dalang dari lokasi Kedu di tahun 1941. Gerakan pada Tari Cokek ini merupakan gerakan yang luwes dan harmonis, yaitu gerakan tangannya yang gemulai juga pinggul yang bergerak senada.

Fungsi dibanding tari Rampak Bedug yakni sebagai hiburan karena tandak ini dibuat untuk menghibur masyarakat Banten sekaligus meluluskan pesan agar kita melakukan ibadah pada waktunya. photo/RomaDecadeTari tradisional asal Sumatera Barat ini menggunakan properti berbentuk piring-piring yang diayung-ayunkan sepanjang penampilan. Para penari pasti harus konsentrasi penuh supaya piring tidak terjatuh & pecah. Tari Nahar Ilaa, tarian pengikat persahabatan di dalam waktu “panas Pela” kesepakatan kampung untuk membangun.

idwikipediaorgMeskipun banyak perbedaan antara tarian satu beserta tarian yang lain, masing-masing tarian mempunyai daya terima dan keunikan sendiri-sendiri. Tandak Perang, Tarian rakyat guna menyambut para pahlawan dengan pualng dari medan berlaga. Tari perang, Tari nun mempertunjukan dua orang perjaka dalam memperebutkan seorang gadis. Tari Tambun dan bungai, Merupakan tari yang menyuarakan kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh dengan akan merampas panen rakyat. Tari-tarian Daerah Katimantan SelatanTari Baksa Kembang, merupakan tari selamat datang pada tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga.

Dengan catatan petak tersebut tidak lepas dari genggaman tangan. Tari Petak ini merupakan salah homo simbol dari masyarakat Minangkabau. Untuk sejarahnya, nama Gambyong ini diambil dari salah satu nama penari cewek jaman dulu yakni Sri Gambyong.

Jawa Tengah terlahir dengan membawa nama kerajaan Surakarta, begitupun dengan tarian Bedhaya yang digunakan untuk meredakan raja Keraton Surakarta. & biasanya tarian ini dipentaskan untuk merayakan kelahiran putra pejabat. Saat ini tarian ini dapat dipentaskan sambil siapa saja, hal itu terlihat dari banyaknya kontes tari Melinting di Terkatung-katung. Tari Jaipongan diciptakan oleh seniman asal Karawang, yakni H Suanda pada tahun 1976.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …