34 Tari Tradisional Asal Nusantara

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian itu termasuk jenis tari pergaulan Gorontalo yang umumnya dijalani 2 hingga 4 orang-orang pria dengan gerakan bergerak dan lincah. Tari magasa adalah tarian yang berawal dari masyarakat suku Arfak, Papua Barat.

Terutama ada beberapa festival pikiran di lain negara yang menggunakan Tari Yospan tersebut sebagai salah satu hidangan tariannya. Tari ini mulanya adalah tari yang berawal dari Numfor dan Manokwari dari tahun 1060. Guna tariannya sendiri, Tari Piring ini merupakan tari konvensional di Minangkabau. Jadi selain populer karena sering tampak di televisi, tarian tersebut sangat unik dan memukau karena menggunakan piring nun dipadu dengan gerakan nun lincah, teratur dan cermat.

Kaitannya dengan tari tradisional tersebut ada banyak tarian yang berasal dari daerah nun berbeda beda. Begitulah kompetensi tradisi, tidak terkecuali tarian daerah di Indonesia.

Karena gerakannya yang memiliki makna filosofis dan simbolik yang begitu tinggi, tarian ini begitu dihargai sama kesultanan Yogyakarta. Oleh sebab itu, tarian ini sering ditampilkan di dalam acara ulang tahun dan pesta kerajaan. Sesuai secara namanya, tari ini adalah tari yang di pentaskan dengan menggunakan topeng. Hingga kini ada 13 jenis topeng yang digunakan guna menarikan tarian Tari Topeng ini.

Ketika dipentaskan, penari umumnya akan menggunakan alat musik ini sebagai properti. Salah homo jenis tarian yang acap masuk dalam kliping tarian daerah adalah tari kiriman dari Gorontalo. Kata kiriman diambil dari bahasa kawasan Daya Dayango yang berarti menggerakan semua anggota tubuh sambil berjalan.

sahabatnesia. com Tari buyung merupakan tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini dilakukan pada saat daftar puncak upacara seren taun yang dilakukan oleh bangsa Jawa Barat. Tarian ini menceritakan para gadis provinsi yang sedang mandi & mengambil air bersama-sama dalam cegar Ciereng dengan mempergunakan buyung atau yang konvensional disebut dengan kendi. TariTradisional Keurseus sahabatnesia. com Tari keurseus merupakan tarian dengan berasal dari Jawa Barat.

Pada eksistensinya, tidak sedikit tari tradisional di Indonesia yang berubah, baik fungsi maupun bentuknya. Sebagian yang dulunya sakral, harus menjadi bertambah profan agar bertahan. Mampu dibilang, tarian ini merupakan salah satu kesenian pokok Jawa yang begitu tinggi, kuno, dan sangat dihargai. Untuk melakukan gerakan tarian Bedhaya Ketawang, sang penari harus memiliki tingkat keteraturan, keselarasan, kehalusan budi, serta pengendalian diri yang menjulung.

Tarian itu umumnya dilakukan secara massal oleh penari wanita & pria yang saling berurusan tangan dan membentuk kaum memanjang seperti ular oleh karena itu tarian ini juga sering disebut dengan tari ular. Ini merupakan tarian penyambutan atau selamat datang utama Kupang, NTT yang biasanya akan ditutup dengan menyajikan sirih dan pinang serupa simbol penerimaan masyarakat lawan tamu. Dulu, tarian itu banyak digunakan masyarakat Lengkitang untuk menyambut bangsawan, orang2 yang dituakan atau tamu penting. Tari cerana tersebut sangat terkenal juga pada beberapa daerah sekitarnya oleh karena itu bisa dikatakan sebagai tarian daerah yang populer. Itu merupakan tari kreasi baru asal Lampung yakni pengembangan dari tari sembah nun juga merupakan tarian asli dari Lampung.

Dari tata daerah, tari sigeh pengunten ini diresmikan sebagai tarian Lampung ketika akan menyimpulkan tamu penting. Koreografi tarian daerah ini menggunakan point dari banyak tari tradisional Lampung ketika ditampilkan. Pelan tarian daerah dan asalnya diatas adalah tari manasai yang berasal dari Kalimantan Tengah yang juga disebut sebagai tari selamat visibel. Tarian dilakukan oleh adam dan wanita dengan kaum selang seling membentuk lingkungan. Ini merupakan tarian interaktif yang sekaligus juga menghasut penonton untuk ikut menari bersama.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …