34 Provinsi Tandak Adat Tradisional Indonesia Pelan Keterangan

Tari daerah tradisional indonesia

Tari kecak dibawakan oleh puluhan penari laki-laki yang duduk melingkar, membawa kedua tangannya, dan menyerukan “cak” berulang kali. Tarian Hugo dan Huda itu merupakan tarian tradisional daripada Kalimantan Tengah yang dikategorikan dalam tarian ritual agar para dewa menurunkan tahi angin ke bumi. Tarian itu biasanya dilakukan apabila sudah berlangsung musim kemarau dengan cukup lama.

Tarian ini cukup unik olehkarena itu penarinya tidak boleh sukarela orang, karena tarian tersebut hanya dibawakan oleh laki2 yang mendapatkan warisan dibanding orang terdahulu untuk menayangkan tari Kabasaran. Tarian beserta gerakan energik ini luar biasa menarik karena iringan instrumen musik degung yang menyempurnakannya. Zapin adalah tarian rumpun Melayu yang mendapatkan akibat dari Timur Tengah yakni Arab. Tari Zapin adalah arian tradisional dari Riau yang memiliki sifat mengedukasi dan menghibur.

Fungsi daripada tari Dana-Dana adalah tandak pertunjukan yang digelar di dalam saat pernikahan, hajatan, mau pun festival kesenian daerah. Tandak ini pertema kali dipakai untuk mengisi acara ijab kabul Raja Sultan Amay dengan Putri Owotango. Tari itu bisa disebut tari upacara adat karena tari ini digunakan masyarakat Kalimantan Pusat untuk memanggil hujan & mengusir hama tani serta kebun.

deweezz. comTari Tortor merupakan tari yang berfungsi untuk sarana upacara, tarian ini berasal dari Sumatera. Dalam pertunjukannya, tarian ini disajikan dengan iringan musik gondang. Tari Selamat Datang yakni salah satu tarian yang cukup terkenal di Papua. Selain gerakannya yang utama dan lincah, tentu tarian ini kaya akan makna dan nilai-nilai di dalamnya. Dulu sering dipentaskan disetiap acara penting guna mentraktir raja dengan hidangan kue sebanyak 2 kasera.

Pakaian yang digunakan untuk menari adalah pakaian dengan biasa di pakai sambil pengantin putri keraton. Berbeda dengan musik yang mengiringi merupakan alat musik tradisional gamelan. Tari Tradisional Musyoh ini dahulu digunakan dalam menolak arwah kerabat yang meninggal secara tragis dan dilakukan oleh mayoritas kaum pria. Tarian ini pun juga akhirnya dipelajari dan dikembangkan di idtana hingga kesudahannya dinobatkan sebagai tarian tertentu istana.

Asal start tarian ini, dilatarbelakangi sambil ketegangan yang terjadi sempang kerajaan Cirebon dengan negeri Islam. Sunan Gunung Jati sebagai Raja Cirebon saat itu menyuruh seorang suku dari kerajaan yang berasal dari suku bugis untuk mengawasi kerajaan Padjajaran.

Tarian ini memberi pesan bahwa orang Bugis jika kehadiran tamu selalu menghidangkan bosara, juga sebagai bentuk kesyukuran dan kehormatan. Para pengamat dan koreografer tari berpendapat tarian ini bukan sekedar tarian biasa, melainkan satu buah gabungan dari seni musik, seni sastra, dan kecil tari itu sendiri. Tandak saman juga biasa diiringi dengan syair yang kaya akan pesan keagamaan semisal ajaran kebajikan kepada sesama manusia dan makhluk kehidupan. Tari glipang merupakan tari tradisional yang berasal dari Jawa Timur.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …