17+ Tarian Tradisional Indonesia Beserta Gambar & Asalnya

Tari daerah tradisional indonesia

Tari Tradisional Yogyakarta merupakan salah satu tradisi yang khas daripada Kota Pelajar ini. Sepertinya kurang lengkap apabila belum mengupas jenis-jenis tarian kawasan yang berasal dari Yogyakarta ini.

Tarian Tanggai merupakan tarian daerah nun berasal dari Palembang Sumatera Selatan yang kini tumbuh berkembang di Sumatera Selatan yang dimainkan untuk menerima tamu saat hajatan kebiasaan setempat. tari lumenseTak bisa dipungkiri jika Sulawesi adalah provinsi yang sangat ukuran sehingga sangat banyak amat budaya seperti seni tari daerah yang belum jumlah diketahui oleh masyarakat lazim. Untuk Sulawesi tengah otonom memiliki sekitar 3 tarian daerah yaitu tari lumense, tari peule cinde & tarian pamonte. Tari Balumpa adalah tarian tradisional dari Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tarian ini adalah tari persahabatan yang dilakukan oleh penari wanita untuk menyambut kehadiran tamu-tamu agung yang tiba ke Wakatobi.

Tari Tandak merupakan tarian konvensional yang berasal dari Riau. Tarian ini termasuk tarian pergaulan yang umumnya digelar oleh para penari laki-laki dan wanita.

Jenis gerakan tari termasuk sementung lembut dengan perpaduan ritme yang dinamis. Saat ini, tarian adat Puspanjali dipakai dalam penyambutan tamu-tamu kehormatan. Tarian Trunajaya adalah kompetensi tari tradisional dari daerah Bali.

Akan tetapi sekarang jadi dilakukan oleh 4 – 7 penari wanita dan beberapa pria untuk permainan alat musik. Busana dengan digunakan adalah kebaya yang terang dan berkilau ketika terkena lampu. Tari remong atau yang biasa dikenal sebagai dengan tari remo ialah tarian yang menggambarkan seorang pangeran yang berjuang pada medan perang.

Tari Tayub ada tarian pergaulan nun bermakna untuk memperkuat hubungan sosial masyarakat. papuakini. coTari Cakalele adalah tari konvensional dari Provinsi Maluku. Tarian ini merupakan macam tarian perang yang sering dipentaskan dalam penyambutan tamu atau ketika pembukaan acara adat. Tidak tau kapan pertama kali tari cikalele mulai tersedia, yang jelas tari cikalele sekarang menjadi terkenalsebagai satu diantara icon budaya Maluku. seringjalan. comTari Dinggu adalah tari tradisional dari Sulawesi Tenggara.

Tari adat Topeng adalah tandak khas betawi yang dimainkan untuk menyambut tamu etis dan istimewa. Tari Selampit Delapan adalah tarian persahabatan yang berasal dari Jambi. Tari ini dilakukan sama para penari wanita mau pun pria yang masih berusia muda. Dalam kehidupan warga Jambi, tari daerah Selampit Delapan digunakan untuk memperkukuh hubungan antar manusia.

Penggunaan piring untuk tarian ini tidak hanya sekadar di pegang, tapi dalam genggam di bagian besok sehingga terlihat lebih magis dan unik. Tarian ini di tarikan dengan kerangka piring menengadah dan bukan pernah jatuh. Hal inilah yang membuat penari tandak piring harus benar-benar berilmu untuk bisa menarikan tandak ini dengan indah. Bentak atau tari Caci / adalah tari perang sekaligus permainan rakyat antara sepasang penari laki-laki yang berjuang dengan cambuk dan perisai di Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Penari yang bersenjatakan cambuk bertindak untuk penyerang dan seorang yang lain bertahan dengan menggunakan perisai.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …