150+ Tarian Daerah Tradisional Nusantara Beserta Daerah Asalnya

Tari daerah tradisional indonesia

Kata serimpi sendiri memiliki arti 4 meski terkadang bisa ditarikan hingga 5 orang nun dinamakan serimpi renggowati. Tari piso surit adalah tarian dari suku Batak Karo, Sumatera Utara yang masuk dalam jenis tari terlindung datang oleh kelompok penari wanita dan pria. Nama piso surit sendiri diambil dari kata peso surit yang berarti burung yang senang bernyanyi. Tari moyo merupakan tarian daerah Nias, Sumatera Utara yang pula disebut dengan tari elang sebab gerakannya terlihat seperti gerakan burung elang meski tarian ini dilakukan oleh wanita. Tarian moyo dianggap sudah ada sejak ratusan tahun lalu yang lepas hanya ditampilkan untuk masyarakat bangsawan saja.

Pertarungan tersebut salah satunya dapat terlihat dari tarian daerahnya. Tari perang ini masuk dalam jenis tarian group dan bahkan bisa jadi tarian kolosal sebab bukan ada batas jumlah penarinya.

Tarian ini dikerjakan para wanita dengan baju petani yang menurut sejarahnya sudah ada sejak tahun 1957. Tarian ini diciptakan oleh seorang seniman besar, putra asli daerah Sulawesi Tengah bernama Hasan. M. Bahasyua yang terinspirasi dari kebiasaan para gadis puak Kaili tersebut. Jika disamakan dengan provinsi lain, Sulawesi Tengah memiliki luas dengan lebih besar sehingga juga memiliki suku bangsa nun bervariasi dengan kebudayaan nun juga berbeda beda.

Ini merupakan tarian daerah Kabupaten Bayuasin, Sumatera Selatan yang bercerita akan halnya persahabatan masyarakat Banyuasin nun dihuni banyak agama serta suku. Tarian ini memiliki makna yang penting akan halnya sikap gotong royong mendampingi sesama manusia yang lantas dijadikan pertimbangan tari kipas serumpun ini. Dari kaum sumber mengatakan jika tarian ini adalah tarian mahligai yang biasa dilakukan malam hari. Zaman dulu wax ini berfungsi sebagai ungkapan rasa syukur rakyat secara pencapaian yang sudah diperoleh. Namun seiring perkembangan zaman, tarian ini tidak cuma tampil dalam acara adat namun juga ditampilkan untuk bentuk kesenian dan rekreasi.

Tari Piring biasanya digunakan untuk menyambut kedatangan tamu agung di Sumatera Barat ataupun acara-acara kebudayaan masyarakat setempat. Nusantara Menari tahun ini dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi, yang menggabungkan kaum gerakan tari tradisional Nusantara dan modern. Selain itu, juga diiringi lagu daerah dari Aceh, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Maluku, Sulawesi Utara, dan NTT. Tarian Betawi merupakan tarian khas yang menjadi satu diantara keindahan masyarakat kota Jakarta.

Huda huda merupakan nama tarian daerah Sumatera Utara lebih tepatnya dari Kabupaten Simalungun. Tarian ini akan dipertunjukan tatkala upacara kematian orang yang sudah lanjut usia dengan tujuan untuk menghibur rombongan yang ditinggalkan dan juga para pelayat. Semula, tarian ini hanya diperuntukan kira keluarga kerajaan saja. Tapi dengan seiring berjalannya waktu, tarian ini juga sudah dipakai masyarakat dari berbagai famili sosial.

Tarian ini adalah gabungan dari unsur tari dan juga sastra yang dibawakan oleh pria & wanita ketika malam perian. Tarian daerah ini sering juga disebut dengan beksan lawung saja yang adalah tarian tradisional kraton Yogyakarta. Biasanya, tarian akan dijalani 16 orang yang semuanya pria terdiri 2 orang-orang botoh, 4 orang jajar, 4 orang pengampil, 4 orang lurah dan dua orang salaotho. Tari serimpi adalah tarian daerah Yogyakarta yang dipertunjukkan oleh 4 orang wanita.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …