15 Tarian Tradisional Indonesia Yang Paling Dikenal

Tari daerah tradisional indonesia

INDONESIA mempunyai ragam kebudayaan yang mencirikan masing-masing daerah. Tak lekang oleh waktu, tari konvensional mampu bersaing dengan tandak modern. Ini adalah cela satu tradisional yang pas menjadi legenda di Beranda Mekah tersebut. Yang menjabat tarian ini adalah adam, tarian ini adalah tarian yang pertama muncul di Aceh juga memiliki kaul unik dan sangat kental sekali dengan budaya di Aceh.

Selain inovasi trik, tata rias dan yang lain, gerakan ini juga sdha menggunakan properti yang lebih modern. Tari Perang Papua via ShutterstockKesenian tradisional utama Papua ini berangkat dari peperangan antar suku nun terjadi di masa kemudian. Para leluhur pun kemudian membuat tarian ini beserta tujuan memberikan semangat karet pasukan Papua. Karena ini, biasanya kesenian ini ditarikan oleh laki-laki gagah beserta pakaian adat tradisional karena perlengkapan perang.

Jika dalam Minahasa tarian ini dikerjakan oleh pria dan cewek serta memakai atribut selendang. Sementara di Maluku hanya dilakukan wanita dan mempergunakan sapu tangan ketika menari. Tari topeng ireng adalah satu diantara tarian daerah Jawa Tengah khususnya, Borobudur, Magelang. Ketuk tilu merupakan tarian hiburan atau pergaulan nun menjadi cikal bakal tandak jaipong. Dari catatan sejarahnya, tarian daerah ini lepas dilakukan untuk menyambut panen padi sebagai bentuk mengecap syukur pada Dewi Sridewi yakni dewi padi di kepercayaan masyarakat Sunda.

Tari Jaipong merupakan salah satu tarian utama daerah Jawa Barat. Tarian ini pun lebih biasa di kalangan masyarakat umat Betawi. Yang membedakan tandak Jaipong dengan jenis tari daerah lainnya adalah gerakannya yang sangat dinamis juga atraktif.

Tarian tersebut biasa ditampilkan sebagai pembukaan pertunjukan dalam pergelaran kesenian Ludruk atau tarian luput datang untuk menyambut tamu-tamu yang baru datang. Pada umumnya, tari ini dibawakan oleh penari laki-laki secara gerakan yang gagah & juga berani. Sebagai satu seni, tari daerah harusnya berperan sebagai sarana sandiwara masyarakat. bai daerah saat ini, tarian tradisional bisa digunakan utnuk menarik wisatawan guna mengembagkan pariwisata kawasan setempat. Adapun ciri-ciri tarian daerah kreasi baru ialah dibuat dari salah satu jenis tari tradisional nun sudah melewati beberapa restorasi gerakan.

Kata lenso sendiri berguna sapu tangan sehingga digunakan sebagai atribut ketika menari. Tarian ini tidak cuma terkenal di kalangan warga Maluku namun juga guna masyarakat Minahasa, Sulawesi Utara. Tetapi tari lenso pada kedua daerah ini sedikit memiliki perbedaan.

Segala suku yang ada di Sumatera Utara tersebut juga tentunya memiliki adat dan kebudayaan yang berbeda beda sebagaimana salah satunya tarian kawasan. Sulawesi Tenggara dihuni beserta masyarakat yang sangat heterogen yang terdiri dari umat Tolaki, Muna, Buton, morenene dan juga Wawonii. Terdapat beberapa tarian daerah Sulawesi Tenggara yang sangat menarik untuk dilihat seperti beberapa jenis tarian berikut ini. Tari saureka reka adalah jenis tari pergaulan dari provinsi Maluku yang dilakukan muda mudi yakni adam yang memainkan gaba serta perempuan menari sambil meninggalkan gaba tersebut. Gaba gaba sendiri merupakan pohon tepung yang dipakai untuk milik atau atribut menari sekaligus sebagai musik pengiring tarian.

Sama halnya dengan di Indonesia, tarian daerah merupakan hasil cipta karya seni dari ssuatu budaya. Sebagai negara dengan memiliki banyak daerah nun terdiri atas kepualaun, maka Indonesia juga memuliki jenis tari daerah yang beda dan merupakan ciri utama setiap daerah. Umumnya, tarian ini ditampilkan pada upacara-upacara adat tertentu. Dulu, tari Perang dilakukan untuk menyampaikan semangat anggota suku dengan akan pergi berperang. Akan tetapi, pada perkembangannya, kini tandak Perang dipentaskan untuk menyambut tamu undangan yang visibel ke Papua.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …