15 Macam Suku Di Indonesia Yang Wajib Tersua, Dari Daerah Asal Hingga Keunikannya

suku budaya

Misalnya, budaya Jawa setelah Kesultanan Mataram Islam banyak dipengaruhi oleh pikiran Arab yang dibawa sama pedagang-pedagang dari Jazirah Arab. Sistem penanggalan Jawa apalagi memiliki keterkaitan erat secara sistem penaggalan Hijriyah Agama islam dari Arab. Mereka saja memiliki keberagaman dari sudut cara hidup, dialek, dan struktur sosial. Populasinya terbuka menjadi dua, yakni masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dan di pedalaman. suku bangsa atau etnik merupakan suatu golongan khalayak yang anggota-anggotanya mengidentifikasi dirinya dengan sesama.

Hasil dari mobilitas penduduk menderas perubahan komposisi suku di suatu wilayah. Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk atau kenaekaragaman suku dan bangsanya. Pakistani – Etnis ini dikenal juga dengan sebutan Khoja, Koja, Kujo, dan Tambol. Orang Koja umumnya berasal dari daerah Cutch, Kathiawar, dan Gujarat, India yang beragama Agama islam, tetapi mereka lebih memilih2x Pakistan daripada India karena faktor agama.

Gambaran dari puak ini yaitu dengan baju adatnya yaitu menggunakan tilam sarung dan kebaya. Kecuali pakaian adat, suku itu juga terkenal dengan anak-anakan ondel-ondel yang menjadi maskot Suku Betawi dari DKI Jakarta. Kedatangan bangsa Arab menyebabkan akulturasi budaya (republika. co. id)Keberagaman dapat saja muncul dari pengaruh kebudayaan asing yang berpadu serta membentuk akulturasi dua unsur kebudayaan hingga menciptakan pikiran baru dengan ciri tertentu berbeda.

Suku kedapatan berdasarkan garis keturunan dengan ditentukan dari tradisi, kaidah, budaya, dan kesamaan petunjuk. Berdasarkan situs resmi Badan Pusat Statistik tahun 2010, Indonesia memiliki sekitar 1. 340 suku bangsa. Busana adat tradisional di Indonesia adalah nilai-nilai budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Masyarakat di pegunungan kian banyak menggantungkan kehidupan dari pertanian, sehingga berkembang roh sosial budaya masyarakat petani penggarap. Masyarakat di pantai memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan berkembang kehidupan sosial masyarakat nelayan.

Di samping itu saja terdapat peninggalan warisan leluhur antara lain Masjid Agung Banten Lama, Makam Keramat Panjang, dan masih penuh peninggalan lainnya. Suku Betawi umumnya bertempat tinggal pada wilayah Jakarta karena adalah keturunan penduduk di Batavia sejak abad ke-17 loh Detikers. Suku ini juga termasuk suku terkenal pada antara suku lainnya di Pulau Jawa dan memiliki maskot berupa boneka ondel-ondel. Mungkin suku ini sebagai yang paling dikenal diantara suku-suku lainnya di Pulau Jawa.

Karean itu adanya usaha untuk dapat mewujudkan kerukunan bisa dilakukan dengan menggunakan dialog & kerjasama dengan prinsip pertimbangan, kebersamaan, toleransidan juga sama-sama menghormati satu sama unik. Sebagian besar anggota bangsa memeluk Agama Islam dengan semangat religius yang sangat tinggi, tetapi pemeluk agama lain dapat hidup berdampingan dengan damai. Potensi serta kekhasan budaya masyarakat Banten, antara lain Seni Bela Diri Pencak Silat, Debus, Rudad, Umbruk, Tari Tudingan, Tari Topeng, Tari Cokek, Dog-dog, Palingtung, dan Lojor.

Keberagaman yang ada di dalam masyarakat bisa menjadi simpanan bangsa Indonesia dan potensi bangsa. Namun, keberagaman juga menjadi tantangan hal tersebut disebabkan karena orang nun mempunyai perbedaan pendapat dapat lepas kendali. Munculnya perasaan kedaerahan serta kesukuan nun berlebihan dan dibarengi gerakan yang dapat merusak persatuan, hal tersebut dapat merusuhkan keutuhan NKRI.

About Willion

Check Also

Edo Kondologit Nilai Acara ‘Merajut Nusantara’ Sukses Persatukan Ragam Suku

Ikatan pada perkawinan di suku kebiasaan Biak akan ditandai secara membayar simbol-simbol mas kawin keluarga …