13 Kesenian Wilayah Jawa Tengah Beserta Gambar Dan Penjelasannya

kesenian jawa

Dengan begitu wilayah yang beribukotakan Semarang ini bertambah pendapatan daerahnya. Ada perguruan silat bernama Kali Majapahit yang berasal dari Filipina dengan anggotanya dari Asia dan Amerika. Silat Kali Majapahit ini mengklaim berakar dari Kerajaan Majapahit kuno yang disebut menguasai Filipina, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Silat Jawa lainnya adalah Perisai Diri yang didirikan oleh almarhum R. M. Soebandiman Dirdjoatmodjo, putra bangsawan Keraton Paku Alam.

Teknik silat Perisai Diri mengandung unsur 156 aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia ditambah dengan aliran Shaolin dari negeri Tiongkok. Merpati Putih dan silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah juga diciptakan oleh orang Jawa. Terakota Majapahit adalah kerajinan tanah liat era Majapahit. Seni Terakota adalah satu karakter budaya pada masa Majapahit yang cukup terkenal dan banyak ditemukan. Hasil seni ini berupa arca, bak air, jambangan, vas bunga, hiasan atap rumah, genteng, dinding sumur, kendi, atau celengan.

Tari Serimpi adalah tari jawa klasik yg berasal dari daerah Surakarta. Awalnya dulu, tari Serimpi dibawa oleh Kesultanan Mataram yang kemudian dilestarikan dengan empat istana pewarisnya seperti di Jawa Tengah serta Yogyakarta. Usia disi putra menjadi hal yang bernilai untuk mengenalkan segala ragam kesenian yang ada pada Jawa Tengah. Karena dalam usia masih anak : anak, segala informasi oleh mudah diserap oleh mereka.

Tari Seblang ini sebenarnya merupakan tradisi yang begitu tua, hingga sulit dilacak asal-usulnya. Namun, sejak tahun 1639, masyarakat pada Desa Bakungan sudah menggelar tradisi Seblang. Di industry tempat diadakannya ritual Seblang ada amben untuk menaruh boneka nini towok, bunga-bunga, hiasan sampai sesajen. Tetapi, Jaran Bodhag berbeda, dikarenakan, kesenian ini menggunakan kuda tiruan yang terbuat dri kayu dan rotan dan dibuat seperti kuda asli. Pertunjukan Srandul biasanya digelar malam hari, lengkap oleh iringan musik gamelan serta alat musik lainnya, dan tembang lagu Jawa Dalam.

Tariannya dilakukan dengan menaiki kuda kepang dengan senjata tombak dan pedang. Tarian terkait menggambarkan prajurit yang jadi berangkat ke medan perang, dahulu merupakan tarian penyalur semangat kepahlawanan dari keturunan prajurit Diponegoro. Seni Reog Ponorogo ini terdiri dri 2 sampai 3 tarian pembuka. Tarian pertama pada umumnya dibawakan oleh 6-8 pria gagah berani dengan pakaian serba hitam, dengan muka dipoles warna merah. Pada Indonesia, Reog adalah salah satu budaya daerah yg masih sangat kental oleh hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan.

Walau cantik, Ratna Manggali bukan jua diperisteri orang dikarenakan beberapa pemuda takut oleh Calon Arang yang tukang santet. Dengar hal tersebut, Calon Arang selanjutnya perbuat pembalasan dengan menyebar penyakit aneh ke kesemua jamaah yang berada di Desa Daha. Di akhir atraksi, beberapa penari akan lemparkan beras kuning serta logam benggol. Beras kuning yg ditaburkan untuk menyingkirkan sepenuhnya bala serta masalah. Sesaat, logam benggol untuk menarik hati rakyat supaya tena memberi dukungan serta taat pada pemerintah yang tengah berkuasa.

Namun, seiring dengan eksploitasi zaman, masyarakat juga mengetahui Tari Angguk yang bermula dari Kulon Progo, DO-IT-YOURSELF, yang ditampilkan oleh penari wanita dengan kostum yg berbeda. Kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang mulailah adalah Ketoprak yang adalah pentas sandiwara dari Kota Surakarta. Dharmasraya – Malam kedua pagelaran Festival Pamalayu di komplek Candi Padang Roco Sungai Lansek Nagari Siguntur masih dipadati dengan pengunjung dari berbagai kota di Dharmasraya.

Dalam pertunjukannya, reog terkait mainkan lakon yang menceritakan prajurit Panji Asmara Wujud pergi ke arah rimba untuk melakukan bedhag memancing. Perselisihan diawali saat Ratna Manggali mendapatkan cibiran dri beberapa pemuda kampung tuk wanita tidak laris.

Sangat disayangkan jika putra – anak di Jawa Tengah sudah dikenalkan budaya dan kesenian asing saat masih kecil. Propinsi Jawa Tengah memang terkenal oleh berbagai keseniannya, mulai dri kesenian warisan zaman kerajaan sampai kesenian pasca kerajaan. Hampir semua kesenian ini dijaga atau dilestarikan sampai ke anak cucu. Bahkan beberapa kesenian daerah Jawa Tengah menjadi pusat perhatian dunia internasional yang kemudian bisa dikemas jadi objek wisata. Akibatnya, banyak turis asing yang berdatangan di kota dan kabupaten di daerah Jawa Tengah.

Pengunjung bertambah dominan berasal dari kalangan muda-mudi yang cinta jadi kesenian berasal dari sudut ranah cati nan tigo. Kemah Budaya Pantura 2019 ini diikuti kurang bertambah 90 peserta yang terdiri atas para pelajar, mahasiswa, komunitas/sanggar kesenian, dan penduduk umum. Tak ketinggalan wujud juga Ki Ompong Sudarsono asal Temanggung yang didapuk menjadi pemateri seni pedalangan wayang kontemporer dan course membatik diampu tim dri Batik Sendang. Aktivitas tersebut meliputi seni teater, seni tari, seni batik, serta seni pedalangan. Salah satunya tipe kesenian reog seperti reog rampak galuh jati.

Kesenian srandul memiliki kekhasan tersendiri dibanding kesenian yang yang lain, yakni para pemain mengenakan kostum yang compang-camping, tetapi ada pula di kota lain kostumnya cukup indah. Pertunjukan dilaksanakan pada malam hari, para pemainnya memanfaatkan topeng karena untuk menyamarkan identitas diri pemain. Tuk jumlah penari tidak disyaratkan, namun untuk kostum yg biasa digunakan adalah kostum kemben yang sebahu dilengkapi dengan selendang. Pada mulanya tarian ini sangat identik dengan warna kuning serta hijau.

About Willion

Check Also

12 Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah Yang Sangat Populer

Tari Barong Blora adalah salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Blora. …