12 Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah Yang Sangat Populer

Tari daerah tradisional indonesia

Penari yang memiliki senjata pecut berlaku sebagai penggempur dan lainnya bertahan secara memakai tameng. Tari ini ditampilkan saat musim pengetaman dan ritual setiap tahun baru, atau upacara kebiasaan lainnya, serta dipertunjukkan buat menyambut tamu istimewa.

Tari Tandak adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Riau & Kepulauan Riau. Tarian itu tergolong tarian pergaulan yang biasanya ditampilkan oleh karet penari pria dan penari wanita.

Tandak Ende Lio Seperti tarian yang lainnya Tari Ende Lio juga termasuk satu tarian daerah yang merupakan rasa melalui tatanan kenyat-kenyut dan irama musik di lagu. Kesenian yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur ini biasanya dipentaskan pada berbagai upacara adat serta acara pernikahan.

Tarian ini sering ditampilkan di bermacam-macam acara seperti penyambutan tamu penting, festival budaya, bahkan promosi wisata. Tarian Balumpa merupakan satu diantara tarian tradisional yang berasal dari wilayah Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tarian ini termasuk tarian supel yang dilakukan oleh penari wanita untuk menyambut tamu terhormat yang telah datang ke sana. Tarian Balumpa itu adalah satu diantara tarian tradisional paling terkenal di Sulawesi Tenggara, khususnya daerah Wakatobi.

Tarian ini sering ditampilkan dalam berbagai acara diantaranya menyambut tamu penting, presentasi kesenian, dan festival budaya. Satu lagi tari kawasan populer yang berasal daripada Bali, yakni tari Pendet.

Tarian ini umumnya ditampilkan sebagai tari penyambutan / selamat datang untuk menyimpulkan tamu negara atau kehormatan. Tari pendet kebanyakan dibawakan oleh penari wanita ini memiliki gambaran membawa mangkuk yang berisi bermacam bunga saat menari.

Tari Sekapur Sirih adalah salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal pada daerah Jambi dan lazimnya ditampilkan untuk menyambut kehadiran tamu terhormat yang tiba ke sana. Tari Kapital adalah salah satu tarian tradisional dari daerah Gorontalo. Tarian ini termasuk jenis tarian pergaulan masyarakat dengan biasanya ditampilkan oleh penari pria maupun penari wanita. Selain itu tarian ini juga merupakan perpaduan akal budi Islam dan budaya masyarakat setempat, hal itu terlihat dari gerakan penari & pengiringnya.

Dengan berbusana konvensional melayu mereka menari beserta gerakannya yang khas dan diiringi oleh lagu & alunan musik pengiring. Tari Tandak ini merupakan cela satu tarian tradisional dengan cukup terkenal di wilayah Riau dan Kepulauan Riau.

Tarian ini biasanya acap ditampilkan di berbagai daftar, baik acara adat mau pun acara budaya yang diselenggarakan di sana. flickr. com Tari Caci adalah tandak perang juga permainan rakyat diantara sepasang penari laki2 yang berperang dengan dadap dan cambuk di Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …