12 Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah Yang Sangat Naik Daun

Tari daerah tradisional indonesia

Penari yang memiliki senjata pecut berlaku sebagai penggempur dan lainnya bertahan secara memakai tameng. Tari itu ditampilkan saat musim panen dan ritual setiap tahun baru, atau upacara kebiasaan lainnya, serta dipertunjukkan untuk menyambut tamu istimewa.

Tari Balumpa ini ialah salah satu tarian tradisional dengan cukup terkenal di Sulawesi Tenggara, khususnya daerah Wakatobi. Tarian ini sering ditampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu penting, sandiwara seni, dan festival budaya. Tari Pontanu adalah tarian tradisional yang berasal dari daerah Donggala, Sulawesi Pusat. Tari Pontanu merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Sulawesi Tengah, khususnya di kawasan kabupaten Donggala.

Tandak Ende Lio Seperti tarian yang lainnya Tari Ende Lio juga termasuk sebuah tarian daerah yang mengindikasikan rasa melalui tatanan pulsa dan irama musik di lagu. Kesenian yang berawal dari Ponorogo, Jawa Timur ini biasanya dipentaskan pada berbagai upacara adat & acara pernikahan.

Terdapat 2 hingga tiga jenis tarian yang ditampilkan, dengan tarian utamanya adalah penampilan penari dengan memakai topeng kepala negeri singa. Hebatnya, si penari mampu membawa topeng yang memiliki berat sekitar kilogram itu dengan enteng. Jadi, banyak orang menyebut adegan itu dibantu oleh “makhluk halus”. Tari Reog sendiri menjadi salah satu tari ciri khas dari warga Jawa yang cukup dikenal. Bagi masyarakat Jawa yang merantau, bisa ikut menuntun kebudayaannya ini, dan terus melestarikannya dengan memainkan tarian tradisional sesuai dengan kebiasaan istiadat mereka.

Tarian ini sering ditampilkan dalam berbagai acara diantaranya menyambut tamu penting, sandiwara kesenian, dan festival budaya. Satu lagi tari wilayah populer yang berasal dari Bali, yakni tari Pendet.

Tari Dana ialah salah satu tarian tradisional dengan cukup terkenal di Gorontalo dan sering ditampilkan di berbagai acara seperti penyambutan, perayaan hari besar & lain-lain. Tari Balumpa merupakan tarian tradisional yang bermula dari daerah Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tarian ini termasuk tarian pergaulan yang ditampilkan oleh penari wanita untuk menyambut para tamu tertinggi yang datang ke sana.

Tari Sekapur Sirih adalah salah satu tarian konvensional yang cukup terkenal dalam daerah Jambi dan lazimnya ditampilkan untuk menyambut kemunculan tamu terhormat yang tiba ke sana. Tari Kiriman adalah salah satu tarian tradisional dari daerah Gorontalo. Tarian ini termasuk macam tarian pergaulan masyarakat nun biasanya ditampilkan oleh penari pria maupun penari wanita. Selain itu tarian tersebut juga merupakan perpaduan pikiran Islam dan budaya bangsa setempat, hal itu tampil dari gerakan penari dan pengiringnya.

Tari Lenso merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Maluku dan acap ditampilkan di berbagai daftar yang bersifat adat, rekreasi, maupun pertunjukan seni akal budi. Tari Kipas Pakarena ialah salah satu tarian konvensional yang berasal dari wilayah Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini dibawakan oleh para penari wanita dengan berpakaian adat dan menari beserta gerakannya yang khas serta memainkan kipas sebagai atribut menarinya. Tari Kipas Pakarena merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan, terutama di daerah Gowa.

Tarian ini biasanya acap ditampilkan di berbagai daftar, baik acara adat mau pun acara budaya yang diselenggarakan di sana. flickr. com Tari Caci adalah tandak perang juga permainan kaum diantara sepasang penari cowok yang berperang dengan tameng dan cambuk di Flores, Nusa Tenggara Timur, Nusantara.

About Willion

Check Also

Anggota Nct 127 Belajar Tari Daerah Serta Gunakan Pakaian Tradisional Tatkala Berkunjung Ke Indonesia

Kegiatan daerah selalu menjadi ajang guna mengkampanyekan budaya lokal agar terus dikenal oleh generasi muda …