12 Tarian Kawasan Aceh Terpopuler

Tari daerah tradisional indonesia

Berkat kelincahan dan keramahannya, ia sangat dikenal oleh kurung para seniman tari pada daerah-daerah lain. selain tersebut, dirinya berharap bisa membuat para perempuan muda guna berkarya lebih baik, serta menjaga budaya daerah masing-masing yang di anggap sebagai identitas diri. Berlatarbelakang untuk mahasiswa Akuntasi Fakultas Perekonomian Universitas Tanjungpura tak menghalanginya untuk berkarya sebagai penari. Berbagai kota dan negeri ia jelajahi untuk sandiwara mulai tari daerah, tarian Melayu, Dayak, dan Tionghoa.

Tari Bosara, merupakan tarian untuk menyimpulkan para tamu terhormat. , dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati.

Tari yapong adalah Jenis tarian kontemporer yang melambangkan tentang senang cita dan pergaulan masyarakat Betawi di khususnya dalam Jakarta. Karena sifatnya nun cukup sakral, penarinya saja sudah dipilih oleh rombongan kerajaan. Namun ketika Negeri Mataram pecah, tarian itu mulai mengalami sedikit perubahan dari segi gerakan tapi inti dari tarian serimpi ini masih sama. Tari Serimpiadalah tarian klasik nun bersifat cukup sakral yang menggambarkan kesopanan dan kelelembutan.

Bukan hanya gerakan tangan, karet penari pun saling berbagi tugas, antara memberi isyarat, menyanyikan lagu dan yang lain. Di beberapa daerah tandak memiliki makna yang beraneka ragam, misalnya saja sebagai ritus keagamaan, untuk penyambutan tamu hingga untuk memperingati hari-haru tertentu. Tari sendiri merupakan gerakan tubuh yang diselaraskan bersama iringan musik, dan tari sendiri termasuk kecil pertunjukan yang cukup ternama di Indonesia.

Selain ikut ambil bagian dalam acara Indonesia Menari, Brandon juga memiliki cara lain untuk menjaga budaya Indonesia. Brandon mengeluarkan, sebagai seniman baik pelaku maupun musisi harus bisa memasukkan “percikan” Indonesia. “Semoga generasi muda bisa uniform mempertahankan seni tari pada daerah masing-masing lebih menyodorkan dan menjaga budaya ketimbang memilih aktifitas yang bukan bermanfaat, ” tutup Nadia di akhir wawancara.

Pendet ialah pernyataan dari sebuah persenbahan namun dalam bentuk tarian upacara. Awalnya, tarian ini merupakan tari pemjaan dengan banyak diperagakan di bandar. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata kea lam dunia.

Selanjutnya adalah tarian Sigale-gale dari suku Batak Samosir di Sumatra Utara. Tarian ini bertujuan untuk mengulurkan arwah orang yang sudah meninggal ke tempat peristirahatan terakhirnya. Karena itu pula tarian ini masih terus dikerjakan dan dilestarikan. Tapi tahukah kamu kalau beberapa tarian tradisional Indonesia juga menyimpan kisah mistis dibaliknya. Sebab itu pulalah 7 tarian ini terus dilestarikan biar para leluhur tidak susah hati.

Jakarta – Bangga menjadi keturunan Indonesia dengan memiliki banyaknya keindahan panorama, keanekaragaman hayati, kekayaan alam, budaya dan bahasa yang berasal dibanding keberagaman suku, semua kita miliki. Kebanyakan tari daerah yang lain penari melakukan pulsa bebas, tapi berbeda dengan tari saman yang dibawakan dengan cara duduk beserta menonjolkan gerakan tangan.

Sejarah tandak Yapong bermula ketika dipertunjukkan untuk memeriahkan acara ulang tahun Jakarta ke-450 pada 1977 lalu. Tarian tersebut sendiri memiliki nuansa gembira dengan gerakan yang dinamis. Tarian ini dilakukan sambil satu orang pria atau lebih sesuai dengan kebutuhan. Gerakkan tari ini tempak gemulai. Tarian topeng menyuarakan tentang seorang rasa nun balas dendam karena cintanya yang ditolak.

Tarian kawasan merupakan tarian yang diwariskan dari nenek moyang, hidup dan berkembang disuatu wilayah tertentu, hingga berubah sebagai suatu tradisi yang memiliki nilai keunikan yang kudu dilestarikan. Dari sekian banyaknya tarian yang diciptakan sama Raden Tjetje Somantri, kiranya tari Merak ini merupakan tari yang terkenal pada Indonesia dan luar negeri. Tidak heran kalau seniman Bali juga, diantaranya mahasiswa ASKI Denpasar menciptakan tari Manuk Rawa nun konsep dan gerakannya intim mirip dengan tari Merak. UKDW LATAR BELAKANG. Sebagai tempat wisata dan kursus tentang alat musik tradisional jawa. BAB I PERMULAAN A. Latar Belakang Masalah Indonesia merupakan negara kepulauan dengan berbagai suku golongan dan budaya yang beraneka ragam.

Karet penonton juga sering masuk menari namun dalam keadaan mabuk. Sesudah itu, tarian diubah oleh Sunan Kalijaga sehingga menjadi sarana sasaran dengan ajaran untuk mempertimbangkan Tuhan.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …