12 Tarian Daerah Aceh Terpopuler

Tari daerah tradisional indonesia

Tarian ini merupakan tarian yang paling dikenal di masyarakat luas. Tari Jaipong itu merupakan tarian pergaulan di masyarakat Sunda. Dari kisah perjuangan atas hak perempuan itulah, Wiwik Widiastuti terinspirasi membuat tarian ini. Wiwik sendiri merupakan orang Yogyakarta, namun atas kecintaannya terhadap budaya, ia menciptakan tarian ini.

Kalau engkau mencari tarian klasik khas Jawa Tengah, coba deh menyaksikan pertunjukan tari Serimpi. Konon, tari Serimpi bermula dari masa kejayaan Kerajaan Mataram pada tahun 1600-an dan biasa dipentaskan di dalam lingkungan keratin guna ritual kenegaraan ataupun teguran kenaikan tahta sultan. Perpecahan Kerajaan Mataram menjadi Tempat Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta mengakibatkan munculnya beberapa jenis tari Serimpi. Tari Yapong sendiri berusaha menceritakan pikiran masyarakat Betawi di Jakarta.

Tari yapong adalah Jenis tarian semasa yang melambangkan tentang suka cita dan pergaulan bangsa Betawi di khususnya dalam Jakarta. Karena sifatnya dengan cukup sakral, penarinya saja sudah dipilih oleh rombongan kerajaan. Namun ketika Negeri Mataram pecah, tarian ini mulai mengalami sedikit perubahan dari segi gerakan tetapi inti dari tarian serimpi ini masih sama. Tandak Serimpiadalah tarian klasik nun bersifat cukup sakral yang menggambarkan kesopanan dan kelelembutan.

Tak hanya gerakan tangan, getah perca penari pun saling berbagi tugas, antara memberi titah, menyanyikan lagu dan yang lain. Di beberapa daerah tandak memiliki makna yang bermacam2, misalnya saja sebagai ritual keagamaan, untuk penyambutan tamu hingga untuk memperingati hari-haru tertentu. Tari sendiri adalah gerakan tubuh yang diselaraskan bersama iringan musik, serta tari sendiri termasuk kecil pertunjukan yang cukup ternama di Indonesia.

Selain ikut tinggikan bagian dalam acara Nusantara Menari, Brandon juga mempunyai cara lain untuk menjaga budaya Indonesia. Brandon mengatakan, sebagai seniman baik pemain film maupun musisi harus bisa memasukkan “percikan” Indonesia. “Semoga generasi muda bisa wajar mempertahankan seni tari pada daerah masing-masing lebih memajukan dan menjaga budaya ketimbang memilih aktifitas yang tidak bermanfaat, ” tutup Nadia di akhir wawancara.

Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persenbahan namun dalam bentuk tarian upacara. Awalnya, tarian tersebut merupakan tari pemjaan dengan banyak diperagakan di pura. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata kea lam dunia.

Namun, karena budaya Betawi pun sedikit banyak menyeruput budaya Tionghoa, maka kamu gak perlu heran bila melihat unsur-unsur budaya Tionghoa dalam tari Yapong. Suri paling nyata yang bisa kamu lihat adalah di dalam kain yang dikenakan getah perca penari di mana ditemui motif naga serta ragam merah yang identik beserta budaya Tionghoa.

Jika dipandang dari sejarahnya, tarian itu memang merupakan tradisi pernikahan adat masyarakat Gorontalo yang dijadikan sebagai sarana di molihe huali yakni mengikuti atau mengintip calon perempuan. Dalam tataran kebudayaan nusantara, topeng sendiri memiliki silsilah yang panjang yang telah ada sejak zaman pra sejarah. Warna, guratan roman dan juga bentuk daripada topeng memberikan simbol dari berbagai macam sifat manusia dari mulai baik, sombong, bijaksana dan sebagainya. Lepas tarian ini sempat dianggap negatif sebab gerakan serta adegan tari yang disebut bisa mengundang birahi.

Dari Maluku dan Papua, kita memiliki alat musik artistik bernama Tifa. Sama-sama dimainkan dengan cara dipukul, Tifa kerap dihias secara warna yang cantik khas Papua. Sasando merupakan instrumen musik khas daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Bermakna alat yang bergetar atau berbunyi, Sasando dimainkan beserta cara dipetik seperti harpa. Suara yang dihasilkan tidak kalah indah dari alat musik serupa, seperti harpa atau kecapi.

Sedangkan tari kawasan merupakan suatu daerah yang berasal atau terbentuk daripada masyarakat di daerah khusus. Tarian daerah ini berwatak turun-temurun dan sudah jadi budaya yang terus dilestarikan oleh masyarakat sekitar untuk warisan nenek moyang. Tarian pertama biasanya dibawakan 6 hingga 8 pria keji dengan pakaian serba hitam dengan muka dipoles warna merah. Apabila Teman Traveler ingin menyaksikan kesenian konvensional berikut, kalian bisa mengunjungi Banyuwangi untuk melihat Kegiatan Gandrung Sewu. Perhelatan kolosal yang diadakan tiap simpulan tahun ini melibatkan lebih dari seribu penari serta seniman tradisional.

Getah perca penonton juga sering ikut menari namun dalam kondisi mabuk. Sesudah itu, tarian diubah oleh Sunan Kalijaga sehingga menjadi sarana sasaran dengan ajaran untuk mengingat Tuhan.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …