12-15 Makanan Tradisional Khas Jawa Timur, Dijamin Menggugah Selera

kesenian jawa barat

Hampir semua kesenian ini dijaga atau dilestarikan hingga ke anak cucu. Malahan beberapa kesenian daerah Jawa Tengah menjadi pusat atensi dunia internasional yang lalu bisa dikemas jadi objek wisata. Akibatnya, banyak turis asing yang berdatangan pada kota dan kabupaten pada daerah Jawa Tengah. Oleh begitu wilayah yang beribukotakan Semarang ini bertambah pendapatan daerahnya.

Walaupun begitu, konon katanya mereka berdua tena bertemu di alam gaib. Tujuan diciptakannya tarian terkait untuk menyemangati 4 prajurit perang yang saat tersebut yang sedang berlatih. Sesuatu ini terlihat dengan gerakan-gerakan para penari yang gagah perkasa sedang membawa tombak dan tameng. Pakaian yg digunakan untuk penari Serimpi adalah pakaian yang lumrah digunakan pengantin putri keraton. Tari Serimpi berasal dri Yogyakarta, konon katanya tarian ini sedikit bernuansa Mistis.

Etnis terbesar keenam hingga kesepuluh yaitu Sunda (1, 29%), Bugis (0, 77%), Batak (0, 56%), Flores (0, 38%) dan Bali (0, 33%) serta suku-suku sebagainya dari berbagai daerah pada Indonesia. Etnis Sunda, A dan Bali di Kalteng juga terdapat di wilayah-wilayah transmigrasi, namun jumlahnya bukan sebanyak etnis Jawa. Etnis Bugis di Kalteng segenap besar merupakan kelompok Bugis Pagatan dari Kalimantan Selatan yang merantau ke Kalteng. Etnis Batak di Kalteng terdapat di wilayah perkotaan baik sebagai pegawai serta birokrat, maupun di pedalaman sebagai pekerja tambang serta sawit. Lahan yang besar saat ini mulai didominasi kebun Kelapa Sawit yg mencapai 700. 000 ‘.

Asal muasalnya tarian ini dibuat ketika Bupati Kendal menikah dengan Dewi Rantamsari yang biasa dijuluki Dewi Lanjar. Akhirnya mereka berdua berpisah, Sulandono jadi petapa sedangkan Sulasih jadi penari.

Perkebunan karet dan rotan rakyat masih tersebar nyaris diseluruh daerah, terutama pada Kabupaten Kapuas, Katingan, Pulang Pisau, Gunung Mas serta Kotawaringin Timur. Banyak yg belum diketahui, dengan gaya wilayah pantai, gunung/bukit, dataran rendah dan paya, seluruh macam vegetasi tropis mendominasi alam daerah ini. Orangutan merupakan hewan endemik yg masih banyak di Kalimantan Tengah, khususnya di otoritas Taman Nasional Tanjung Puting yang memiliki areal menggapai 300. 000 ha pada Kabupaten Kotawaringin Barat serta Seruyan.

Semenjak saat itu, Suku Dayak menjadi lebih mengenal situasi zaman dan mulai bergerak. Tahun 1928, kedua organisasi tersebut dilebur menjadi Pakat Dayak, yang bergerak di dalam bidang sosial, ekonomi serta politik. Mereka yang ikut serta aktif dalam kegiatan ini ialah Hausman Babu, Anton Samat, Loei Kamis. Lalu dilanjutkan oleh Mahir Mahar, C. Luran, H. Nyangkal, Oto Ibrahim, Philips Sinar, E. S. Handuran, Amir Hasan, Christian Nyunting, Tjilik Riwut, dan masih melimpah lainnya. Pakat Dayak meneruskan perjuangan, hingga bubarnya pemerintahan Belanda di Indonesia.

Tari tayub banyak dilakukan di kota Jawa Tengah seperti Sragen, Karanganyar, Pati, dan Blora. Pada upacara pernikahan, tari tayub diselenggarakan saat mempelai pria dipertemukan dengan mempelai wanita. Fungsi ritual tari Tayub yang berkaitan oleh pertanian adalah saat pra petani usai melakukan panen padi.

Ketoprak merupakan ukuran teater tradisional yang dipentaskan di atas panggung. Cerita yang dipentaskan berlatar belakang kisah kerajaan, dongeng, babad, legenda, sejarah, dan cerita rakyat. Awalnya kesenian terkait berawal dari permainan orang-orang desa yang sedang menyuguh diri. Mereka menabuh lesung secara berirama saat sewaktu bulan purnama. Propinsi Jawa Tengah memang terkenal oleh berbagai keseniannya, mulai dri kesenian warisan zaman kerajaan sampai kesenian pasca kerajaan.

Terdapat beruang, landak, owa-owa, beruk, kera, bekantan, trenggiling, buaya, kukang, paus air tawar, arwana, manjuhan, biota laut, penyu, bulus, burung rangkong, betet/beo serta hewan lain yang bervarietas tinggi. Pada masa penjajahan, suku Dayak di kota Kalimantan Tengah, sekalipun sudah bersosialisasi dengan pendatang, tetapi tetap berada dalam lingkungannya sendiri. Serikat Dayak serta Koperasi Dayak, bergerak hidup hingga tahun 1926.

Awalnya tarian ini ditunjukkan saat penggantian raja pada beberapa Istana Jawa Dalam. Menurut cerita masyarakat, tarian ini dapat menghipnotis pra penonton menuju ke alam lain.

Pendopo juga dipakai untuk membahas acara adat atau hajatan-hajatan tertentu. Oleh ini, pendopo memiliki melimpah fungsi sebagai wujud terdepan rumah adat Jawa Timur.

Joglo Pangrawit memiliki ciri khas yang lebih fine detail dari Joglo Sinom. Griya Joglo Pangrawit memiliki atap yang menjulang dan mengerucut dengan setiap sudutnya yg memiliki pilar. Meski wujud minoritas etnis Jawa, tetapi pengaruh Madura yang sungguh-sungguh kuat menyebabkan karakter budaya di wilayah ini bertambah beraroma Madura daripada etnis lain. Orang-orang tapal kuda juga sangat identik oleh Islam tradisional yang merujuk pada pengkut organisasi Nahdatul Ulama. Kebudayaan Lamongan serta Gresik banyak dicirikan oleh kebudayaan Islam, yang diketahui dengan kebudayaan SANTRI.

About Willion

Check Also

5 Kesenian Khas Indonesia Dari Berbagai Kota Halaman All

Ketua Angguk Buiza Ayudio, Syahputra mengungkapkan bahwa kesenian yang spesial dikarenakan di dalam musiknya mengandung …