117++ Tandak Daerah Seluruh Provinsi Indonesia

Tari daerah tradisional indonesia

Tari karangan merupakan olah kreatif contoh tari nusantara sesuai secara perkembangan jaman. Tarian ini merupakan hasil kombinasi harmonis antara nilai tradisional dengan klasik dan nilai modern yang relevan.

Saat menari, suasana akan terasa mencemaskan karena sang penari sebagaimana dimasuki oleh makhluk halus. Pertunjukan ini sering sebagai tontonan wisatawan baik provinsial maupun internasional.

Ketiga, karena gerakannya sigap maka penari tidak larat terlihat sedih dan harus ceria. Tari merupakan satu buah seni yang dilakukan secara menggerakkan tubuh dengan rusuk irama yang dilakukan ditempat dan pada waktu tertentu. Menurut pendapat para ahli, tari merupakan sebuah gerak tubuh yang selaras & seirama yang dilakukan dengan maksud dan tujuan unik. Tarian dilakukan berpasangan sempang perempuan dan laki-laki, nun kemudian dikenal dengan ‘paju‘. Sambil mengenakan selendang & mahkota khas Blambangan, karet penari berlenggak-lenggok dengan seimbang.

Rencana melihat langsung pertunjukan tandak di atas di daerahnya masing-masing? Pada saat itu pun Banten masih biasa dan diakui secara luas dengan pendekar dan jawaranya, sebutan untuk orang-orang yang mahir dalam ilmu silat. Sebagian besar anggota bangsa memeluk Agama Islam beserta semangat religius yang luar biasa tinggi, tetapi pemeluk kepercayaan lain dapat hidup bergandeng tangan dengan damai.

Tarian campak ini mulai berkembang di dalam masa bangsa Portugis menduduki Bangka Belitung dulu. Tarian ini asalnya dari Jawa Tengah, yaitu berasal dibanding Kasunanan Surakarta. Namun, tarian Beksan Wireng ini diciptakan oleh Prabu Amiluhur. Gerakan dari Merak jantan lah yang lebih banyak implementasinya dalam tarian ini. Soalnya sifat dari Merak nyali besar untuk memikat betinanya secara mengembangkan bulu ekornya, tampak indah.

Potensi & kekhasan budaya masyarakat Banten, antara lain Seni Jaga Diri Pencak Silat, Debus, Rudad, Umbruk, Tari Tudingan, Tari Topeng, Tari Cokek, Dog-dog, Palingtung, dan Lojor. Di samping itu juga terdapat peninggalan warisan zuriah antara lain Masjid Agung Banten Lama, Makam Keramat Panjang, dan masih jumlah peninggalan lainnya. Tari emap juga sering dipentaskan untuk hiburan untuk berbagai macam kegiatan seperti penyambutan tamu terhormat atau pesta pernikahan dan lainnya.

Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman dari Aceh dikembangkan oleh Syekh Sangkaan, seorang ulama yang bermula dari Gayo di Aceh Tenggara. Mereka yang tahu tarian Indonesia penuh secara gerak tari yang terpadu dan komposisi yang selaras. Suku Jawa dikenal karena kelembutan dan juga keluwesannya, terutama Jawa Tengah.

Di tahun 1950-an Raden Tjetjep Somantri nun merupakan seorang koreografer tersebut menciptakan gerakan dari Tandak Merak. Kehidupan dari kalkun Merak ini diimplementasikan sama Raden Tjetjep Somantri itu ke dalam gerakan tarinya.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …