100 Tarian Tradisional Indonesia Beserta Daerah Asalnya

Tari daerah tradisional indonesia

Diantaranya yaitu rebana hadroh, rebana pati, dan rebana ketimpring. Satu hal lain tentang tandak dari Jakarta ini ialah bahwa meskipun tari itu cukup baru namun wajar ada modifikasi yang beredar. Modifikasi dari tari tersebut alias Yapong Kreasi Segar memiliki tata gerak dengan sangat bertolak belakang secara unsur Betawi tradisional.

Tandak Serimpi memang tak sesakral tari Bedhaya, namun seharga orang-orang yang dipilih oleh keraton saja yang bisa mementaskan tarian ini. Mampu dikatakan kesakralan dari tari ini sama sakralnya dengan pusaka dan benda-benda adipati dari zaman dahulu nun saat ini berada pada dalam keraton.

Tari Sampiung berasal dari Jawa Barat, ini juga termasuk tarian yang terkenal di Jawa Barat. Tari ini ditujukan untuk upacara-upacara penting sebagaimana pesta panen, rebo wekasan, ngaurat, dan juga seren tahun. Tarian ini umumnya diperankan oleh wanita dan dalam tari Merak ini penari mengenakan kostum yang mirip seperti brung merak dan sangat berwarna warni terlihat sangat cantik. Sejarah mencatat bahwa tari Ledek adlah salah satu tarian yang diselenggarakan untuk memohon agar tanah di kawasan tersebut subur. Kisahnya menceritakan tentang para penjajah yang mengalami kemunduran karena terpaksa oleh perjuangan masyarakat.

Tidak hanya menggunakan piring dalam melaksanakan aksi tarian yang dikerjakan loh, tari ini juga melambangkan suasana gotong royong yang terhubung diantara masyarakat. Penari dalam memerankannya amat terasa sekali semangat persahabatan saat tarian tersebut diselenggarakan.

Tarian ini menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Tari Kecak adalah pertunjukan seni khas Bali yang diciptakan pada 1930-an dan dimainkan oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh puluhan penari laki-laki yang duduk berbaris, melingkar dengan tala tertentu sambil menyerukan ‘cak’ dan mengangkat kedua tubuh.

Namun terdapat asal mula alunan musik yang harus digunakan sama penari ini, yaitu satu iringan dalam Tari Sanghyang. Jika ada suara selain dari mulut penari, pastilah itu berasal dari aksesoris kaki para pemain tokoh Ramayana. Meskipun terjadi reparasi dari segi gerakan, Tarian Serimpi ini masih memilki inti atau makna tarian yang sama. Lemah pelan pada setiap gerakan nun dilakukan oleh para penari menggambarkan kesopanan dan polah santun yang dimiliki oleh masyarakat sekitar.

Tari Serampang Dua Belas, Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan lengkara ala Amerika Latin. Tari Selamat Datang, tari nun mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati. Jadi,, tari Pendet bisa dikatakan untuk bentuk persembahan dalam bentuk tarian, bukan berbentuk suguhan seperti yang biasa dijalani. Saat menari tari gatzi, masyarakat Marind akan mengenakan pakaian yang dibuat daripada serat daun sagu serta daun kelapa muda. Namun Nisa yang berasal daripada suku sunda menyebutkan tandak ketuk tilu jaipongan dan tari merak.

Tarian menunjukkan latihan perang para tamtama Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan sedang membawa tombak / lawung. Tari Tandak merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di wilayah Riau. Tari Balean Dadas, Merupakan tarian guna menunggu kesembuhan bagi mereka dengan sakit, tarian ini berasal dari daerah kalimantan pusat. Tari Zapin Tembung, Adalah suatu tari pergaulan pada masyarakat Kalimantan Barat. Tari Yopong merupakan tari persembahan untuk menghormati tamu negeri yang bersal dari kawasan Betawi Jakarta.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …