10 Tari Tradisional Indonesia Yang Paling Ternama

Tari daerah tradisional indonesia

Seni tari Jaipong sekarang menjadi ikon Jawa Barat serta kerap dipentaskan pada acara-acara resmi maupun non formal. Selain itu, alunan musik tradisional gamelan khas Cirebon yang semakin keras pula menjadi lambang karakter wajah yang diperankan penari. Petunjuk tarian serimpi adalah pakaiannya yang sopan serta gerakan wanita yang lembut & lemah gemulai. Biasanya tarian dilakukan oleh 1 keluarga yang terdiri dari 4 orang penari wanita.

Tarian khas dari Jawa Barat ini dikenal secara gerakan yang dinamis dan atraktif karena berasal dibanding gabungan pencak silat, tandak ronggeng dan tari ketuk tilu. Biasanya tarian ini dibawakan secara per orangan atau grup dan ditampilkan saat penyambutan tamu raksasa hingga festival budaya.

Tari Giring-Giring yang berasal dari Kalimantan Tengah juga tidak larat ketinggalan untuk masuk di dalam salah satu dibanding 34 tari tradisional usul Indonesia. Menggunakan tongkat untuk atributnya, tarian ini diperagakan sebagai bentuk ekspresi kebahagiaan dan rasa senang bangsa setempat.

Apalagi, tak jarang tarian tersebut sering mengundang gelak tawa para penonton karena petunjuk dan ciri khas yang dimilikinya. Tarian ini menggambarkan ungkapan rasa putih membenang masyarakat dalam menyambut tamu. Tarian daerah ini lazimnya dibawakan oleh 9 orang-orang penari perempuan, 3 orang-orang penari laki-laki, 1 orang yang bertugas membawa payung, serta 2 orang penunggu.

Tarian ini adalah tarian sosial dari komunitas Betawi untuk memeriahkan resepsi tradisional mereka. Tarian Cokek adalah kombinasi dari tarian tradisional Cina, Sunda, Betawi dan pencak silat. Trik dalam Tari Cokek adalah gerakan yang harmonis serta fleksibel, yang dengan gerakan tangan anggun dan pantat yang bergoyang mengikuti irama. Selain itu, sesekali sang penari juga memainkan unsur bajunya sehingga sang penari terlihat anggun dan menawan.

Menyimpulkan dengan wajah putih jernih menunjukkan keramahan untuk getah perca tamu terhormat. Tarian tersebut menggambarkan perasaan hati yang putih dalam menyambut tamu. Umumnya ditarikan oleh 9 penari wanita, dan 3 penari pria, 1 orang-orang bertugas membawa payung dan 2 penjaga.

yang berikutnya adalah wilayah dari Bali yang ter yang tersebut cukup dikenal mencecah wisatawan yakni tarian kecak. Tari kecak swasembada memiliki sebutan tari kebakaran atau tari cak yang mana tarian ini akan menunjukkan hiburan massal yang menggambarkan sebuah seni tanpa memilikinya iringan gamelan maupun instrumen musik. materibelajar. co. idUntuk yang pertama adalah tarian yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam, di mana Aceh memang sangat kesohor dengan tari saman meuseukat. Adapun berdasarkan tradisinya, tarian Indonesia dibagi lagi dalam dua kelompok utama, yaitu tari tradisional dan tandak kontemporer. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dibagikan daftar nama-nama tarian konvensional Indonesia dari 34 daerah lengkap beserta asal daerahnya.

Pada budaya Lubuk Linggau, Jaras dalam pernikahan tradisional digunakan sebagai tempat untuk mengemasi barang-barang yang telah diminta oleh pengantin wanita sebagai mahar dari perkawinan. Jaras dalam kelompok mempelai pria biasanya akan dibawa sambil wanita, baik ibu ataupun anak perempuan. Ini terjadi karena ketika budaya diimplementasikan ke dalam bentuk tarian. Dalam perkembangannya, tarian guel mulai tenggelam, namun Guel menjadi tarian tradisional, bahkan dalam upacara tradisional khusus. Guel sepenuhnya menghormati bentuk alami, lingkungan yang lantas berkumpul sedemikian rupa melalui gerakan simbolik dan tekanan (suara) ritmis.

Tarian tradisional Gopala biasanya dilakukan oleh 4 sampai 8 orang penari pria. Tari Legong adalah tarian klasik Bali yang sejarahnya ditujukan untuk lingkungan negara Bali. Iringan musik tari Leong menggunakan gamelan bali atau alat musik semar pegulingan. Tari Jaipong ialah tarian tradisional Jawa Barat yang cukup terkenal di Indonesia. Jaipong merupakan kinerja kreatifitas seniman bernama Gugum Gembira yang mengolah sepak terjang tarian Ketuk Tilu.

Tari Saman masuk ke dalam macam-macam tari tradisional yang sudah amat terkenal. Tari Saman adalah tarian daerah yang bermula dari Provinsi Aceh, tepatnya dimiliki oleh Suku Gayo. Tari piring khas Sumatera baratBukan hanya makanan & juga adat yang utama Sumatera barat jika memiliki tarian populer yaitu tandak piring. Tari piring ini sendiri memang menggunakan kekayaan eigendom piring pada saat melakukan gerakan tarian. Tari petak sendiri, dulu akan dikerjakan oleh para pria serta perempuan untuk persembahan daripada rasa syukur mereka dikarenakan hasil panen yang melimpah.

Biasa disebut tari kewarganegaraan karena tari ini diciptakan oleh masyarakat Papua tandak untuk menyambut tamu kehormatan yang datang maupun sebagai tari penghibur masyarakat Papua. Tarian ini merupakan tandak pergaulan yang sering dikerjakan oleh pemuda pemudi Gorontalo. Tarian Polopalo dibagi jadi dua jenis, yakni konvensional dam modern yang masing-masing memiliki perbedaan. Banten merupakan provinsi yang termasuk baru dari pemekaran provinsi Jawa Barat berdasarkan Undang-undang 23 Tahun 2000. Banten memiliki ragam seni budaya nun menjadi ciri khas, dikategorikan kesenian tari.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …