10 Tari Daerah Terpopuler Di Nusantara

Tari daerah tradisional indonesia

Tari-tari daerah tersebut mesti dilestarikan dan dijaga agar tidak punah. alangkah baiknya para generasi muda pula ikut melestarikan tarian utama Nusantara tersebut. Tari Serat Londong dari Sulawesi Barat juga termasuk ke pada jenis tarian perang.

Tari Jaipong juga sepadan dengan alat musik kemung dan gendang karena nyanyian alat musik inilah dengan mendominasi. Namun untuk saat ini tarian gambyong juga dipakai untuk acara suci dan sekaligus sebagai penghargaan kepada tamu. Selain konde para penari juga mengenakan aksesoris Jawa lainnnya diantaranya sisir jeram saajar, garudha mungkur, centhung, cundhuk mentul dan tiba dhadha.

Tari ini memang sangat ikonik di Bali, namun perlu terlihat bahwa tari ini tadinya tidak untuk dipentaskan pada kalangan masyarakat umum. Dulunya tari Pendet digunakan sebagai salah satu bentuk daftar keagamaan, yaitu sebagai simbol penyambutan Dewa yang sepi ke bumi. Komposisi tarian dan musikalnya terus melalui perkembangan dari zaman ke zaman, tanpa menghilangkan unsur orisinalitas dari tari tersebut.

Peringatan itu bertujuan untuk mengingatkan seluruh penjuru dunia, bahwa masing-masing negara dan daerah memiliki kesenian tari yang beda dan wajib dilestarikan. Tari  Bosara adalah tarian untuk menyambut para tamu terhormat. Tarian ini dimainkan oleh sekelompok penari yang berjumlah sekitar 70 orang-orang yang berbaris melingkar. Petunjuk tarian ini terlihat dibanding para penarinya yang dibakar api namun tidak terbakar. Ditunjuk seorang syaikh untuk mengatur gerakan pada tandak ini, orang yang sama saja bertugas menyanyikan syair untuk pengiring tarian ini ketika dipentaskan.

Untuk mengikuti tarian ini pun para penari wanita diusahakan tidak sedang keadaan mendapat kain camar. Apabila dua suku kata tersebut disatukan maka arti yang dimaksud adalah penari wanita yang berasal daripada istana langit. Macam-macam Tarian Daerah dan Penjelasannya – Di Indonesia ada bermacam-macam macam kebudayaan tradisional nun berbeda-beda untuk setiap daerahnya. Salah satu contoh tamadun daerah di Indonesia nun beraneka ragam adalah tarian.

Tari Saman merupakan kesenian dengan berasal dari Suku Gayo di Aceh, tapi tarian ini tepatnya dikembangkan sambil seorang ulama dari Gayo, bernama Syekh Saman. Tandak Gatzi ini bisa dijalani oleh laki-laki dan perempuan, juga anak-anak dan orang-orang dewasa. Masyarakat menari tari gatzi dari budaya Merauke ini dengan diiringi sigenting tifa.

Beberapa kegiatan tertentu seperti Festival Kesenian Bali dikenal sebagai medan ternama bagi seniman tari Bali untuk menampilkan tandak kreasi baru karya mereka. semakin mengenal banyak tarian tradisional negeri, sayangnya anak2 jaman sekarang tidak banyak yang mau menggali dan mengembangkannya. Demikian tadi pertemuan mengenai tarian tradisional dari indoesia yang sangat penuh.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …