10 Candi Terindah Di Indonesia Menyimpan Sejarah Dengan Asik Untuk Ditelisik Candi Terindah Di Indonesia

Candi

Lantaran berada satu kompleks secara Candi Prambanan, maka wisatawan bisa membeli tiket merasuk di loket Candi Prambanan. Tiket itu bisa digunakan pengunjung untuk bisa tiba ke candi-candi yang ada dalam komplek candi prambanan termasuk candi ini. Daripada seluruh bangunan candi dengan ditemukan di Situs Cibuaya yang paling menarik adalah bangunan candi di Sementung Duhur Lanang.

Candi ini memasukan dua tangga berada di sisi tenggara dan timur laut. Tangga yang berada di sisi tenggara dibangun lebih besar dari tangga yang berada di sosok timur laut. Di sesi atas sisa bangunan nampak susunan bata yang berdenah lingkaran konsentris, yang prospek berbentuk layaknya sebuah gedung stupa. Tiga bangunan candi dalam kompleks Candi Prambanan didedikasikan untuk Dewa Siwa, Wisnu dan Brahma, tanda dari Trimurti dalam pandangan Hindu.

Bangunan nun dibuat dari bata ini berdenah hampir bujursangkar secara ukuran 9 × 9, 6 meter dan semampai dua meter, menghadap di arah barat laut dengan tangga berukuran lebar 2, 2 meter. Bagian fondasinya dibuat dari pecahan bata yang bercampur dengan kerikil dan batu kali. Pada bagian puncak runtuhan gedung Lemah Duhur Lanang ditemui sebuah lingga yang tetap berdiri in-situ.

Bentuk lingganya sendiri bukan merupakan bentuk lingga yang sempurna olehkarena itu tidak memiliki bagian nun berdenah segi delapan. Dengan ditemukannya lingga dalam konteksnya dengan bangunan suci serta arca Wisnu yang terlihat di dekatnya, dapat disimpulkan bahwa bangunan Lemah Duhur Lanang adalah bangunan tembus pandang untuk pemeluk agama Hindu. Di kompleks candi tersebut, wisatawan bakal disuguhi hamparan bangunan candi dengan relief dan ornamen yang menawan. Uniknya, pintu masuk candi ini bisa ditemukan di empat arah mata siklon, namun jika dilihat daripada tata letak bangunan candi, pintu masuk utama terdapat di sisi timur. Anda bisa menemukan candi tersebut hanya dengan melewati urut-urutan Yogja – Solo karena letak candi tak rumpang dari jalan tersebut.

Di di setiap pintu masuk candi dipelihara oleh sepasang patung Drawapala. Candi Asem adalah pula salah satu situs yang terletak di kompleks percandian Batujaya. Situs ini masa ini masih dalam tahap peninjauan akan bentuk asli konstruksi ini. Sayangnya karena hampir rata dengan tanah, kondisi bangunan ini sedikit selit-belit dikenali. Namun dari pikiran yang pernah dilakukan, candi ini berdenah bujur sangkar berukuran 10 X 10 m.

Karet pengunjung jangan kaget kalau menemui Candi Sambisari tampak kecil karena Candi Sambisari memang letaknya 6, 5 meter lebih rendah dibanding wilayah sekelilingnya. Serta diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Garung. Kompleks candi ini memiliki 1 ekses candi induk dan 3 buah candi pendamping. Kaki alas pada bangunan candi induk digunakan sekaligus sebagi alas karena memang candi ini tidak mempunyai alas. Namun jika dilihat dari adat letak bangunan candi, gerbang masuk utama berada di sisi timur.

About Willion

Check Also

Sepekan Operasi Patuh Candi 2020, Polda Jateng Jaring Ribuan Pelanggar

Foto by Rohit GuptaDi dala candi terdapat empat patung Krishna yang merupakan gambaran dari Dewa …