√ Six Kesenian Tradisional Bernuansa Mistis

kesenian tradisional

Tari tradisional ini berasal dri daerah Cirebon dimana tarian ini bersifat komedi serta bertujuan untuk menghibur pra penikmat seni. Tarian terkait ditarikan oleh orang laki-laki namun memakai aksesoris, kostum dan dandanan layaknya wanita.

Sanghyang tidak hanya menjadi sebuah seni teater tetapi juga menjadi tradisi yang memiliki makna khusus. Sanghyang ini ditarikan secara religius dalam acara yang khusus untuk menolak bahaya, bencana dan penyakit. Ciri khas dari seni teater ini adalah memasukan unsur magis di dalamnya.

Sejatinya, hampir semua tari tradisional yang bermula dari Jawa Timur terkait memiliki filosofi yang memikat dan erat kaitannya dengan kebudayaan atau pun adat istiadat. Ditarikan berkelompok sekitar orang, penari prianya bernama Kecak dan penari wanita dinamakan Janger. Laju modernisasi yang terbendung, tidak lantas membuat kesenian rakyat tradisional tersebut menjadi punah, masyarakat Bali tetap bisa menjaga berbagai budaya serta kreatifitas seni sampai saat ini. Tari Gambyong merupakan salah satu kesenian tradisional khas Jawa Tengah. Tarian ini ditampilkan dengan gerakan lemah lembut penari yang memiliki kelenturan tubuh.

Cara penyamaran ini di gambarkan serta dilestarikan melalui tari tradisional ronggeng Bugis yang diiringi oleh gendang, kelenang, krecek dan gong kecil. Tari Glipang menjadi salah 1 tari tradisional yang log in ke dalam daftar kesenian tradisional khas Jawa Timur.

Sulandono memadu kasih dengan sulasi seorang putri dari desa kali salak. meskipun demikian, konon mereka masih bisa bertemu melalui alam ghaib. Dengklung merupakan kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang berasal dari Kabupaten Batang. Kesenian religi agama Islam ini berbentuk lantunan salawat yang dinyanyikan sekelompok penyanyi wanita atau pria. Musik dari alat-alat khas Timur Tengah seperti rebana mengiringi pertunjukan Dengklung ini.

Tari serimpi merupakan tari tradisional yang menjadi identitas untuk daerah Yogyakarta dalam aspek seni gerak. Pada zaman dahulu tarian ini kerap dipertunjukan untuk menyambut awd adanya acara pergantian Cisura di daerah Jawa Dalam. Cirikhas dari tarian serimpi ini adalah setiap penari wanitanya memakai pakaian pengantin seperti pengantin putri keraton. Tarian ini akan menggambarkan seorang wanita yang mempunyai kepribadian yang santun serta beretika serta menjunjung banyak harkat dan martabat. Sesuatu ini akan digambarkan dri jenis geraknya yang sungguh-sungguh lemah gemulai dan diiringi oleh musik gamelan.

Dahulu, tarian ini dilakukan saat masa panen sebagai wujud rasa syukur petani atas hasil panen. Menjadi salah satu bagian dari seni pertunjukan, nyatanya Ludruk masuk ke dalam daftar kesenian tradisional khas Jawa Timur. Kesenian tradisional yang satu ini rasanya sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Sanghyang merupakan salah satu macam kesenian daerah dalam bidang teater dan dipadu padankan dengan tarian.

Dan kesenian tradisional yang bernuansa mistis yang terakhir adalah kesenian sintren atau yang dikenal juga dengan nama lais. Yakni tarian dengan aroma mistis atau magis yang bersumber dari cerita cinta kasi sulasi dengan sulandono.

Para penari ini pun akan menari dan membuktikan gaya bahasa tubuh misalnya perangai seorang wanita. Tari tradisional Bugis ini mempunyai sejarah yang berkaitan oleh Sunan Gunung Jati yg berkedudukan sebagai Raja Cirebon. Saat itu, terjadi ketegangan antara Kerajaan Cirebon oleh Kerajaan Padjajaran yang adalah Kerajaan Islam. Raja Sunan Gunung Jati akhirnya menyuruh kerabat kerajaan dari suku Bugis untuk menyamar menjadi seorang penari untuk mengawasi Kerajaan Padjajaran.

Menariknya, tarian satu terkait dijadikan sebagai suatu identitas untuk masyarakat Probolinggo, Jawa Timur hingga saat terkait. Daftar kesenian tradisional khas Jawa Timur yang jadi dibahas pertama adalah Seni Tari.

About Willion

Check Also

√ Pengertian Seni Tradisional, Ciri, Jenis, Cabang Dan Fungsinya

Dalam setiap harinya sebagaiselaku, ala, menurut, sadar maupun tidak paham apapun yang kita perbuat dan …