√ Four Kesenian Tradisional Cirebon Yg Hampir Punah

kesenian tradisional

Seni tradisional adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu. Tradisional adalah gerakan dan tingkah laku yang keluar alamiah karena kebutuhan dari nenek moyang yang terdahulu. Karena sifatnya yang lekat dengan hidup masyarakat, seni tradisional harus bersifat aktual. Untuk menjaga aktualisasi seni tradisional langkah-langkah preservasi perlu dilakukan agar seni tradisional tidak musnah. Kesenian tradisional yang satu ini merupakan tarian yang mirip dengan Tari Jaipong dari Provinsi Jawa Barat.

Sasando ini menyerupai seperti kecapi yang dimaini dengan cara dipetik melalui suara yang sangat khas. Kesenian tradisional Cirebon di sini. digunakan untuk menyebarkan petunjuk islam dari jalan kesenian.

Saat pementasannya, tari yang biasa dibawakan oleh tujuh orang penari perempuan itu diawali melalui instrumen seperangkat gamelan. Dibuka oleh gender, selanjutnya disusul dengan slentem bersama oklik. Kini tari genjek ini sering dipentaskan dalam even-even tertentu dengan menyertakan selbstlaut wanita dan sejumlah suara gamelan, sehingga terdengar indah dan terlihat unik. Kesenian lenong ini sudah amat dikenal sebagai kesenian dalam lahir dari daerah sembrono Betawi. Lenong memiliki cirikhas berupa penggunaan bahasa dalam kental dengan logat Betawi serta diisi dengan banyolan dan cerita komedi dalam akan menghibur para penonton.

Musik ini dulu dimainkan saat upacara adat, pengiring tari dan dimanfaatkan sebagai bentuk komunikasi dalam dikemas dalam bentuk lagu yang bersahut-sahutan. Musik tradisional ini berasal dari Nusa Tenggara Timur yang berposisi di Pulau Rote. Töne ini dimainkan saat formalitas penyambutan tamu dan seperti hiburan saat ada acara-acara yang dibuat oleh penduduk setempat.

Penari wanita dan penari pria menari bersama dengan seutas selendang yang terjuntai di bagian bahu masing-masing. Penari kemudian harus menaiki kendi yang dibawa, dan tidak boleh pecah. Tari Bondan Payung dibagi menjadi tiga jenis, yakni Tari Bondan Cindongo, Tari Bondan, Mardisiwi, dan Tari Bondan Tani. Tarian ini pun hingga saat ini masih menjadi kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang tetap dilestarikan. Siapa sih yang tak mengenal pertunjukan kesenian boneka khas Indonesia ini?

Wayang Kulit dimainkan oleh seorang dalang yang tampil di balik tirai berbayang. Kesenian tradisional ini juga sudah dimainkan sejak dahulu hingga saat ini pun masih tetap dibuat pertunjukan nya sehingga tetap lestari keberadaan nya. Sumber cerita Ketoprak didapat dari sejarah maupun cerita rakyat yang terkadang diselingi juga dengan komedi. Pemain yang tampil menggunakan baju adat dan diiringi dengan alunan instrumen alat musik khas Jawa Tengah.

Meskipun dijadikan sebuah identitas masyarakat probolinggo, Jawa Timur, namun banyak orang yang masih memiliki anggapan bahwa tari Glipang merupakan tari yang berasal dari Lumajang. Namun, kata dia, sejak diberlakukannya undang-undang tersebut, belum ada program ataupun pelaksanaan yang dirasakan.

Untuk memulai tarian dalam disebut juga bara suwen ini sang pawang maka akan membakar kemenyan atau mengunyah jahe dan membaca rule dalam bahasa tanah dalam merupakan salah satu kode tradisional Maluku. Semenjak meluasnya musik dangdut pada setahun 1980, kesenian ini kian terdesak dan popularitasnya menurun.

Dengan begitu, masyarakat akan kembali cinta terhadap budaya yang dimiliki dan berusaha untuk melestarikannya. Mungkin bagi kamu yang tergabung ke dalam suatu organisasi kesenian tradisional, bisa turut melestarikan dan mempromosikan kebudayaan dan kesenian tradisional ke kancah internasional. Kemudian cerita tersebut nantinya akan ditampilkan di atas panggung dengan konsep yang menarik.

Kesenian budaya tradisional yang tergabung dalam Ikatan Seni Jaran Thik Ponorogo di bawah naungan Lisdyarita, langsung kembali menggelar pertunjukan perdananya di gedung kesenian, Minggu (2/8/2020). Apa yang mereka tampilkan tidak hanya sekedar pertunjukan biasa, sesekali juga berinteraksi dengan pengunjung untuk menikmati kesenian dari dalam, menari bersama hingga mengajak belajar mencobanya. Lebih dari itu, Kita juga dapat menyimak cerita bagaimana mereka melestarikan seni kecintaannya itu.

Salah satu ciri khas Gambyung adalah alat töne bernama Terbang yang dimanfaatkan. Tari Topeng tak semata-mata terkenal di Jakarta aja namun juga menjadi kesenian tradisonal Cirebon. seni di sini. menunjukan berbagai cerita bersejarah dan penuh hikmah pada bentuk tarian topeng. Kesenian Tradisional Cirebon Yang Nyaris Punah – Cirebon selain terkenal akan kesultanannya jua lekat dengan berbagai kesenian rakyat. Sayangnya beberapa kesenian tradisional ini hampir punah karena tergerus jaman.

Tentunya dibalut dengan iringan musik gamelan jawa, dialog atau pun monolog beserta lawakan dari para pemainnya. Sehingga mengundang gelak tawa dari para penonton Ludruk itu sendiri. Daftar kesenian tradisional khas Jawa Timur yang kedua adalah Tari Caping Ngancak. Tarian yang lahir pada 2008 ini, nyatanya diciptakan untuk kebutuhan perlombaan Festival Adhikara II yang diselenggarakan pada Juni 2008 di Malang, Jawa Timur.

Toto menyebutkan karya budaya yang sudah diakui dan masuk WBTb nasional namun kondisinya tidak mengalami perubahan, seperti seni mamaos atau cianjuran, wayang golek, pencak silat, dan lainnya. Hingga saat ini, kesenian tari Angguk tetap dijaga kelestariannya yang telah dikemas dengan lebih menarik namun tidak menghilangkan keaslian dari tarian Angguk sendiri.

About Willion

Check Also

5 Rumah Adat Melayu Yang Ada Di Indonesia

Tari Jaipong merupakan tarian yang berasal dari Bandung provinsi Jawa Barat. Pada zaman modren ini, …