√ 71+ Tarian Tradisional Indonesia

Tari daerah tradisional indonesia

Tari kecak dibawakan oleh puluhan penari cowok yang duduk melingkar, membawa kedua tangannya, dan menyerukan “cak” berulang kali. Tarian Hugo dan Huda ini merupakan tarian tradisional daripada Kalimantan Tengah yang termasuk dalam tarian ritual supaya para dewa menurunkan tahi angin ke bumi. Tarian tersebut biasanya dilakukan apabila duga berlangsung musim kemarau nun cukup lama.

Tari Nguri disebut tari tradisional klasik sebab tari ini muncul serta hidup dilingkungan kerajaan dan lingkungan suku di Sumbawa. Tari Lulo Alu bersifat tari tradisional kerakyatan olehkarena itu tari Lulo Alu terbit di masyarakat Buton untuk tari yang dipentaskan oleh masyarakat Buton. Disebut tari tradisional klasik karena tandak Pakarena memiliki gerak tandak yang estetis dan terkesan mewah karena menggambarkan kementerangan bidadari. Tari ini dikenal Tari tradisional kerakyatan olehkarena itu muncul di Gorontalo sebagai tari rakyat yang merangkul pernikahan. Fungsi tari tersebut yaitu untuk mengiringi uni pengantinan yang dilakukan sambil masyarakat Gorontalo.

Tarian ini berbau mistis karena menceritakan tentang kisah gelisah Sulasih dan Sulandono. Tarian Prawiroguno merupakan tarian nun berasal dari Jawa Pusat. Tarian ini menceritakan begitu para penjajah yang hampir mengalami kemunduran dan situasi pada saat itu jadi ide untuk membuat satu tarian yang sekarang dikenal sebagai tarian prawiroguno. Tarian bondang payung merupakan tarian nun berasal dari Surakarta. Tarian ini menceritakan tentang seorang ibu yang mencintai anaknya.

deweezz. comTari Tortor ialah tari yang berfungsi sebagai sarana upacara, tarian itu berasal dari Sumatera. Di pertunjukannya, tarian ini disajikan dengan iringan musik gondang. Tari Selamat Datang yakni salah satu tarian dengan cukup terkenal di Papua. Selain gerakannya yang tertentu dan lincah, tentu tarian ini kaya akan maksud dan nilai-nilai di dalamnya. Dulu sering dipentaskan disetiap acara penting guna mentraktir raja dengan hidangan kue sebanyak 2 kasera.

Di antara orang-orang terakhir yang mempraktikan Mak Yong untuk merawat penderita adalah Tuk Atan di Bintan dan Pak Basri di Batam, keduanya telah meninggal. Adapun fungsi tarian ini biasanya digunakan untuk seni pentas acara-acara hiburan publik seperti pernikahan, hajatan, maupun festival yang diadakan setiap tahunnya. Termasuk tandak upacara adat karena dipandang dari fungsinya yang dijalani oleh suku Buton pada melaksanakan upacara terima rahmat kepada tuhan atas hasil panen yang mereka tiru semasa masa panen sampai. Sampai saat ini tari Pendet menjadi tarik peminat orang-orang luar untuk berkunjung ke Bali, karena tarian Bali sekarang sudah jadi hiburan yang dipentaskan untuk menghibur publik. Selain tersebut, tarian ini digunakan sebagai tarian menyambut orang penting seperti presiden, dan para aparat negara.

Asal start tarian ini, dilatarbelakangi oleh ketegangan yang terjadi antara kerajaan Cirebon dengan negeri Islam. Sunan Gunung Totok sebagai Raja Cirebon ketika itu menyuruh seorang moyang dari kerajaan yang berawal dari suku bugis untuk mengawasi kerajaan Padjajaran.

Tarian ini memberi pesan kalau orang Bugis jika kemunculan tamu selalu menghidangkan bosara, juga sebagai bentuk kesyukuran dan kehormatan. Para pengamat dan koreografer tari menilai tarian ini bukan sekedar tarian biasa, melainkan satu buah gabungan dari seni musik, seni sastra, dan seni tari itu sendiri. Tari saman juga biasa diiringi dengan syair yang mampu akan pesan keagamaan semisal ajaran kebajikan kepada sesama manusia dan makhluk hidup. Tari glipang merupakan tandak tradisional yang berasal daripada Jawa Timur.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …