√ 34 Tarian Daerah Di Indonesia

Tari daerah tradisional indonesia

Menurut sejarah, tarian ini berasal dibanding daerah Rejang Lebong, Bengkulu. Tarian tradisional ini berkembang sejak zaman pendudukan Portugis di Bangka Belitung.

Bentuk penyajian dari tandak Gandrung Banyuwangi dalah tandak tunggal karena tari ini dibawakan oleh seorang penari perempuan yang memakai seragam khas dari daerah Banyuwangi dan membawa kipas ditangannya. Tari ini dapat menyesar menjadi berpasangan apabila cela seorang penonton maju di depan dan ikut menari. Tari Andun bersifat tarian tradisonal kerakyatan karena tari ini muncul di tengah-tengah masyarakat zaman dahulu guna mencari jodoh ataupun cuma sekedar hiburan.

Selain ini, tari ini dibawakan berpasangan dan tari yang dibawakan merupakan salah satu cirri tari tradisional kerakyatan. Tandak Campak bersifat kreasi segar karena perpaduan budaya tradisional kerakyatan dengan budaya tradisional klasik. Terbukti dengan penari laki-lakinya yang berkostum akal budi daerah Bangka Belitung dan penari perempuan yang kostumnya dipengaruhi budaya barat. Tandak ini disebut tari tradisonal klasik karena tari itu banyak dipentaskan di upacara-upacara adat. Tari yang dipentaskan untuk upacara adat/keagamaan adalah cirri tari tradisional syahdu.

Dilihat dari macam gerakannya, tarian Campak kental akan selaku Eropa beserta ringan musik akordion. Pada pentas hiburan dan upacara penyambutan tamu kehormatan, terkadang tarian ini juga dilakukan.

Tarian Zapin adalah tarian tradisional Melayu dengan berkembang di Kepulauan Riau. Jenis tari adat itu kaya akan pesan roh, agama serta pendidikan. Di melakukan tarian, teradapat hukum serta kaidah yang tak berubah dan tetap dijaga hingga dulu. Pada zaman dahulu tarian tradisional itu hanya dipentaskan ketika upacara sakral sembahan untuk batara Siwa dengan membawa sajian buah dan bunga. Pengamat gerakan tari berpendapat kalau Tarian Guel bukan hanyalah herakan tari biasa.

Selain ini, pada pesta pernikahan serta jenis hajatan lain pula biar masih kerap dilakukan. Kecuali itu, 25% lainnya berasal dari suku Tionghoa, Madura dan Jawa yang merodong. Mayoritas warga Melayu menjelmakan daerah ini memiliki kausa budaya Melayu yang sangat kental.

Biasanya tari Kecak digelar dalam tempat yang luas deperti pinggir pantai, dan dilakukan pada saat matahari baru terbenam ataupun saat silam hari. Macam-macam tari tradisional dan asalnya sebagai budaya asli Indonesia harus tetap dilestarikan. Tarian tradisional Indonesia yang begitu kaya secara nilai budaya mengajarkan berbagai nilai kehidupan pada di setiap orang. Sangat disayangkan apabila tidak ada lagi orang-orang yang mengerti tentang tari tradisional ini. Liputan6. com, Jakarta Macam-macam tari tradisional dan asalnya tentu kudu dikenali oleh setiap orang Indonesia, terutama anak yuana.

Apalagi di zaman saat ini ini, banyak anak muda yang tidak lagi begitu tertarik pada budayanya otonom dan lebih menggandrungi pikiran luar negeri. Terlepas daripada populer atau tidaknya satu tarian daerah, kita dengan merupakan anak bangsa kalau wajib melestarikan warisan akal budi yang telah diwariskan sambil poyang kita. Dan tarian ini pun juga bakal dilakukan oleh para penari dengan jumlah ganjil serta memiliki keunikan gerakan pada tangan.

Tari Dero bersifat tandak tradisional kerakyatan karena tandak ini dipentaskan oleh warga Poso sebagai tarian warga. Tari ini juga terbit dan berkembang di warga Poso sebagai tari wujud rasa syukur. Fungsi tarian ini adalah tari presentasi untuk menyambut tamu-tamu tata susila atau kerabat-kerabat kerajaan. Tari Monong ini merupakan satu buah tari penyembuhan yang dapat menyembuhkan atau menangkal penyakit yang ada dalam uci-uci penderita. Dalam tarian tersebut penari bertindak seperti seorang dukun dengan menggunakan serapah.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …