√ 34 Nama Tarian Tradisional Di Indonesia Serta Daerah Asalnya

Tari daerah tradisional indonesia

Seragam yang digunakan dalam tarian ini berbeda-beda, yaitu kostum yang gaya Surabayan, gaya malangan, jombangan, remo putri, dan sawunggaling. Kostum dengan digunakan dalam tarian ini adalah baju dari beludru, beserta aksesorisnya. Menurut sejarah, tarian ini muncul di dalam saat dibangunnya ibu metropolitan Balambangan. Menurut sejarah, tarian ini diambil dari prosesi Prabu Kelana Sewandana dengan sedang mencari seorang kecintaan hatinya. Dalam lafal sunda tari ini bernama tari keurseus, sehingga tari nun diajarkan di Wirahmasari itu kemudian dikenal di tataran masyarakat dengan nama tari keurseus.

Tarian yang bernama Soya-Soya ini merupakan kebiasaan yang berasal dari masyarakat Maluku Utara, tepatnya Ternate. Para penari laki-laki tak menggunakan busana atasan padahal menggunakan busana kain kotak-kotak seperti papan catur utama Bali di pinggang tersebut. Penari dalam tari mencong di dominasi oleh penari laki-laki yang duduk menggulung. Tarian ini mengisahkan kecek Ramayana yang dikemas dalam bentuk drama tari nun sangat memukau.

Pada garapan tari tersebut digambarkan bahwa ambong untuk properti tari dapat dimainkan juga sesuai dengan kelaziman masyarakat memperlakukan ambong itu. Ambong dipikul, ambong dijunjung, ambong dihentak, ambong digoyang, ambong digegar, ambong ditungkup. Adat Islam ini juga mengubah sebagian gerakan tandak saman sedari gerakan tepukan tangan dan perubahan lokasi duduknya.

pembuatan tari Golek Menak terbit dari ide sultan sehabis melihat pertunjukkan Wayang Golek Menak yang ditampilkan sama seorang dalang dari wilayah Kedu di tahun 1941. Gerakan pada Tari Cokek ini merupakan gerakan yang luwes dan harmonis, ialah gerakan tangannya yang gemulai juga pinggul yang bergerak senada.

Fungsi dari tari Rampak Bedug yaitu sebagai hiburan karena tandak ini dibuat untuk menghibur masyarakat Banten sekaligus menyampaikan pesan agar kita melakukan ibadah pada waktunya. photo/RomaDecadeTari tradisional asal Sumatera Barat ini menggunakan properti berbentuk piring-piring yang diayung-ayunkan selama masa penampilan. Para penari tetap harus konsentrasi penuh supaya piring tidak terjatuh & pecah. Tari Nahar Ilaa, tarian pengikat persahabatan di waktu “panas Pela” syarat kampung untuk membangun.

Pada setiap pergantian topeng, musik pengiring akan semakin keras untuk lambang dari karakter wajah yang diperankan. Tarian tersebut sangat mistis sekali, apalagi sebelum tarian itu dilakukan harus diawali beserta dupaan atau ritual berdoa. Namun seiring dengan kelanjutan kemajuan, kronologi, pertambahan, pertumbuhan, perubahan, perurutan, urut-urutan, zaman, tarian ini start tenggelam. Tarian ini mempunyai tema peperangan dan trik penari seperti seorang prajurit dengan membawa pedang dan tameng.

Tari wayang siap dimainkan secara tunggal, berduaan ataupun massal. Sedangkan kepribadian yang dimainkan oleh pemain terdiri dari beragam karakter pria dan wanita.

Jawa Tengah terlahir secara membawa nama kerajaan Surakarta, begitupun dengan tarian Bedhaya yang digunakan untuk meredakan raja Keraton Surakarta. Serta biasanya tarian ini dipentaskan untuk merayakan kelahiran darah daging pejabat. Saat ini tarian ini dapat dipentaskan oleh siapa saja, hal itu terlihat dari banyaknya perlombaan tari Melinting di Lampung. Tari Jaipongan diciptakan sama seniman asal Karawang, yaitu H Suanda pada tahun 1976.

About Willion

Check Also

Mengenal Tarian Daerah Indonesia

INDONESIA memiliki ragam kebudayaan yang menunjukkan masing-masing daerah. Tak retak oleh waktu, tari tradisional mampu …